Home » Perawatan Bayi » Cara Menidurkan Bayi yang Baik dan Tepat

Cara Menidurkan Bayi yang Baik dan Tepat

Bayi umumnya akan terjaga ketika malam hari. Di samping itu, ibu perlu waktu istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Keadaan bayi yang susah tidur akan mengakibatkan masalah kesehatan baik untuk bayi itu sendiri atau ibu. Oleh karena itu, ibu perlu menidurkan bayi dengan cara menidurkan bayi yang baik.

Setiap orang tentunya berharap agar bayinya mudah tidur lelap, sehingga si kecil maupun orang tua bisa mendapatkan waktu istirahat dengan baik sebelum melakukan aktivitas kembali di hari esok. Namun, banyak orang tua memgeluh karena bayinya tidak mau tidur ketika malam hari, sehingga banyak orang tua selalu kurang tidur dan sering mengantuk ketika esok harinya.

Bayi umumnya tidak bisa membedakan antara siang dan malam. Mereka juga masih belum paham bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur, sehingga bayi tidak akan mengikuti waktu tidur normal.
Namun, cara menidurkan bayi yang baik dan tepat bisa anda lakukan agar si kecil bisa mudah terlelap dan waktu istirahat anda pun semakin banyak. Berikut ini cara menidurkan bayi yang baik dan benar.

Cara Menidurkan Bayi

Cara Menidurkan Bayi

Buat Jadwal Tidur

Anda bisa membuat jadwal tidur si kecil. Sebelum tidur lakukan persiapan dengan rutin agar ia mengerti bahwa waktu tidurnya telah tiba. Persiapan yang dimaksud yaitu makan malam, pijat lembut, memandikan bayi dengan menggunakan air hangat agar tubuh si kecil lebih nyaman, mendengarkan cerita atau memakaikannya pakaian tidur yang nyaman. Jika anda melakukan kegiatan ini secara rutin, maka lambat laun bayi anda akan paham terhadap jadwal tidurnya sendiri.

Selain itu, beri makan si kecil sebelum ia tidur. Akan tetapi jangan beri makan yang terlalu banyak atau berlebihan. Tujuan si kecil diberi makan sebelum tidur yaitu agar ia tidak terbangun karena rasa lapar. Jika si kecil terlalu banyak diberi makan akibatnya ketika tidur ia akan merasa tidak nyaman sehingga kemungkinan besar ia terjaga selama semalaman.

Pijat Singkat

Pijatan lembut yang anda lakukan bisa membuatnya lebih nyaman saat tidur. Anda bisa melakukan pijatan pada si kecil dengan cara pijat bayi yang benar dan baik. Pijat bagian tubuh tertentu seperti kaki, tangan, lengan dan perutnya sebelum ia tidur. Jangan lupa untuk memberikan pijatan lembut pada wajah si kecil. Ketika melakukan pijatan tidak perlu terlalu lama, anda cukup memijat bayi selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Agar lebih nyaman anda bisa menggunakan minyak bayi ketika memijat si kecil.

Pakaikan Pakaian yang Nyaman

Jika anda ingin bayi anda tidur dengan nyaman, anda bisa memakaikannya pakaian yang nyaman pula. Pakaikan pakaian yang tidak membuatnya gerah atau kedinginan saat tidur. Pakaian yang nyaman akan membuat ia tidur lebih cepat. Tidak hanya itu, anda bisa memakaikan si kecil popok yang mudah menyerap cairan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila ia buang air kecil ketika malam hari. Dengan begitu, si kecil akan tidur dengan tenang dan waktu tidurnya tidak akan terganggu sehingga anda pun bisa beristirahat.

Bawa Segera Bayi ke Tempat Tidur Ketika Mengantuk

Ketika malam hari, perhatikan tanda-tanda si kecil mulai mengantuk. Jika ia terlihat sering menguap, mata terlihat berat dan menggosok-gosok mata dengan tangannya, maka anda bisa langsung membawanya ke tempat tidur meskipun pada saat itu ia masih terjaga. Anda bisa membiarkan si kecil menenangkan dirinya sendiri hingga ia benar-benar terlelap. Jangan terlalu lama melakukan kontak mata dengannya karena hal itu justru akan membuatnya ingin berinteraksi kembali dengan anda.

Posisikan si kecil tidur dengan punggung berada di tempat tidurnya. Posisi ini merupakan posisi nyaman dan teraman. Jangan biarkan bayi anda tidur dengan posisi tengkurap, karena posisi ini akan membuat bayi anda terkena sindrom kematian mendadak. Setelah posisinya nyaman, anda bisa membelai atau mengusapnya dengan lembut agar ia tahu bahwa anda berada di dekatnya sehingga ia akan merasa jauh lebih tenang ketika tidur.

Buat Kamar Dalam Keadaan Redup

Usahakan buat kamar tempat tidur si kecil selalu berada dalam keadaan redup. Cahaya memiliki dampak pada irama sirkadian. Yakni siklus seseorang tidur dan bangun dengan alami. Kamar dalam keadaan gelap akan berpengaruh terhadap produksi melatonin. Melatonin itu sendiri yaitu hormon yang dapat membantu siklus tidur.

Hindari Mengayun Bayi

Apabila bayi anda sudah berusia 4 bulan, sebaiknya hindari menidurkan si kecil dengan cara diayun. Jika ia sudah terlihat mengantuk, anda bisa membaringkannya di tempat tidur. Agar ia mudah terlelap, anda bisa mengusap dan membelainya.

Mengatur Suhu Ruangan

Ruangan tempat tidur bayi harus dijaga. Anda harus memastikan jika ruangan bayi tidak terlalu panas. Karena selain membuat bayi tidak nyaman, ruangan yang panas juga akan membuat ia beresiko terkena SIDS atau sindrom kematian mendadak.

Intinya, agar bayi lebih mudah tidur anda harus melakukan rutinitas yang sama sebelum tidur. Karena dengan demikian, ia akan lebih mudah terlelap sehingga waktu anda untuk beristirahat lebih banyak. Jika anda melakukan rutinitas tersebut dengan rutin dan disiplin, dengan lambat laun bayi anda akan paham bahwa malam hari adalah waktunya untuk tidur.