Home » Bayi Baru Lahir » Cara Menghangatkan Bayi Baru Lahir

Cara Menghangatkan Bayi Baru Lahir

Cara Menghangatkan Bayi Baru Lahir – Bayi baru lahir membutuhkan kehangatan ekstra. Suhu normal tubuh bayi baru lahir umumnya berkisar antara 36,5 sampai dengan 37,5 derajat Celcius. Untuk itulah, kengahatan tubuh mungilnya perlu dijaga dengan baik. Hal ini dikarenakan umumnya tubuh bayi baru lahir mudah mengalami perubahan suhu.

Memiliki bayi baru lahir tentu menuai kebahagiaan yang besar untuk anda dan pasangan. Akhirnya pengorbanan dan perjuangan besar yang anda lakukan dimeja persalinan dapat berbuah lahirnya buah hati yang lucu. Untuk pertama kalinya, kini anda dapat menggenggam dan menimang si kecil dalam pelukan. Perasaan senang dan haru mungkin akan bercampur menjadi satu. Apalagi bila anda adalah seorang ibu baru.

Pengalaman pertama kali menggenggam darah daging anda ini tentu membuat anda merasa sedih dan senang yang bercampur menjadi satu. Namun tahukah anda, kebahagiaan yang anda rasakan ini tidak hanya dirasakan oleh sang suami. Orang-orang disekitar anda yang telah begitu menantikan kehadiran si kecil pun akan membuat mereka sumringah menyambut kehadiran si kecil.

Ibu anda, mertua anda, sanak saudara dan teman-teman anda akan mungkin tak sabar untuk segera mengunjungi anda di rumah atau rumah bersalin. Tidak heran bila saat ini, banyak orang silih berganti ingin bergantian menjaga anda dan si bayi yang masih begitu mungil.

Hanya saja, kondisi menjenguk ini umumnya membuat bayi baru lahir anda akan dengan secara bergilir digendong, dielus, dipegang, ditimang dan disentuh silih berganti oleh orang-orang yang ingin menemuinya. Dengan demikian, ini artinya bayi baru lahir anda tidak memiliki cukup waktu untuk mereka dapat beristirahat dengan tenang dan tanpa gangguan.

Akan tetapi, melarang orang lain untuk menggendong si buah hati sepertinya akan terdengar kurang sopan. Belum lagi, perasaan tak tega menghentikan rasa antusias mereka menggendong buah hati anda akan mungkin membuat anda segan menegur mereka.

Cara Menghangatkan Bayi Baru Lahir

Hanya saja, disamping lain, buah hati anda juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Belum lagi, silih berganti menimang akan membuat si kecil tidak beritirahat dan membuat tubuhnya kedinginan. Apalagi, umumnya mengingat banyak orang yang menjenguk akan membuat anda membuka bagian jendela atau menyalakan kipas angin agar tamu yang datang tidak merasa pengap atau kegerahan.

Untuk orang dewasa, terbukanya celah jendela atau hembusan kipas angin mungkin akan membuat ruangan menjadi sejuk dan nyaman. Hanya saja, untuk bayi baru lahir kondisi ini akan mungkin membuat suhu tubuhnya menjadi menurun dan membuat mereka kedinginan. Padahal bayi baru lahir sepatutnya tetap merasa hangat dan dijaga kehangatannya dengan baik.

Sayangnya, akan sulit mungkin untuk anda memberikan larangan untuk orang lain yang ingin menjenguk atau melihat si kecil. Rasanya akan kurang pantas juga bila anda memberikan teguran. Akan tetapi, disamping lain juga kesehatan bayi anda tetap perlu menjadi yang utama.

Nah, untuk mengatasi hal ini anda mungkin akan butuh untuk memberikan pemahaman pada keluarga dan oranglainnya. Upayakan untuk mendapatkan perhatian mereka dan buat mereka mengerti. Selain itu, penyampaian maksud anda pun haruslah tepat sasaran agar sebisa mungkin oranglain tidak meraa tersinggung atau tidak enak dengan permintaan anda.

Nah selain itu, berbicara mengenai kehangatan pada tubuh bayi baru lahir. Hal ini tentunya penting untuk diperhatikan dan dijaga dengan baik. Sebab pada umumnya suhu tubuh bayi baru lahir akan cenderung mudah berubah-ubah. Hanya saja, anda dituntut untuk dapat memastikan bila bayi baru lahir anda tetap dapat terjaga kehangatannya. Untuk itulah, penting sekali mengetahui cara menghangatkan bayi baru lahir sebagai metode penting untuk memandu anda dalam merawat mereka.

