Home » Bayi Baru Lahir » Cara Menggendong Bayi Sesuai Usia

Cara Menggendong Bayi Sesuai Usia

Cara menggendong bayi sesuai usia akan menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui setiap orangtua. Sebab tidak sedikit orangtua yang mengabaikan kegiatan yang satu ini.

Menggendong bayi yang lucu memang menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk orangtua. Bukan hanya untuk anda dan pasangan saja, banyak orang senang berada dekat dengan bayi yang mungil. Menciumi pipinya, mengelus kulitnya yang halus dan menggendong bayi adalah kegiatan yang menyenangkan. Hanya saja, kegiatan menggendong bayi pada umumnya tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Sebab bila tidak hati-hati kegiatan yang satu ini akan dapat berbahaya untuk buah hati anda.

Untuk ibu hamil, umumnya anda akan diajarkan bagiamana menggendong bayi yang tepat saat masih di rumah persalinan. Hanya saja, kegiatan yang satu ini bisa menjadi hal yang cukup mendebarkan ketika diberikan pada si ayah. Ketidakpahaman cara menggendong yang tepat pada si kecil bisa jadi membuat si ayah enggan melakukan hal yang satu ini sampai anaknya berusia lebih besar.

Selain itu, cara menggendong bayi perlu dilakukan dengan hati-hati dan ada trik menggendong sesuai dengan usianya. Jadi, pada dasarnya kegiatan yang satu ini tidaklah dapat dilakukan dengan sembarangan.

Selain itu, alat yang digunakan untuk menggendong si kecil pun perlulah diperhatikan dengan baik. Sebaiknya, jangan memilih gendongan duduk untuk bayi baru lahir. Tulang tubuh bayi baru lahir masih begitu rapuh dan lunak. Kesalahan menggendong pada saat ia diasuh akan menimbulkan bahaya dan gangguan terhadap perkembangan tulangnya. Untuk itu, sebaiknya hindarkan melakukan kegiatan yang satu ini dengan sembarangan. Agar keselamatan dan tumbuh kembang pada si kecil tidak terganggu.

Cara Menggendong Bayi Sesuai Usia

Berdasarkan survey yang dilakukan beberapa negara menunjukan semakin tingginya kasus bayi yang meninggal akibat salah posisi leher sewaktu digendong. Dan kasus ini banyak dialami terutama untuk bayi yang berusia kurang dari 3 bulan.

Seiring dengan perkembangan ini, industri fashion memunculkan banyak inovasi baru dalam model gendongan yang dijualnya. Bukan hanya sekedar gendongan yang disimpul dengan menggunakan kain saja. Akan tetapi, cukup banyak model dan jenis gendongan untuk bayi.

Keberagaman model gendongan yang tersedia dipasaran ini membuat ibu dan orangtua menjadi lebih leluasa dalam memilih salah satunya. Untuk itu, maka sebaiknya sesuaikan jenis gendongan dan tekhnik menggendong yang dilakukan pada buah hati anda. Agar keselamatan mereka senantiasa terjaga dengan baik.

Nah, untuk mengetahui cara menggendong bayi sesuai usia maka mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Cara Menggendong Bayi Sesuai Usia

Menggendong bayi baru lahir adalah salah satu cata yang paling efektif yang perlu dilakukan oleh para orangtua. Selain itu, cara ini pun dapat dijadikan media untuk mempererat ikatan batin antara orangtua bersama dengan anaknya. Akan tetapi, cara menggendong bayi pun perlu benar-benar diperhatikan dengan baik. Sebab bila tidak hati-hati, kegiatan yang satu ini akan dapat berdampak tidak baik untuk si buah hati.

Cara Menggendong Bayi Baru Lahir

Cara menggendong bayi agar memperoleh hasil yang optimal membutuhkan beberapa tips yang tepat, terutama untuk bayi baru lahir. Dalam hal ini, cara menggendong bayi perlu dikategorikan menurut usia bayi, sebab setiap bayi baru lahir hingga usia 8 bulan ke atas membutuhkan kebutuhan yang berbeda-beda.

