Home » Perlengkapan Bayi » Cara Memilih Perlengkapan Mandi Bayi

Cara Memilih Perlengkapan Mandi Bayi

Memilih perlengkapan bayi yang baik dan aman harus dilakukan oleh setiap orang tua, termasuk memilih perlengkapan mandi. Perlengkapan mandi  bayi merupakan perlengkapan yang penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh bayi. Pilihlah perlengkapan mandi bayi yang baik dan berkualitas dengan mengetahui cara memilih perlengkapan mandi bayi yang tepat.

Memiliki bayi yang sehat, bersih dan lucu merupakan dambaan semua orang tua. Perawatan yang baik dan benar harus dilakukan agar bayi tumbuh dengan sehat. Asupan pada bayi, nutrisi dan gizi yang seimbang harus diperhatikan. Namun, selain asupan makanannya wajib sebagai orang tua untuk merawat dan menjaga kebersihan dari sang buah hati. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat atau menjaga kesehatan bayi, dimana salah satunya yaitu memandikan bayi. Memandikan bayi juga bisa dilakukan dengan barbagai macam cara memandikan bayi yang bisa diterapkan di rumah. Namun, terkadang tidak sedikit orang tua lupa memperhatikan peralatan mandi yang aman dan tepat untuk buah hati tercinta.

Saat ini kita bisa menemukan dengan mudah perlengkapan dan produk mandi untuk si kecil di pasaran. Banyaknya alat dan produk tersebut dijadikan sebagai alternatif bagi kita ketika memilihnya. Penting sekali bagi seorang ibu untuk memilih peralatan mandi dengan teliti. Apakah produk tersebut aman atau sebaliknya.

Namun, jarang sekali orang tua memperhatikan keamanan dan kenyamanan bayi dalam memilih peralatan mandi. Biasanya hal yang diutamakan ketika memilih perlengkapan mandi bayi yaitu dari segi tampilan, brand atau harga.

Perlengkapan Mandi Bayi

 

Semakin terkenal brand dan semakin mahal dari harga peralatan bayi tidak menjamin bahwa peralatan bayi tersebut berkualitas. Untuk itulah, menjadi tugas setiap orang tua untuk selalu memperhatikan setiap aspek kualitas dan keamanan dari peralatan bayi mereka. Karena jika salah pilih, akibatnya akan membahayakan sang buah hati tercinta.

Agar tidak salah pilih ketika membeli perlengkapan mandi untuk bayi, berikut ini cara memilih perlengkapan mandi bayi yang bisa disimak.

Cara Memilih Perlengkapan Mandi Bayi

Perhatikan Harga Barang dan Brand

Semakin mahal harga dari suatu barang atau benda tertentu, maka kualitasnya juga akan semakin terjamin. Akan tetapi tidak semua barang berharga mahal berkualitas. Dan bukan berarti barang dengan merek lokal memiliki kualitas yang rendah. Banyak peralatan bayi dengan merek lokal dan harga terjangkau memiliki kualitas yang lebih baik dan aman untuk kesehatan maupun kenyamanan bayi.

Bayi memiliki kebutuhan yang cukup banyak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan harga. Apabila anda memiliki uang yang cukup untuk membeli semua peralatan bayi, termasuk peralatan mandinya maka tidak menjadi masalah apabila harus menghabiskan uang banyak untuk memenuhi setiap kebutuhan bayi. Namun, apabila uang tersebut harus dibagi-bagi untuk keperluan lainnya, sebaiknya beli produk dengan harga terjangkau. Namun, meskipun begitu tidak melupakan kualitas dan kenyamanan untuk buah hati.

Perhatikan Komposisi dan Bahan

Sebelum anda memutuskan untuk membeli peralatan mandi sang buah hati, sebaiknya perhatikan dan cari tahu barang-barang tersebut apakah berkualitas dan terbuat dari bahan yang aman atau sebaliknya. Jangan tertipu dengan harga yang mahal atau merek yang terkenal, karena tidak semua harga mahal dan merek terkenal menjamin kualitasnya. Seperti contoh, ketika anda membeli bedak atau sabun untuk bayi, disarankan untuk memperhatikan komposisinya. Anda bisa mencari tahu apakah komposisi dan kandungan dari produk tersebut aman untuk bayi atau tidak. Jika beresiko, sebaiknya jangan pilih produk tersebut.

