Home » Perawatan Bayi » Cara Membuat Bayi Bersendawa

Cara Membuat Bayi Bersendawa

Sendawa bertujuan untuk melepaskan udara yang sering kali membuat bayi tidak nyaman, terutama setelah ia menyusu atau minum susu dengan menggunakan dot. Jika si kecil mengalami kesulitan, cara membuat bayi bersendawa bisa anda lakukan setelah si kecil minum susu.

Sendawa merupakan keadaan yang alami dan bisa dialami oleh siapa saja. Untuk orang dewasa, sendawa merupakan kondisi yang sederhana. Akan tetapi, untuk seorang bayi sendawa adalah hal penting yang harus dilakukan oleh bayi. Ketika bayi minum ASI atau susu, gelembung udara yang terdapat pada minumannya akan masuk ke dalam perut dan terkumpul di sana. Jika si kecil tidak bersendawa setelah ia minum susu atau menyusu, maka akan menyebabkan perut kembung pada bayi. Sendawa juga akan membantu meringankan bayi yang mengalami asam lambung berlebih dan kolik.

Bayi yang mengkonsumsi susu dari botol harus lebih sering bersendawa dibandingkan dengan bayi yang menyusu langsung dari payudara ibunya. Pasalnya, gelembung yang terdapat pada botol susu lebih banyak dibandingkan dengan menyusu langsung dari payudara ibu. Namun, meskipun begitu bukan berarti bayi yang menyusu langsung dari payudara ibunya tidak harus bersendawa. Anda bisa membuat si kecil bersendawa setelah makan. Apabila bayi anda menyusu dari payudara, maka anda bisa mengkondisikan untuk bersendawa ketika akan beralih menyusui dari payudara satu ke payudara lainnya. Namun, jika bayi anda minum susu dengan menggunakan botol, anda bisa membuatnya bersendawa setelah selesai minum susu, begitu pun setelah ia selesai menyusu dari payudara ibu yang lainnya.

Cara Membuat Bayi Bersendawa

Setiap bayi memiliki perbedaan ketika bersendawa. Beberapa bayi bisa bersendawa dengan sendirinya dan ada yang harus disendawakan. Akan tetapi, umumnya bayi berusia 0 sampai 9 bulan belum bisa bersendawa sendiri. Pasalnya, pada usia itu bayi belum bisa duduk tegak sehingga tidak bisa membantu udara keluar dari lambung setelah minum susu atau ASI. Setelah 9 bulan ke atas, bayi sudah bisa duduk tegak sehingga itu akan mempermudah udara yang terdapat pada perutnya keluar.
Selain itu, beberapa bayi perlu disendawakan dengan teknik khusus, akan tetapi ada pula bayi yang mudah bersendawa dengan beberapa teknik. Bahkan setiap bayi memiliki posisi yang berbeda ketika ia disendawakan.

Cara Membuat Bayi Bersendawa

Biasanya ketika bersendawa setelah menyusu atau minum susu, bayi anda mengeluarkan sedikit cairan bersama dengan udara. Oleh karena itu, sebelum membuat bayi anda bersendawa usahakan untuk menyiapkan handuk kecil atau celemek terlebih dahulu. Terdapat berbagai cara membuat bayi bersendawa. Berikut ini panduan yang bisa anda lakukan untuk membuat bayi bersendawa.

Letakan Bayi Pada Dada

Meletakan bayi di dada bisa anda terapkan sebagai cara membuat bayi bersendawa. Metode ini bisa anda terapkan pada bayi baru lahir sampai si kecil bisa menyangga kepalanya sendiri. Letakan si kecil pada dada anda, posisikan dagu si kecil berada di pundak anda. Sangga pundak dan kepala si kecil dengan menggunakan tangan. Kemudian, usap lembut atau tepuk ringan punggungnya.

Duduk di Pangkuang

Cara membuat bayi bersendawa ini umumnya bisa diterapkan ketika si kecil sudah bisa berada di posisi duduk. Topang tubuh bayi anda dengan mengguanakn salah satu tangan anda. Kemudian tempatkan salah satu telapak tangan anda untuk menyangga dada bayi. Sementara jari jari digunakan untuk menyangga dagu dan rahangnya. Akan tetapi, perhatikan jangan sampai tangan anda menyentuh tenggorokan atau leher si kecil. Biarkan si kecil menyendar pada salah satu tangan anda. Sementara tangan yang lainnya digunakan untuk menepuk punggungnya. Tepuk punggung si kecil dengan lembut.

Tengkurap Di Atas Pangkuan

Pertama, tengkurapkan si kecil melintang di atas pangkuan anda. Kemudian, sangga rahang dan dagu si kecil dengan menggunakan salah satu tangan anda. Posisikan kepala si kecil lebih tinggi dari tubuhnya agar daranya tidak mengalir ke kepalanya. Lalu usap dan tepuk lembut punggungnya dengan menggunakan satu tangan yang lainnya.

Apabila cara membuat sendawa bayi sudah dilakukan tetapi ia tetap tidak bersendawa, berarti si kecil tidak ingin bersendawa. Namun, jika keadaannya terlihat gelisah, tidak nyaman dan rewel, maka anda bisa mengganti dengan posisi lainnya. Namun, jika tetap tidak berhasil anda bisa membuat bayi bersendawa dengan cara lainnya agar si kecil lebih relaks seperti memandikannya dengan menggunakan air hangat atau lakukan pijatan lembut pada perut bayi untuk mengeluarkan angin dari dalam perutnya. Pijatan bisa anda lakukan dengan gerakan memutar. Lakukan pijatan dengan berlawanan arah jarum jam.

Seringkali meskipun sudah melakukan berbagai macam cara tetapi angin tetap tidak keluar dari dalam perut bayi yang mengganggu kenyamanannya. Apabila keadaannya seperti ini, anda bisa segera konsultasi pada dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat yang dapat membantu mengeluarkan angin.

Untuk mengurangi penumpukan angin di dalam perut, anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini.

  • Hindari mengajak si kecil berbicara ketika ia sedang mengunyah makanan.
  • Batasi memberikan makanan yang mengandung banyak gas seperti brokoli, kubis dan kacang.
  • Hindari memberikan makanan atau minuman dengan temperatur yang berbeda jauh, seperti misalkan minuman panas yang dipadukan dengan minuman dingin.
  • Gas akan semakin meningkat apabila bayi mengkonsumsi minuman atau makanan tertentu. Beberapa minuman yang dimaksud yaitu minuman ringan atau minuman berkarbonasi.