Home » Perawatan Bayi » Cara Merawat Kulit Kepala Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Kulit Kepala Bayi Baru Lahir

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merawat kulit kepala bayi baru lahir. Cara merawat kulit kepala bayi harus dilakukan dengan lembut dan memerlukan teknik khusus karena kulit kepala bayi masih lembut.

Seperti yang kita ketahui, merawat bayi tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Bayi belum bisa melakukan banyak hal, oleh karena itu setiap kebutuhannya ditanggung oleh orang tua, termasuk kebersihan dan kesehatannya. Sebagai orang tua, anda harus benar-benar merawat bayi anda dengan baik agar ia tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Bayi pada umumnya sangat rentan akan segala hal. Pada saat hendak memegangnya kita perlu berhati-hati, apalagi ketika kita hendak merawatnya. Merawat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, apalagi untuk bayi baru lahir. Kesalahan dalam merawat bayi bisa saja menyakiti bayi anda. Biasanya tidak sedikit ibu yang sering melakukan kesalahan dalam merawat kulit kepala bayinya.
Membersihkan kulit kepala bayi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Teknik khusus perlu dilakukan oleh setiap orang tua agar proses membersihkan atau merawat kulit kepala bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Cara Merawat Kulit Kepala Bayi

Kulit kepala bayi merupakan salah satu bagian pada bayi yang kebersihannya perlu diperhatikan. Pada kulit kepala bayi baru lahir sering terdapat kotoran atau sisa kotoran yang masih menempel. Yang mana kotoran-kotoran tersebut biasanya disebut dengan kerak.

Beberapa hal bisa menyebabkan timbulnya kerak pada kulit kepala bayi. Kerak pada kulit kepala bayi disebabkan oleh hormon. Kerak kepala pada bayi atau cradle cap pada kulit kepala bayi sebenarnya adalah hal yang wajar, terlebih lagi pada bayi baru lahir hingga usianya mencapai 8 bulan. Kerak kepala ini timbul dengan warna putih kekuningan-kuningan, yang mana kerak tersebut akan mengelupas dan nampak seperti ketombe. Kerak pada kulit kepala bayi sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya seiring usia bayi bertambah. Namun, agar tampilan bayi anda lebih bersih dan bayi merasa nyaman, anda bisa membersihkannya.

Cara Merawat Kulit Kepala Bayi Baru Lahir

  • Sebelum melakukan perawatan pada kulit kepala bayi anda, anda harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa alat pembersih yang diperlukan seperti baby oil, shampo bayi, sisir bayi dengan sikat yang halus dan waslap. Gunakan semua produk khusus untuk bayi.
  • Ambil minyak atau baby oil yang sudah anda siapkan. Lalu oleskan pada kulit kepala bayi anda yang terdapat kerak. Oleskan dengan dilakukan pemijatan lembut. Diamkan selama kurang lebih 12 jam atau semalaman. Hal ini dilakukan agar kerak yang terdapat pada kulit kepala bayi melunak dan mudah dibersihkan. Ketika hendak membersihkan kerak pada kulit kepala bayi, sebaiknya lakukan ketika bayi sedang tidur.
  • Setelah didiamkan selama semalaman, sisir rambut bayi anda dengan menggunakan sisir khusus bayi yang sudah disiapkan. Angkat kerak pada kulit kepala yang sudah mengelupas. Lakukan dengan perlahan dan hati hati agar tidak menyakiti bayi anda. Hal yang harus anda perhatikan dan ingat yaitu angkat kerak yang sudah mengelupas saja. Jangan sekali kali mengangkat atau menarik kerak yang belum terkelupas karena akan menyebabkan kulit kepala terkelupas, akibatnya kulit kepala bayi akan terluka dan akan menyebabkan infeksi.
  • Kemudian, cuci rambut dan kulit kepala bayi anda dengan menggunakan shampo khusus untuk bayi dan bilas dengan menggunakan air hangat. Ketika mencuci rambut bayi, sebaiknya iringi dengan pijatan lembut. Setelah itu, bilas sampai benar-benar bersih. Hati hati ketika membilasnya agar air tidak mengenai mata atau telinga.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Sebelum membersihkan kerak atau melakukan perawatan pada kulit kepala bayi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti berikut.

  • Penting untuk memperhatikan jenis kerak pada kulit kepala bayi anda. Apabila kerak pada kulit kepala bayi anda memiliki tekstur yang keras dan tebal, maka hindarilah mencuci rambut bayi anda terlalu sering untuk menghindari terjadinya kekeringan yang akan berujung pada peradangan.
  • Jika kerak pada kulit kepala bayi anda sulit untuk diangkat, maka sebaiknya hindari memaksa untuk mengangkat atau mengelupaskannya, terlebih lagi dengan menggunakan jari tangan anda. Karena jika dilakukan hal ini akan melukai kulit kepala bayi anda dan memicu terjadinya iritasi.
  • Hindari menaburkan atau mengaplikasikan bedak pada kulit kepala bayi anda. Pasalnya, bedak akan membuat kerak pada kulit kepala bayi anda lebih tebal.
  • Hindari memakaikan topi pada bayi anda terlalu sering untuk menghindari kulit kepala bayi anda menjadi lembab.
  • Usahakan untuk membuat ruangan tempat bayi berada dalam suhu sejuk.
    Sebagai perawatan tambahan, anda bisa mengoleskan atau mengaplikasikan baby oil pada kulit kepala bayi anda.

Dalam proses perawatan kulit kepala bayi atau sesudahnya , ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan kondisi yang dialami oleh bayi anda. Apabila kerak kepala masih tetap ada, maka anda bisa melakukannya kembali untuk keesokan harinya. Jika terlihat tanda-tanda infeksi seperti ruam merah, maka segeralah bawa bayi anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.