Home » Perawatan Bayi » Menangani Bayi Stres Secara Tepat

Menangani Bayi Stres Secara Tepat

Stres yang dialami oleh bayi bisa disebabkan karena berbagai hal. Ketika stres, bayi cenderung rewel dan terus menerus menangis. Beberapa cara menangani bayi stres bisa anda lakukan untuk membuatnya lebih tenang dan nyaman.

Stres merupakan permasalahan umum yang sering dialami banyak orang. Stres merupakan salah satu keadaan yang dapat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Selain orang dewasa, stres juga nyatanya bisa dialami oleh bayi. Akan tetapi stres yang dialami oleh bayi berbeda dengan stres yang dialami oleh orang dewasa. Stres yang dialami bayi biasanya dipicu karena ia tidak merasa nyaman akan kondisinya atau merasa bosan.

Tidak sedikit orang tua yang menyadari akan keadaan bayinya tersebut. Sehingga dengan begitu, mereka kesulitan mendeteksi keadaan yang menimpa bayinya. Keadaan ini juga semakin didukung karena bayi belum bisa mengutarakan apa yang menjadi keinginannya.

Menangani Bayi Stres

Menangani Bayi Stres

Penyebab Bayi Stres

  • Bayi tidak nyaman atau sakit

Ketika bayi merasa tidak nyaman atau sakit, ia tidak bisa mengutarakan apa yang diraskannya tersebut kepada orang tuanya melalui komunikasi. Biasanya untuk mengutarakan apa yang diraskannya tersebut ia hanya bisa menangis atau rewel. Jika oang tua tidak bisa mendeteksi dan tidak memahami isyarat yang diberikan oleh bayinya, maka kemungkinan besar bayi akan mengalami stres.

  • Kebutuhan bayi tidak terpenuhi

Pada saat kebutuhan bayi, seperti makan bayi dan minum tidak tercukupi maka bayi kemungkinan akan mengalami stres. Lapar dan haus yang dirasakan oleh bayi akan membuatnya menangis dan rewel. Tidak hanya itu, orang tua yang kurang perhatian pada bayi akan membuat bayi merasa kesepian sehingga akan memicu bayi mengalami stres.

  • Beda Perlakuan

Stres yang dialami oleh bayi bisa juga diakibatkan karena selalu berganti ganti pengasuh. Keadaan seperti ini biasanya akan dialami oleh bayi yang tidak diasuh oleh orang tuanya sendiri melainkan oleh pengasuh. Cara atau pola asuh yang berbeda dan pengasuh yang berbeda-beda akan membuat bayi merasa tidak nyaman, ia akan merasa tertekan dan akhirnya akan memicu stres.

  • Ibu yang Stres

Ketika seorang ibu mengalami stres, maka bayinya pun akan mengalami perasaan seperti itu. Stres yang dirasakan oleh ibu akan menular pada bayi karena ia akan merasakan sentuhan yang tidak nyaman dari ibunya, serta suara ibunya berbeda dengan sebelumnya.

  • Tempat tinggal tidak menetap

Lingkungan sekitar dan tempat tinggal juga memiliki pengaruh terhadap cara pengasuhan bayi. Ketika orang tua memutuskan untuk pindah tempat tinggal, maka bayi akan merasa tidak nyaman, sehingga keadaan tersebut akan membuat bayi stres.

  • Keadaan rumah

Keadaan rumah bisa mempengaruhi keadaan bayi. Bayi bisa merasakan keadaan di sekitarnya. Jika ada masalah di dalam rumahnya, seperti orang tuanya melakukan keributan, maka bayi akan merasakan keadaan yang tidak nyaman tersebut. Akibatnya bayi akan merasa tertekan dan akan menjadi stres.

Gejala Stres Pada Bayi

  • Bayi menangis dan gampang rewel

Gejala umum yang akan ditunjukan oleh bayi yang mengalami stres yaitu ia akan sering menangis dan rewel. Tangisannya akan semakin lama dan menjadi jadi apabila ia tidak segera ditenangkan dengan cara menenangkan bayi menangis yang benar.

  • Bayi gelisah

Tingkah laku bayi yang selalu gelisah dan merasa tidak tenang menjadi pertanda bahwa bayi sedang mengalami stres. Bahkan ketika malam hari bayi tidak bisa tidur nyenyak dan sering rewel.

  • Sering murung

Jika bayi tidak aktif seperti biasanya, atau ia cenderung lebih murung maka bisa jadi itu pertanda bayi stres. Selain itu, ia tidak mau lepas dari gendongan ibunya.

  • Perubahan fisik

Stres yang dialami bayi akan mengakibatkan ia kehilanga nafsu makan. Akibat keadaan ini akan berpengaruh pada fisiknya, dimana ia akan mengalami penurunan berat badan.

Cara Menangani Bayi Stres

  • Penuhi Kebutuhan Dasarnya

Menangani bayi stres bisa dilakukan dengan memenuhi semua kebutuhan dasarnya, seperti kebutuhan makan atau kebutuhan minumnya. Selain itu, setiap orang tua disarankan untuk selalu memperhatikan bayinya dan memberikan kasih sayang yang tulus. Hal ini akan membuat perasaan si kecil menjadi lebih aman dan nyaman.

  • Ciptakan Keadaan yang Nyaman

Menciptakan keadaan yang nyaman untuk si kecil juga bisa dilakukan untuk menangani stres yang ia rasa. Dengan menciptakan keadaan rumah yang tenang dan nyaman akan membuatnya merasa lebih aman sehingga tidak akan menimbulkan stres.

  • Awasi Pengasuh dan Hindari Berganti Pengasuh

Mungkin anda memutuskan bayi anda diasuh oleh orang lain karena sibuk bekerja. Namun, meskipun sudah ada pengganti untuk menjaga dan mengasuh anak anda, bukan berarti anda lepas tanggung jawab sepenuhnya. Anda adalah orang tua yang seharusnya paling tahu akan kebutuhan bayi anda sendiri.

Meskipun anda percaya bahwa pengasuh yang anda pilih dapat merawatnya dengan baik dan mampu bertanggung jawab, tetapi belum tentu ia mengasuh bayi anda dengan penuh kasih sayang. Selain itu, usahakan untuk menghindari mengganti pengasuh terlalu sering. Pola asuh yang berbeda tidak akan membuat bayi anda nyaman.

Ketika semua kebutuhan bayi anda terpenuhi, baik makan, minum atau kasih sayang, seharusnya stres yang dialaminya hilang dan ia kembali tenang. Namun apabila ia terus menerus menangis dan rewel, anda harus tetap waspada. Konsultasikan pada dokter akan keadaan yang dialami oleh bayi anda.