Home » Perlengkapan Bayi » Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi

Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi

Untuk menunjang keamanan dan kenyamanan bayi ketika berada di perlajanan, beberapa daftar perlengkapan bepergian bayi tidak boleh anda lupakan.

Membawa bayi ke luar rumah untuk bepergian nyatanya tidak mudah dilakukan. Selain harus membawa bayi dan tetap harus mengurusnya, terkadang ibu juga direpotkan dengan barang bawaan bayi yang tentunya tidak sedikit.

Akan tetapi, meskipun terkadang merepotkan membawa bayi dan mengikutsertakan mereka pada kegiatan yang dilakukan di luar rumah cukup menyenangkan. Meskipun mungkin bayi masih belum mengingat waktu liburannya bersama dengan orang tua, akan tetapi mengikutsertakan si kecil merupakan pengalaman yang indah.

Perlengkapan Bepergian Bayi

Dari banyaknya daftar perlengkapan bepergian bayi, ada beberapa daftar perlengkapan bepergian bayi yang wajib anda bawa seperti berikut.

Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi

Pakaian Bayi

Pakaian bayi merupakan daftar perlengkapan bepergian bayi yang tidak boleh dilupakan oleh ibu. Pakaian bayi yang dimaksud yaitu baju ganti, kaus kaki dan sapatu. Anda bisa membawa baju ganti bayi sesuai dengan kebutuhan dan hitung berapa kali si kecil ganti baju agar anda tidak kekurangan atau tidak kelebihan ketika membawa bajunya. Selain kaus kaki dan sepatu yang harus di bawa, anda juga bisa membawa selimut atau alas bayi apabila ia merasa lelah dan ingin berbaring, merangkak atau meregangkan kakinya yang mungil.

Popok

Popok termasuk ke dalam daftar perlengkapan bayi yang tidak boleh anda lupakan. Sebaiknya bawalah popok dengan jumlah yang cukup hingga anda sampai ke tempat tujuan. Untuk memudahkan, anda bisa mengetahui pola buang air besar atau pola buang air kecil bayi anda. Jika bayi anda berusia 8 bulan ke bawah, sebaiknya persiapkan 1 popok untuk setiap jamnya. Selain itu, perlengkapan lain yang harus anda siapkan yaitu alas yang digunakan untuk mengganti popok. Pilihlah popok dengan bahan yang mudah dibersihkan. Agar lebih praktis, anda bisa membeli alas sekali pakai yang terdapat di supermarket.

Peralatan Makan

Apabila bayi anda sudah diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI, maka membawa perlengkapan makan si kecil perlu anda lakukan. Perlengkapan makan tersebut akan memudahkan anda ketika memberi makan si kecil sesuai waktunya. Ketika si kecil lapar, anda bisa menyiapkan makanan yang mudah dibuat dan dipersiapkan. Membawa peralatan makan sendiri di rumah lebih dianjurkan guna mencegah bayi anda mengalami sanitasi.

Gendongan

Untuk gendongan anda bisa menggunakan selendang atau jenis gendongan bayi yang sudah ada seperti saat ini. Anda bisa membawa gendongan bayi yang lebih mudah diaplikasikan dan membuat si kecil nyaman. Gendongan bayi penting dibawa terlebih lagi jika anda bepergian ke tempat yang sulit dijangkau oleh kereta bayi.

Kereta Dorong Bayi atau Stroller

Jika anda sudah pegal menggendong si kecil, maka alternatif lain yang bisa anda lakukan yaitu memindahkan si kecil pada kereta dorong. Anda bisa membawa kereta dorong bayi yang ringan dan mudah di bawa.

Tisu

Tisu, baik tisu basah atau tisu kering sangat bermanfaat dan penting dibawa saat anda bepergian bersama si kecil. Tisu ini bisa anda gunakan untuk mengelap tangan atau mulutnya setelah ia makan atau minum susu. Selain itu, tisu juga bisa digunakan untuk membersihkan tubuh bayi apabila anda belum bisa memandikan si kecil. Bawalah tisu yang aman untuk si kecil dan tidak akan membuat masalah pada kulitnya.

Kantung Plastik

Kantung plastik atau kantung kertas diperlukan untuk menyimpan popok bekas atau baju bayi kotor selama bepergian. Ketika membungkus popok bekas atau baju kotor si kecil dengan menggunakan kantung plastik, disarankan untuk membungkusnya dengan baik dan benar sehingga tidak akan menyebabkan bau.

Mainan Bayi

Untuk mencegah si kecil bosan atau rewel ketika dalam perjalanan, anda bisa menghiburnya dengan menggunakan mainan bayi. Bawalah mainan bayi yang disukainya. Mainan yang bisa ia pegang maupun dengar bisa menjadi pilihan ketika akan membawa mainan bayi untuk si kecil.

Selimut

Selimut memiliki banyak manfaat ketika anda bepergian bersama dengan si kecil. Selimut bisa anda gunakan untuk menghangatkan atau menutupi bayi, digunakan sebagai alas maupun penutup ketika ibu menyusui.

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi jangan lupa dibawa ketika anda bepergian dengan si kecil. Beberapa tempat memang menyediakan perlengkapan mandi, namun tidak khusus untuk bayi.

Kulit bayi umumnya masih sangat sensitif dan mudah mengalami masalah. Oleh karena itu, menggunakan produk mandi atau sabun yang sama dengan orang dewasa sangat tidak dianjurkan. Bawalah perlengkapan mandi bayi anda. Agar lebih mudah ketika di bawa, anda bisa menyimpan perlengkapan mandi tersebut dalam satu wadah kecil.

Obat-Obatan

Obat-obatan atau alat kesehatan bayi sangat dianjurkan untuk dibawa ketika bepergian. Biasanya bayi rentan terhadap masalah kesehatan, baik yang berasal dari lingkungan maupun orang yang ada di sekitarnya. Anda bisa membawa obat-obatan sesuai dengan masalah kesehatan yang dialaminya.

Hindari membeli obat-obatan sembarangan atau memberi obat tanpa resep dari dokter.
Agar si kecil tidak rewel dan tetap nyaman ketika bepergian dengannya, maka mempersiapkan daftar perlengkapan bepergian bayi seperti di atas sangatlah penting.