Home » ASI (Air Susu Ibu) » Cara Meningkatkan Kualitas ASI Demi Buah Hati

Cara Meningkatkan Kualitas ASI Demi Buah Hati

Cara Meningkatkan Kualitas ASI – ASI sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan bayi, oleh karena itu sudah menjadi tugas seorang ibu untuk mempertahankan dan membuat ASInya berkualitas sehingga bayi bisa mendapatkan manfaatnya yang beragam.

Seperti yang kita ketahui, ASI atau air susu ibu merupakan makanan yang terbaik untuk bayi hingga usianya 6 bulan atau sebelum bayi mengenal makanan pendamping ASI. Kandungan yang terdapat di dalam ASI mudah dicerna oleh bayi, yang mana kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk bayi dan tidak tergantikan oleh susu formula yang berharga mahal sekalipun.

Seorang ibu tentunya akan memberikan semua yang terbaik untuk anaknya, termasuk ASI kepada buah hati tercintanya. Sebisa mungkin seorang ibu akan membuat ASI berkualitas demi kebaikan malaikat kecilnya. Akan tetapi, ibu tidak bisa memastikan dengan pasti apakah ASI-nya berkualitas atau sebaliknya. Oleh sebab itu, semua ibu harus tahu cara meningkatkan kualitas ASI demi sang buah hati.

Cara Meningkatkan Kualitas ASI

Meningkatkan kualitas ASI sebenarnya bisa dilakukan dengan memperhatikan menu makanan sang ibu. Apabila makanan yang dikonsumsi ibu baik dan sehat, ASI yang diproduksinya akan semakin berkualitas. Perlu anda ketahui, kualitas ASI akan semakin menurun apabila gizi dari ibu buruk. Apabila kondisi ini terus berlanjut, maka si anak akan mendapatkan dampaknya yang mana kebutuhan gizinya tidak akan terpenuhi dengan maksimal.

Nah, untuk meningkatkan kualitas ASI, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu menyusui.

Cara Meningkatkan Kualitas ASI

Makan Seimbang

Pola makan ibu menyusui harus diperhatikan dengan baik dan benar. Pola makan yang tepat, selain akan membuat tubuh ibu sehat, juga akan semakin menambah kualitas ASI-nya. Ibu harus mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang. Asupan sehari-hari ibu menyusui harus seimbang dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin. Porsi makan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui berbeda dengan porsi makan sebelumnya. Dimana prosi makan ibu menyusui akan lebih banyak dari biasanya. 3 bulan pertama, kalori yang dibutuhkan sekitar 500 kalori lebih banyak dari biasanya. Sedangkan jika usia kandungan di atas 3 bulan, maka kalori yang dibutuhkan lebih banyak sekitar 700 kalori dari biasanya.

Konsumsi Asupan Kalsium dan Zat Besi

Di dalam ASI terkandung kalsium yang bermanfaat dan dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tulang si kecil. Ibu menyusui bisa saja mengalami masalah, seperti sering mengeluh terasa nyeri pada tulang. Jika keadaan ini terjadi maka sebaiknya segera tingkatkan asupan kalsium. Cara meningkatkan asupan kalsium yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalisium. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi susu khusus ibu menyusui. Jika diperlukan, ibu bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium.

Konsumsi Buah dan Sayur

Memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas ASI. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau untuk meningkatkan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia yang akan dialami oleh ibu dan bayi. Sedangkan buah bermanfaat sebagai antioksidan yang akan membuat ibu tetap sehat dan tidak akan mudah sakit.

Olahraga

Olahraga bisa anda lakukan untuk meningkatkan kualitas ASI. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin. Tujuannya yaitu sebagai relaksasi yang akan membuat suasana hati menjadi lebih bahagia dan tenang. Olahraga yang dilakukan tidak perlu olahraga berat. Anda cukup melakukan olahraga ringan dan berkala, serta durasi secukupnya. Beberapa olahraga yang dimaksud yaitu aerobik atau jalan sehat. Jika suasana emosi menjadi lebih bahagia, maka hormon yang akan menunjang ASI menjadi lebih meningkat.

Istirahat dengan Cukup

Stres akan menghambat produk ASI. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari keadaan stres. Istirahat cukup akan membantu anda dalam menekan stres.

Seorang ibu, umumnya akan begadang pada 4 sampai 8 minggu kelahiran buah hatinya untuk menyusui bayi. Agar bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup, anda bisa menyesuaikan waktu tidur anda dengan waktu tidur si kecil. Disarankan untuk istirahat sekitar 7 sampai 8 jam perhari.

Hindari Kontaminasi ASI

Menghindari kontaminasi ASI adalah langkah lainnya yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan kualitas ASI. Mengurangi terjadinya kontaminasi ASI bisa dilakukan dengan memperhatikan dan selalu berhati-hati terhadap makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu menyusui. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya kontasminasi ASI seperti berikut ini:

Mengkonsumsi banyak jenis makanan bisa anda lakukan sebagai upaya agar anda tidak mengkonsumsi satu jenis makanan yang ternyata makanan yang anda konsumsi tersebut di dalamnya terkandung kadar pestisida yang tinggi.

Ketika anda mengkonsumsi daging, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi bagian kulit dan lemak ekstra daging tersebut. Pasalnya, terdapat banyak zat kimia yang tersimpan di dalam lemak daging.
Anda harus tahu apa saja buah dan sayuran yang mengandung pestisida tinggi. Usahakan untuk mencuci terlebih dahulu buah atau sayuran yang akan anda konsumsi sampai benar-benar bersih. Meskipun buah yang akan anda konsumsi bisa dimakan dengan kulitnya, tetapi alangkah baiknya hindari memakan kulit buah tersebut. Kupas terlebih dahulu kulit buah sampai benar-benar bersih sebelum dikonsumsi.

Demikian beberapa cara meningkatkan kualitasi ASI. Tetaplah terapkan pola hidup sehat guna manjaga dan menunjang kualitas produksi ASI.