Selain itu, hal penting lain yang perlu anda pahami adalah bahwa pusat pengaturan suhu tubuh bayi baru lahir belumlah berjalan dengan sempurna. Tubuh bayi baru lahir yang begitu kecil pun membuatnya belum mampu memproduksi dan menyimpan panas dengan baik.

Selain itu, ditambah lagi, bayi baru lahir umumnya belum mampu mengatur posisi tubuh dan pakaiannya agar tidak kedinginan. Sehingga cara menghangatkan bayi baru lahir penting untuk anda ketahui dengan baik.

Cara menghangatkan dan mempertahankan suhu tubuh bayi, anda pun perlu memahami beberapa triknya. Ingin tahu seperti apa cara menghangatkan bayi baru lahir? Mari simak beberapa hal dibawah ini.

Cara Menggangatkan Bayi Baru Lahir

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orangtua sebagai cara menghangatkan bayi baru lahir. Berikut ini adalah beberapa hal yang penting anda perhatikan:

  1. Yang pertama adalah dengan menempatkan bayi pada ruangan yang hangat. Maksudnya adalah menghindarkan bayi dari ruangan ber-AC
  2. Yang kedua adalah dengan melakukan kontak bersama dengan si buah hati. Tempelkan kulit bayi dengan kulit ibu agar si kecil merasakan kehangatan tubuh ibu
  3. Yang ketiga adalah dengan menyusui si kecil. Hal ini akan membuat buah hati anda merasa hangat karena dekapan pada tubuh ibu membuatnya nyaman.
  4. Lakukan perawatan dengan metode kangguru

Kontak kulit ibu dengan bayi baru lahir dalam dilakukan metode kangguru. Metode ini dapat bekerja untuk mempertahankan suhu bayi dan mencegah bayi dari kedinginan. Adapun keuntungan dari perawatan in adalah selain memberikan kehangatan, juga bayi anda akan lebih sering menetek.

Selain manfaat tersebut, bayi anda akan cenderung tidak mudah rewel dan kenaikan berat badannya akan lebih cepat. Dengan mengaplikasikan metode ini, ibu pun akan merasakan kedekatan yang lebih bersama dengan si buah hati. Bahkan ibu tetap dapat melakukan aktivitas sambil menggendong buah hatinya.
Lantas bagaimana menerapkan metode kangguru untuk menghangatkan si buah hati baru lahir? Mari simak dibawah ini.

Cara Menghangatkan Bayi Baru Lahir: Metode Kangguru

Umumnya bayi yang lahir dengan berat badan yang rendah akan membutuhkan perawatan melalui inkubator. Hal ini dikarenakan bayi memerlukan perawatan intensif untuk menjaga suhu tubuhnya. Suhu tubuh bayi baru lahir memang belumlah stabil dan umumnya mereka akan cenderung lebih sensitif terhadap perubahan suhu. Akan tetapi, ada metode lain yang dapat dilakukan untuk menghangatkan bayi baru lahir, yakni dengan metode kangguru.

Metode kangguru adalah sebuah cara menghangatkan bayi dengan menempelkan tubuh bayi pada bagian dada ibu. Hal ini tentu difungsikan untuk mengalirkan kehangatan dari tubuh ibu ke bayi melalui kontak skin to skin.

  • Adapun, cara melakukannya adalah dengan mengaplikasikan:
    Gunakan tutup kepala karena sebanyak 25 persen panas hilang pada bayi baru lahir melalui kepala. Untuk itu, upayakan bayi anda mengenakan hoodie atau kupluk.
  • Dekap si buah hati diantara payudara ibu dengan posisi bayi telungkup dan posisi kaki seperti kodok dengan kepala menoleh pada satu sisi
  • Metode kangguru dapat dilakukan pada posisi ibu tidur dan istirahat. Namun lakukan dengan hati-hati.
  • Metode ini pada umumnya bukan hanya dapat dilakukan oleh ibu. Ayah ataupun anggota keluarga lainnya dapat pula melakukannya.

Demikianlah Cara menghangatkan bayi baru lahir, semoga bermanfaat!