Jika alat-alat mandi bayi yang digunakan terbuat dari bahan plastik, sebaiknya pilihlah produk yag terbuat dari plastik berkualitas dan bukan plastik daur ulang. Meskipun plastik daur ulang aman untuk lingkungan, tetapi tidak disarankan untuk digunakan pada bayi.

Pilih Produk Tidak Berbau Menyengat

Organ tubuh bayi dan alat indera bayi masih sangat sensitif terhadap hal-hal baru. Oleh karena itu, ketika memilih produk atau peralatan untuk mandi bayi sebaiknya perhatikan dan jangan pilih produk yang memiliki bau menyengat agar indera penciuman bayi tidak terganggu. Sebaiknya pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol dan tidak mengandung zat pewangi.

Perlengkapan Mandi Bayi

Handuk

Penggunaan handuk sangat penting setelah selesai mandi. Disarankan untuk memilih handuk dengan tekstur yang lembut. Perhatikan pula bahan kain yang digunakan untuk membuat handuk tersebut. Handuk yang kasar hanya akan membuat kulit bayi menjadi teriritasi.

Bak Mandi

Bak mandi merupakan perlengkapan utama dalam memandikan bayi. Disarankan untuk memilih bak mandi yang kuat, nyaman dan awet. Anda harus memperhatikan kedalaman dari bak mandi untuk si kecil, jangan sampai bak mandi tersebut terlalu dalam guna mencegah bayi tenggelam dan tersedak. Sebaiknya pilihlah bak mandi yang memiliki sandaran.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan bagian kaki dari bak mandi si kecil. Lantai kamar mandi biasanya sangat licin. Oleh sebab itu, anda bisa memilih bak untuk mandi bayi yang dilengkapi dengan anti slip atau karet pada bagian bawah dari bak mandi. Sehingga dengan begitu, bak mandi tidak akan mudah bergesar dan akan lebih aman digunakan oleh buah hati tercinta.
Anda harus memperhatikan permukaan bak mandi bayi. Pilihlah bak mandi yang tidak memiliki tekstur permukaan yang kasar yang dapat menggores dan melukai kulit bayi anda. Hindari juga memilih bak mandi yang memiliki tekstur licin karena akan membuat bayi anda tergelincir.

Bedak Bayi

Bedak bayi merupakan perlengkapan yang digunakan oleh si kecil setelah ia selesai mandi. Bedak akan mencegah ia terkena biang keringat. Namun, jangan gunakan bedak berlebihan, gunakan secukupnya saja. Ketika memilih bedak anda juga harus memperhatikan bahan dan kandungan dari bedak yang anda pilih.

Sabun dan Sampo

Sabun dan sampo bayi kini sudah semakin banyak di pasaran dengan merek yang berbeda-beda. Namun, banyaknya produk tersebut jangan sampai membuat anda salah pilih. Teliti dan hati-hatilah ketika hendak memilih sabun atau sampo bayi. Anda harus memastikan bahwa sampo atau sabun yang dipilih benar-benar aman untuk kesehatan kulit dan rambut bayi anda.

Baby Oil

Disarankan untuk memilih baby oil yang terbuat dari bahan alami, serta tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Untuk mengetahui produk yang tepat, anda bisa mencium baunya yang khas.

Tisu Basah

Tisu basah biasanya digunakan untuk membersihkan bagian-bagian tertentu. Ketika memilih tisu basah sebaiknya hindari tisu basah yang beraroma atau mengandung zat pewangi, dan hindari pula tisu basah yang mengandung alkohol.

Saat ini, seiring dengan banyaknya produk perlengkapan untuk bayi yang kurang aman membuat anda sebagai orang tua harus benar-benar teliti dan pintar mencari serta memilih tempat untuk membeli perlengkapan dan keperluan si kecil yang terpercaya.

Itulah beberapa cara memilih perlengkapan mandi bayi yang baik. Jadilah orang tua yang bijak dengan selalu memberikan semua yang terbaik untuk buah hati. Semoga bermanfaat.