Home » Perlengkapan Bayi » Daftar Perlengkapan Ketika Membawa Anak Berpergian

Daftar Perlengkapan Ketika Membawa Anak Berpergian

Daftar Perlengkapan Ketika Membawa Anak Berpergian – Memang tidak mudah membawa serta buah hati berpergian. Nah, untuk mempermudah kegiatan ini mari simak beberapa daftar yang perlu dibawa ketika membawa anak berpergian.

Akhir pekan telah tiba! Liburan yang panjang sudah didepan mata dan tiba saatnya untuk bersantai. Ya, pekerjaan yang padat dari hari Senin sampai dengan hari Jumat membuat anda banyak disibukan dengan segala kegiatan kantor. Belum lagi, seringnya mengambil lembur sampai larut malam membuat anda tidak banyak menyisihkan waktu dirumah untuk keluarga.

Hadirnya si kecil yang masih balita pun membuat anda terpaksa menitipkan mereka pada oranglain atau pengasuhnya. Ketika liburan tiba, sudah saatnya anda berhenti sejenak dari semua kepenatan yang anda rasakan selama sepekan ini. Jangan bebani pikiran anda dengan terus-terusan memikirkan pekerjaan di kantor. Sementara keluarga anda diacuhkan begitu saja tanpa diberikan kesempatan untuk bisa bersama dengan orangtuanya.

Pekerjaan yang padat dan kepenatan selama ditempat kerja akan mungkin membuat anda cepat merasa jenuh dan stress bila tidak mendapatkan cukup istirahat. Untuk itulah, daripada hari libur anda diisi dengan tidur seharian dirumah dan tidak melakukan apa-apa. Tidak ada salahnya untuk mengajak serta keluarga dan buah hati anda berpergian untuk refreshing.

Masih bingung atau merasa takut saat membawa si kecil keluar karena akan merasa ribet? Tak perlu khawatir, anda bisa belajar lebih mandiri dalam hal ini. Selain akan terasa menyenangkan, liburan keluarga bersama dengan si kecil yang masih bayi bisa menjadi media untuk meningkatkan kedekatan anda bersama dengan mereka. Dengan begini bounding antara anak dengan orangtua akan semakin terasa hangat.

Selain itu, tak perlu takut membawa serta buah hati anda yang masih kecil. Jangan bebani pikiran anda dengan segala keribetan atau kondisi yang akan membuat anda kewalahan tanpa ditemani baby sitter. Justru sebaliknya, jadikan momen ini menjadi hal yang menyenangkan. Yang terpenting adalah, nikmati setiap detiknya kebahagiaan dan keceriaan bersama dengan si buah hati.

Daftar Perlengkapan Ketika Membawa Anak Berpergian

Ya, membawa serta si kecil sewaktu berpergian memang seringkali dikatakan gampang-gampang susah. Betapa tidak, selain barang bawaan yang tentunya bertambah, membawa bayi memang sedikit merepotkan sebab anda harus tetap mengawasi dan menjaganya. Terlebih lagi bayi umumnya akan sangat sensitif dengan lingkungan baru. Apalagi saat lingkungan tersebut gaduh dan tidak tenang seperti di tempat wisata. Salah-salah kondisi ini malah akan membuat si buah hati merasa tidak nyaman dan mudah menangis.

Akan tetapi, tak perlu khawatir kegiatan membawa serta buah hati anda berpergian juga bisa menjadi hal yang menyenangkan. Meski mungkin saat-saat liburan belum terekam dengan baik dalam ingatannya. Akan tetapi untuk orangtua mengajak buah hati bersama dengan mereka tentuakan menjadi pengalaman indah untuk mereka.
Terutama untuk orangtua yang memang hobi travelling, mungkin membawa bayi ikut serta bukanlah hal yang mengganggu. Malah sebaliknya, hal ini akan menambah keceriaan mereka melihat perilaku si kecil yang terlihat gembira dilingkungan yang baru.

Bila anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik maka kegiatan berpergian bersama dengan si buah hati akan semakin menyenangkan. Untuk itulah, upayakan menyisihkan jeda waktu beberapa hari sebelum anda terburu hendak pergi bersama dengan si kecil.

Pada intinya, lakukan kegiatan ini dengan perencanaan yang matang. Jangan terburu-buru atau tergesa-gesa sebab hal ini akan mungkin membuat anda melupakan banyak hal. Dan akhirnya, kegiatan membawa serta buah hati anda berpergian akan mungkin menjadi berantakan.

