Home » Perawatan Bayi » Cara Merawat Bayi Kembar dengan Mudah

Cara Merawat Bayi Kembar dengan Mudah

Merawat bayi kembar tidak semudah merawat bayi tunggal. Akan tetapi merawat bayi kembar akan menjadi ringan dan menyenangkan apabila dilakukan dengan cara merawat bayi kembar yang baik dan benar.

Memiliki bayi kembar mendatangkan kebahagiaan tersendiri untuk orang tua. Akan tetapi, di sisi lain memiliki bayi kembar akan menguras tenaga dan pikiran orang tuanya. Tugas sebagai orang tua akan menjadi dua kali lipat ketika merawat bayi kembar. Namun, jika anda menikmatinya pekerjaan tersebut akan menjadi mudah dan menyenangkan.

Umumnya, merawat bayi kembar tidak semudah merawat bayi tunggal. Merawat bayi kembar harus memiliki persiapan fisik, mental juga finansial. Dalam merawat bayi kembar, hal yang paling penting yaitu membagi tugas antara istri dan suami supaya tugas merawat bayi kembar menjadi lebih ringan dan menyenangkan.

Cara Merawat Bayi Kembar

Merawat bayi kembar membutuhkan tenaga ekstra dan kesabaran, dan itu menjadi tantangan untuk setiap orang tua. Merawat bayi kembar idealnya harus dilakukan secara bersamaan agar bayi yang lainnya tidak merasa diasingkan. Akan tetapi, untuk lebih memudahkan maka tidak ada salahnya apabila dilakukan dengan bergantian karena memiliki pengaruh positif untuk psikologis anak agar ia lebih mandiri ketika tumbuh besar.

Cara Merawat Bayi Kembar

Memandikan Bayi Kembar

Memandikan bayi merupakan rangkaian penting dalam cara merawat bayi kembar yang tidak boleh anda lupakan. Memandikan bayi bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bayi anda. Memandikan bayi kembar bersamaan akan membuat anda kerepotan dan kewalahan. Oleh karena itu, dalam hal ini anda membutuhkan bantuan dari suami atau orang terdekat anda di rumah. Apabila bayi anda sudah mulai tumbuh besar dan bisa duduk, maka anda bisa memandikan mereka secara bersamaan.

Mengganti Pakaian

Perawatan lainnya yang akan membuat ibu kerepotan yaitu ketika mengganti pakaian bayi kembar setelah ia selesai mandi. Sebelum anda memandikan kedua buah hati anda, sebaiknya siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan seperti pakaian dan handuk si kecil. Anda bisa mengganti pakaian si kecil secara bergantian hingga selesai. Akan tetapi, untuk mencegah agar si kecil tidak kedinginan karena terlalu lama menunggu giliran, anda bisa membantu suami atau orang terdekat untuk memakaikannya baju.

Menyusui Bayi Kembar

ASI merupakan makanan utama bayi sebelum ia diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Memberikan ASI atau menyusui si kecil merupakan hal penting yang harus anda lakukan karena ASI bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Anda bisa menyusui si kecil dengan tips menyusui bayi kembar yang baik dan benar. Menyusui bayi kembar bisa dilakukan secara bersamaan dengan teknik yang tepat.

Memilih Kereta Dorong Bayi

Kereta dorong bayi atau stroller merupakan salah satu perlengkapan bayi yang akan membantu anda dalam merawat si kecil dan memudahkan anda ketika membawa mereka jalan-jalan. Tidak memungkinkan anda menggendong bayi kembar secara bersamaan, oleh karena itu kereta dorong khusus untuk bayi kembar merupakan perlengkapan yang perlu anda siapkan. Ketika anda memilih kereta dorong bayi sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan si kecil. Pilihlah kereta dorong yang berkualitas agar tahan lama. Prioritaskan pula keamanan si kecil ketika anda memilih kereta dorong untuk mereka.

Cara Memberikan Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi Kembar

Setelah usia bayi menginjak 6 bulan, maka si kecil sudah mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Memberi makan bayi kembar umumnya tidak jauh berbeda dengan memberi makan bayi biasanya. Mungkin yang membedakannya yaitu anda harus menyiapkan porsi yang lebih banyak. Kemudian anda bisa menyuapi si kecil bergantian. Anda harus adil ketika memberi makan mereka agar salah satunya tidak ada yang merasa diasingkan. Akan tetapi, jika tugas ini terlau sulit untuk dilakukan sendiri, anda bisa meminta bantuan suami atau orang terdekat anda untuk menyuapi mereka.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Bayi Kembar

Cara merawat bayi kembar yang baik dan benar yaitu dengan tidak membeda-bedakan antara anak yang satu dengan anak yang lainnya.

Perasaan minder kerapkali datang ketika mereka sudah beranjak dewasa. Oleh karena itu, agar anak anda tidak merasa minder, memperlakukan mereka dengan cara yang sama adalah hal yang harus diperhatikan oleh setiap orangtua.

Perhatian yang sama bukan masalah sandang dan pangan saja, akan tetapi meliputi kasing sayang. Karena kasih sayang dari orang tua merupakan kunci utama daam pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, berikanlah perhatian dan kasih sayang yang sepenuhnya kepada mereka.

Orang tua memiliki peran penting terhadap pembentukan karakter anak. Sehingga mereka yang paham hal tersebut sebisa mungkin akan memberikan semua yang terbaik untuk anaknya dengan adil dan tidak memihak pada salah satu anak. Agar mereka mendapatkan perlakuan yang sama dari orang tuanya, maka merawat mereka dengan baik adalah hal yang harus anda lakukan.

Merawat bayi kembar memang tidak semudah merawat bayi tunggal. Akan tetapi pekerjaan tersebut akan menjadi lebih mudah apabila anda melakukannya dengan tulus, dan akan menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan dengan baik dan benar. Anda bisa meminta dukungan dari orang terdekat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan memudahkan anda dalam merawat mereka.
Itulah beberapa cara merawat bayi kembar. Semoga bermanfaat.