Home » Bayi Baru Lahir » Cara Merawat Mata Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Mata Bayi Baru Lahir

Cara merawat mata bayi baru lahir harus dilakukan dengan sungguh sungguh. Perhatikan setiap perubahan pada mata bayi anda, jika ada tanda-tanda infeksi segara hubungi dokter.

Merawat bayi baru lahir memang tidaklah mudah, beberapa kesulitan akan dihadapi ketika merawat bayi baru lahir, terutama jika anak tersebut adalah anak pertama.

Merawat bayi baru lahir harus dilakukan dengan benar. Pasalnya, jika bayi tidak dirawat dengan benar, serta kebersihan tubuhnya terabaikan maka ia akan rentan terhadap segala gangguan penyakit. Teliti dan hati hati adalah hal yang perlu dilakukan ketika merawat bayi baru lahir. Selain itu, pengetahuan yang cukup dibutuhkan sehingga jika sang ibu merawat bayinya sendirian di rumah tidak akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan serta jauh dari kata panik dan bingung.

Seluruh bagian tubuh bayi harus benar-benar diperhatikan dan dirawat dengan baik, termasuk bagian matanya. Kebersihan mata bayi harus tetap terjaga guna menghindari hal hal buruk yang akan terjadi.
Pada mata terdapat sumber air mata yang letaknya di atas mata. Penelitian menunjukan bahwa setiap 3 detik sumber air mata akan mengeluarkan air mata, yang mana air mata tersebut kemudian akan mengalir ke saluran yang terdapat di ujung mata, tepatnya dekat hidung. Di dalam kandungan bayi belum pernah menangis, yang mana sumbar air matanya tersebut masih belum diproduksi. Akibatnya sumber air mata tersebut masih tertutup. Namun, terkadang mata bayi akan terbuka dan kemudian menutup kembali, sehingga air mata yang seharusnya mengalir menjadi tergenang.

Cara Merawat Mata Bayi

Air mata memiliki sifat yang aneh, yang mana air mata yang keluar dari sumber air mata memiliki fungsi yang baik yakni mampu membunuh kuman, namun setelah beberapa menit air mata tersebut tidak lagi bisa membunuh kuman penyakit. Justru sebaliknya, air mata akan menjadi makanan dari kuman penyakit. Sehingga apabila air mata tidak mengalir dan tetap menggenang, akan menjadi tempat tumbuhnya kuman penyakit dan pada akhirnya akan menimbulkan kotoran mata atau tahi mata. Pada bayi baru lahir, tahi mata tersebut bisa berbahaya untuk kornea matanya. Nah, untuk mencegah terjadinya tahi mata pada bayi baru lahir, maka dari itu disarankan bagi sang ibu untuk dengan teliti merawat mata bayinya. Berikut ini beberapa perawatan mata bayi baru lahir.

Perawatan Mata Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Mata Bayi  Untuk Mencegah Terjadinya Tahi Mata

Untuk mencegah terjadinya tahi mata, cara merawat mata bayi bisa dilakukan pemijatan di area sudut mata bayi anda. Lakukan pemijatan dengan menggunakan jari kuku pendek agar tidak melukai mata bayi. Namun, untuk lebih aman anda bisa melakukan pemijatan pada mata bayi dengan menggunakan cotton buds yang sebelumnya sudah dibasahi dengan menggunakan air matang. Lakukan pemijatan pada mata bayi anda secara lembut mulai dari sudut matanya menuju ke arah bawah dan ke arah hidung. Anda bisa melakukan pemijatan pada mata bayi anda sebanyak satu kali setiap dua minggu.

Membersihkan Tahi Mata

Jika terdapat tahi mata pada bayi anda, maka anda jangan membersihkannya secara sembarangan. Cara merawat mata bayi untuk menghilangkan tahi mata disarankan untuk membersihkan  dengan menggunakan kapas steril yang sebelumnya sudah dibasahi dengan menggunakan air matang. Untuk setiap mata disarankan untuk menggunakan kapas yang berbeda. Namun, apabila tahi mata atau kotoran mata pada bayi anda masih tetap tidak hilang meskipun sudah dibersihkan, segeralah bawa bayi anda ke dokter. Pasalnya, keadaan tersebut bisa saja karena bayi anda terinfeksi oleh kuman.

Perhatikan Mata Bayi

Anda harus sering melihat atau memperhatikan kedua mata bayi anda. Lihatlah apakah ada tanda-tanda tejadinya infeksi pada mata bayi anda. Mata yang terinfeksi biasanya mengeluarkan cukup banyak kotoran, bagian putih pada bola mata akan berubah warna menjadi merah, bisa saja kelopak mata akan membesar atau bengkak. Segera bawa buah hati anda ke dokter jika menunjukan tanda-tanda seperti itu.

Mengapa Bayi Tidak Bisa Membuka Matanya Ketika Lahir?

Setelah dilahirkan biasanya sebagian bayi tidak bisa langsung membuka matanya. Hal itu disebabkan karena adanya tekanan ketika melewati jalan lahir sehingga membuat matanya menjadi bengkak, membesar dan sembab sehingga ia akan kesulitan membuka matanya. Namun, keadaan seperti ini hanyalah sementara. Apabila anda ingin segera melihat si kecil membuka matanya, maka anda bisa memberinya pancingan agar matanya terbuka. Posisikan bayi anda berdiri ketika menggendongnya, dengan adanya refleks mata boneka maka kelopak matanya akan terbuka seperti boneka.

Mengapa Mata Bayi Kemerahan?

Jika mata bayi anda kemerahan, maka sebagai orang tua yang bijak anda harus waspada karena bisa saja bayi anda mengalami infeksi. Untuk mendapatkan perawatan terbaik segeralah bawa ia pergi ke dokter. Namun, untuk cara merawat mata bayi dan mengatasi kemerahan yang timbul pada mata beberapa penyebabnya perlu anda ketahui seperti berikut.

  • Mata bayi terinfeksi oleh kuman ibu saat dalam proses melahirkan. Tanda yang biasanya terlihat yaitu mata akan terlihat kekuningan, mengeluarkan bau dan bengkak kemerahan.
  • Terkontaminasi oleh darah atau air ketuban saat proses melahirkan, yang ditandai dengan mata keruh kecoklatan, namun tidak berbau.
  • Saluran air mata tersumbat yang membuat air matanya tergenang. Tandanya yaitu mata selalu berair dan adanya kotoran yang selalu menempel namun tidak berbau

Sebagai orang tua, anda harus bisa merawat dan menjaga kebersihan mata bayi anda setiap saat. Segeralah bawa bayi anda ke dokter apabila terjadi kejanggalan pada matanya.