Nah, untuk bisa mendapatkan kenyamanan sewaktu membawa si buah hati berpergian. Maka orangtua perlu mengetahui persiapan apa saja yang perlu dilakukan. Selain itu, penting sekali bagi anda mengatahui daftar perlengkapan ketika membawa anak berpergian. Ingin tahu seperti apa? Simak dibawah ini.

Daftar Perlengkapan Ketika Membawa Anak Berpergian

Ada beberapa hal yang penting serta wajib dipersiapkan oleh orangtua ketika membawa serta buah hatinya berpergian. Beberapa hal dibawah ini sebaiknya diperhatikan dengan baik sebab si kecil akan membutuhkannya dengan baik. Apa sajakah hal tersebut? Mari kita simak dibawah ini.

Obat-Obatan

Sebaiknya pertimbangkan untuk membawa anak bayi dengan usia yang tidak terlalu muda. Atau dalam artian lain, sebaiknya tidak membawa anak bayi baru lahir untuk berpergian jauh. Anak bayi berusia 1 tahun ke atas akan jauh lebih mudah dan menyenangkan untuk dibawa. Selain itu, tubuhnya pun sudah lebih siap dengan suhu dan lingkungan yang baru untuknya.

Selain itu, ketika membawa buah hati obat-obatan adalah hal penting untuk selalu dibawah. Tubuh bayi anda memang sudah lebih kuat ketika dibawa berpergian dibandingkan dengan bayi baru lahir. Akan tetapi, masalah penyakit pun masih rentan dengan tubuhnya. Untuk itu, pastikan bila anda selalu membawa obat-obatan.

Tisu

Tisu basah maupun tisu kering akan menjadi hal yang amat penting ketika membawa serta buah hati anda pergi. Anda dapat menggunakannya untuk mengelap tangan dan mulut si kecil. Terutama setelah ia makan ataupun minum sesuatu. Selain itu, kegunaan lain dari tisu basah bisa anda gunakan untuk mengelap tubuh si kecil saat ia berkeringat.

Selain itu, dalam hal memilih tisu sebaiknya pastikan bahwa anda memilih jenis tisu yang anti-bakterial. Sebab hal ini akan berguna untuk membersihkan kuman dan bakteri dalam tubuhnya.

Baju Ganti

Kondisi pakaian yang tidak nyaman atau terkena dengan bekas minuman akan dapat membuat si kecil menjadi rewel di perjalanan. Untuk itulah, penting sekali untuk ibu selalu membawa baju ganti untuk berjaga-jaga si kecil mulai tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakannya.

Kantung Plastik

Ketika si kecil dibersihkan setelah makan, minum, buang air besar atau muntah didalam mobil. Maka ibu akan membutuhkan kantung palstik untuk membuang bekas tisu atapun popok sekali pakai. Dari sinilah kegunaan kantung plastik akan benar-benar dibutuhkan. Selain dapat berguna untuk membuang peralatan yang sudah tidak digunakan. Kantung plastik juga bisa digunakan untuk menyimpan pakaian yang basah.

Alas atau Perlak Kecil

Ketika mengajak si kecil pergi, penting sekali untuk ibu tidak melewatkan perlak untuk dibawa. Ketika mengganti baju, celana ataupun mengelap tubuh si kecil. Ibu akan membutuhkan sesuatu untuk membaringkan si buah hati. Alas ini tentu akan sangat berguna untuk menghindari noda yang tertinggal pada kursi mobil ataupun pada bagian lainnya. Jadi demikian, pastikan agar anda membawa serta perlengkapan ini bersama dengan anda.

Mainan Bayi

Perjalanan yang ditempuh ke tempat tujuan akan mungkin memakan waktu. Apalagi jika tempat tujuan cukup jauh maka hal ini akan membuat anda memakan banyak waktu yang dihabiskan dijalan. Terlalu lama berada dijalan akan mungkin membuat si kecil cepat bosan.

Untuk itu, ia perlu sesuatu untuk mengalihkan perhatiannya dan membuatnya merasa nyaman. Mainan akan membuat si kecil merasa seperti berada dirumahnya meski ia berada didalam mobil. Untuk itu, pastikan agar ibu selalu membawa mainan kesukaan si kecil saat berpergian.

Itulah dia beberapa daftar perlengkapan ketika membawa anak berpergian. Semoga bermanfaat dan membuat perjalanan anda bersama dengan si kecil semakin menyenangkan.