Guna mengurangi resiko-resiko yang berbahaya bagi bayi karena kesalahan dalam menggendong bayi baru lahir akan dapat memperoleh hasil yang optimal. Untuk itulah, anda perlu memperhatikan beberapa cara dalam menggendong bayi seperti dibawah ini.

Cara Menggendong Bayi Usia 0-3 Bulan

Untuk bayi berusia 0 higga 3 bulan, kegiatan menggendong bayi perlu benar-benar dilakukan dengan hati-hati. Hal ini dikarenakan usia ini membuat tulang pada tubuh bayi masih begitu lemah.

Untuk itulah, sebaiknya posisikan gendongan bayi yang terbaik. Caranya adalah dengan membaringkan bayi tepat pada bagian lengan anda. Sementara satu lipatan lain dari siku dapat digunakan untuk menopang leher serta kepala bayi dengan perlahan. Sementara untuk tangan yang satunya lagi, gunakan untuk menopang punggung serta pantat bayi.

Cara Menggendong Bayi Usia 4 Bulan

Posisikan cara menggendong bayi usia ini dengan penuh kehati-hatian. Sama halnya dengan bayi baru lahir, usia ini membuat tubuh bayi masih begitu rentan. Untuk itu, cara menggendong bayi pada usia ini metodenya hampir sama. Hanya saja, yang membedakan adalah posisi gendongan bayi yang sesekali bisa didudukan dibagian pangkuan anda. Posisikan dengan kepala si kecil yang dapat disandarkan pada bagian dada anda dan wajahnya menghadap ke bagian depan.

Cara Menggendong Bayi Usia 5 Bulan

Untuk bayi berusia 5 bulan, anda sudah dapat menggendong si kecil dengan memposisikannya tepat pada bagian pinggang. Yakni dengan melingkarkan kaki si bayi ke bagian pinggul anda dengan perlahan. Hal ini dikarenakan usia si kecil pada usia ini membuat tubuhnya udah mampu menopang bagian kepalanya sendiri sehingga anda dapat melakukan posisi ini sewaktu menggendongnya.

Cara Menggendong Bayi Usia 6 Bulan

Untuk usia ini tubuh si kecil sudah lebih kuat dan lebih siap sehingga ibu dapat menggendong bayi di punggung. Sebab pada saat ini si kecil sudah mampu menolang kepalanya sendiri dengan sempurna. Bila anda ingin menggunakan gendongan duduk didepan pun maka pada masa ini anda akan dapat melakukanya.

Variasi gendongan yang dijual dipasaran akan bisa anda pilih salah satunya. Hanya saja, pastikan bila keamanan si gendongan dapat dijaga dengan baik.

Cara Menggendong Bayi Usia 8 Bulan

Untuk usia ini berat tubuh si bayi mungkin udah semakin besar sehingga anda akan membutuhkan gendongan yang lebih kuat. Selain itu, pada masa ini anda hanya dianjurkan untuk sesekali menggendong si kecil.

Sementara sisanya berikan kesempatan untuk buah hati anda agar dapat bereksplorasi. Biarkan bayi mengeksplorasi kemampuan ingin tahunya dengan lingkungan dan lain sebagainya. Akan tetapi, pada masa ini pengawasan orangtua akan sangat dibutuhkan.

Biarkan si kecil merangkakak kesana kemari, baik didalam rumah atau di taman bermain. Yang terpenting adalah jangan sampai pengawasan anda lengah. Selain itu, hindarkan pula si kecil dari segala hal yang akan membahayakan keselamatannya. Seperti peralatan tajam dan benda yang berat yang ada dirumah.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari cara menggendong bayi sesuai dengan usia. Kegiatan menggendong adalah cara yang efektif untuk mempererat hubungan si kecil dengan orangtua. Akan tetapi, bila kegiatan ini tidak dilakukan dengan berhati-hati maka akan fatal akibatnya.

Dengan mengetahui cara diatas diharapkan anda dapat menggendong si kecil dengan metode yang tepat sehingga hasil yang optimal dari kegiatan ini bisa didapatkan. Semoga cara diatas bermanfaat dan dapat anda praktikan dengan mudah.