Home » Penyakit Bayi » Cara Mencegah Penyakit Cacingan Pada Bayi

Cara Mencegah Penyakit Cacingan Pada Bayi

Meskipun gerak bayi masih terbatas, tetapi bukan berarti bayi tidak akan menderita penyakit cacingan. Demi kesehatan bayi, penting bagi setiap orang tua untuk mengetahui cara mencegah penyakit cacingan pada bayi .

Cacingan merupakan penyakit yang seringkali terjadi dan dialami oleh anak usia balita. Pasalnya, masa ini anak bermain dengan menggunakan berbagai media, tidak terkecuali tanah. Bermain tanah menjadi salah satu penyebab anak mengalami cacingan. Dimana tanah yang sudah tercemar oleh telur cacing masuk ke dalam pencernaan anak melalui tangan yang kebersihannya kurang terjaga ketika ia mengkonsumsi makanan tertentu. Usia balita merupakan usia dimana anak rentan mengalami cacingan. Akan tetapi cacingan juga bisa dialami oleh bayi.

Cacingan merupakan masalah kesehatan yang akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Masalah kesehatan ini akan menjadikan bayi anda rentan terhadap berbagai masalah atau penyakit lainnya. Apabila penyakit ini dibiarkan tanpa adanya penanganan maka kesehatan dan kecerdasan mental si kecil akan terpengaruh.

Penyakit Cacingan Pada Bayi

Mungkin banyak orang tua yang merasa bingung akan penyebab cacingan pada bayi, karena seperti yang kita ketahui gerakan bayi masih terbatas. Akan tetapi cacing bisa dengan mudah menyerang dan mengganggu perkembangan bayi. Cacing masuk ke dalam sistem pencernaan bayi bukan disebabkan karena adanya kontak bayi dengan tanah yang sudah tercemar oleh telur cacing. Akan tetapi disebabkan karena cacing yang tertinggal pada benda tertentu atau pada tubuh yang melakukan kontak langsung dengan bayi, kemudian masuk ke dalam sistem pencernaan bayi. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang tua untuk selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan buah hatinya.

Bayi yang mengalami cacingan atau terdapat cacing di dalam tubuhnya tidak akan berkembang dan tumbuh dengan optimal. Pasalnya, cacing yang terdapat dalam tubuh bayi akan menyerap semua sari makanan yang berguna untuk menutrisi tubuh bayi. Sari makanan yang terdapat pada usus dan sel darah bayi akan diserap langsung oleh cacing, sehingga cacing akan terus berkembang biak di dalam tubuh bayi. Akibatnya, masalah dan gangguan kesehatan pada bayi pun terjadi seperti misalkan perut bayi menjadi buncit, berat badan bayi tidak ideal dan nafsu makan menjadi menurun terlebih lagi pada ASI.

Agar bayi anda terhindar dari penyakit cacingan, maka sebisa mungkin anda harus mencegahnya. Pencegahan cacingan yang bisa anda lakukan pada bayi yaitu dengan menjauhkan bayi anda dari faktor-faktor yang menjadi penyebab cacingan. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit cacingan pada bayi.

Cara Mencegah Penyakit Cacingan Pada Bayi

Faktor Lingkungan dan tempat tinggal bayi

Faktor lingkungan memiliki peran besar terhadap penyakit cacingan pada bayi. Demi mencegah cacingan pada bayi anda harus bisa menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggal bayi dengan melakukan hal hal berikut ini:

  • Menjaga kebersihan halaman rumah dan kebun rumah dari kotoran hewan.
  • Menjaga agar sumber air di dekat rumah tetap terjaga kebersihannya.
  • Ajak tetangga sekitar untuk selalu menjaga dan mencintai kebersihan lingkungan.

Faktor Orang Tua

Selain lingkungan dan tempat tinggal bayi, penyakit cacingan juga dipengaruhi oleh pola hidup orang tuanya. Oleh karena itu, sebagai orang tua anda harus bisa menjaga kesehatan bayi anda agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit cacingan dengan selalu menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan langkah-langkah seperti berikut ini.

  • Cuci semua bahan makanan yang hendak dimasak sampai benar-benar bersih.
  • Biasakan untuk mencuci tangan sebelum memasak, baik makanan untuk keluarga atau makanan untuk bayi.
  • Cuci peralatan dapur setelah digunakan, jangan dibiarkan sampai esok.
  • Cuci perlengkapan bayi sebelum digunakan oleh bayi itu sendiri atau sesudah digunakan.
  • Hindari memberikan makanan yang kurang matang pada bayi.
  • Jika popok bayi anda sudah mulai basah atau penuh sebaiknya segera ganti popok tersebut.
  • Simpan atau letakan semua perlengkapan bayi anda pada tempat yang bersih atau jauh dari sumber kotoran, debu atau benda kotor yang lainnya.
  • Jika bayi anda sudah diberi makan, maka sebaiknya berikan bayi anda makanan yang dapat menutrisi tubuhnya. Akan lebih baik jika anda mengolah atau membuat makanan sendiri di rumah. Namun, jika bayi anda masih belum mendapatkan makanan pendamping ASI, maka sudah menjadi tugas anda untuk mengkonsumsi makanan yang baik dan berkualitas.

Faktor Bayi

Faktor dari bayi itu sendiri bisa menjadi penyebab cacing dengan mudah masuk ke dalam tubuh bayi. Untuk mencegah cacing masuk ke dalam tubuh bayi, anda bisa melakukan hal hal seperti berikut ini.
Rutin mandikan bayi sebanyak 2 kali dalam sehari. Masukan pula antiseptik pada bak mandi bayi.
Jangan biarkan kuku tangan atau kuku kaki bayi anda dalam keadaan panjang. Jika kukunya mulai panjang anda bisa langsung memotongnya.

  • Biasakan untuk memakaikan alas kaki pada bayi anda saat bepergian ke luar rumah, terlebih lagi jika ia sudah mulai berjalan.
  • Jangan biarkan anak anda main di tanah karena mungkin saja tanah tempat mainya sudah dicemari oleh kotoran hewan atau kotoran manusia.
  • Setelah bermain dan memegang benda tertentu, usahakan untuk selalu mencuci tangannya.

Untuk mengetahui cara mencegah penyakit cacingan pada bayi lebih lanjut anda bisa berkonsultasi pada dokter.