Home » ASI (Air Susu Ibu) » Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur

Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur

Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur – Bayi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Ketika tidur pada waktu menyusu, anda dapat membangunkannya agar si kecil tetap menyusu atau mendapatkan ASI.

Menyusui bayi penting dilakukan oleh ibu untuk memenuhi kebutuhan asupan bayi. Selain asupan bayi yang terpenuhi, ASI atau air susu ibu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi. Selain bayi yang mendapatkan manfaatnya, ibu pun akan merasakannya. Memberikan ASI eksklusif disarankan hingga bayi berusia minimal 6 bulan. ASI eksklusif akan secara tidak langsung akan memberikan imunitas alami pada bayi.

Proses menyusui bayi dapat dilakukan dengan berbagai cara, maupun posisi sesuai dengan kenyamanan ibu dan bayi. Serta dari payudara mana saja atau tidak menitik beratkan hanya pada satu payudara saja.

Menyusui bayi sebaiknya dilakukan sejak bayi lahir. Pada bayi baru lahir ibu disarankan untuk menyusui bayi dengan intensitas yang lebih sering karena bayi baru lahir membutuhkan ASI lebih banyak. Pada bayi baru lahir, pemberian ASI atau menyusui dilakukan sebanyak 8 sampai 12 kali dalam sehari. Dimana untuk waktunya sendiri bisa diatur setiap 2 sampai 3 jam sekali.

Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur

Namun, bayi baru lahir biasanya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Meskipun begitu sebaiknya anda jangan membiarkan si kecil terus tidur sehingga tidak mendapatkan ASI. Anda dapat membangunkan si kecil untuk menyusu.

Lantas seperti apa cara menyusui bayi yang sedang tidur? Perlu diketahui, memberikan ASI ketika si kecil sedang tertidur tidak disarankan karena akan menyebabkan masalah. Oleh karena itu, sebelum menyusuinya sebaiknya bangunkan terlebih dahulu dan hindari menyusuinya sambil tiduran.

Bahaya Menyusui Bayi Sambil Tiduran

Terkadang setelah bayi bangun tidur untuk memudahkan, ibu menyusui bayinya sambil tiduran. Namun, menyusui bayi sambil tiduran justru berbahaya untuk bayi. Berikut ini bahaya menyusui bayi sambil tiduran:

Bayi Tersedak

Menyusui bayi sambil tiduran dapat meningkatkan risiko bayi tersedak ASI. Penyebab bayi tersedak saat tiduran yaitu karena aliran ASI yang terlalu deras saat posisi ibu tidur miring. Ketika tersedak, tentunya bayi akan batuk. Akan menjadi masalah besar apabila ASI yang membuat bayi tersedak masuk ke dalam paru-parunya sehingga akan mengakibatkan si kecil sulit bernafas. Keadaan akan semakin parah apabila ASI masuk ke dalam paru-paru, si kecil akan mengalami batuk kronik.

Infeksi Telinga

Selain tersedak, menyusui bayi sambil tiduran akan membahayakan telinganya. Ketika menyusu bisa saja ASI masuk ke dalam telinga bayi. Meskipun ASI tidak mengandung zat yang berbahaya, tetapi ASI yang masuk ke dalam telinga bayi akan menyebabkan infeksi telinga. Tanpa disadari ASI yang masuk ke dalam telinga bayi akan menumpuk, sehingga akan menyebabkan munculnya kotoran pada telinga bayi. Apabila tidak segera diatasi, maka keadaan ini akan menimbulkan iritasi dan infeksi telinga.

Bayi Sulit Bernafas

Selama masa menyusui, ukuran payudara ibu tentunya akan lebih besar dari sebelumnya. Ini akan berbahaya jika ibu menyusui bayi sambil tiduran. Posisi menyusui sambil tiduran akan membuat bayi sulit bernafas karena tertutup oleh payudara ibu. Bahkan tidak menutup kemungkinan ibu akan ketiduran sehingga tidak sengaja menindih bayi.

Cara Menyusui Bayi yang Sedang Tidur

Cara menyusui bayi yang sedang tidur dapat anda lakukan dengan tepat. Berikut ini cara menyusui bayi yang sedang tidur.

Bangunkan Dengan Lembut

Apabila bayi terlelap tidur saat waktu menyusu, anda dapat membangunkan si kecil dengan lembut dan perlahan. Tunggu beberapa saat hingga si kecil memperlihatkan tanda-tanda bahwa ia sudah terbangun seperti gerakan mata, atau ia merengek. Ketika itu terjadi anda dapat langsung merengkuh bayi. Usap tubuh bayi dengan lembut, kemudian ajak si kecil berbincang hingga pada akhirnya ia terbangun. Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk mengganti popok hingga si kecil benar-benar terbangun.

Rubah Posisi Menyusu Apabila Bayi Tertidur

Ketika menyusu, bayi biasanya sering tertidur karena terlalu mengantuk. Apabila ini terjadi anda jangan membiarkannya. Agar si kecil terbangun dan kembali menyusu, anda dapat merubah posisi menyusui dengan lembut dan perlahan. Dengan gerakan yang anda lakukan ketika merubah posisi menyusui, si kecil akan terbangun dan langsung kembali menyusu.

Tenangkan Bayi Ketika Menyusu Setelah Tidur

Pada saat si kecil sudah terbangun, ada saatnya dimana ia tidak bisa diam atau bahkan menjadi rewel. Si kecil yang terlalu banyak bergerak akan membuat ibu kesulitan ketika menyusuinya. Jika ini terjadi, maka anda dapat membuka pakaiannya. Kemudian dekap si kecil dan ayunkan dengan perlahan dan hati-ati. Anda dapat mengajak si kecil berbicara atau bersenandung. Dengan cara seperti ini si kecil akan menjadi lebih tenang dan akan memudahkan dalam menyusuinya.

Dengan demikian, bangunkan terlebih dahulu bayi saat tidur sebelum menyusuinya. Setelah si kecil bangun, anda dapat menggendongnya kemudian menentukan posisi menyusui yang tepat. Namun, hindari menyusui dengan posisi miring atau tiduran guna menghindari bahaya yang akan terjadi. Itulah cara menyusui bayi yang sedang tidur. Semoga bermanfaat.