Home » Perawatan Bayi » Cara Memandikan Bayi Yang Baik dan Benar

Cara Memandikan Bayi Yang Baik dan Benar

Melahirkan bayi merupakan masa yang paling ditunggu tunggu oleh pasangan suami istri. Sebelum kelahiran banyak hal hal yang perlu dipersiapkan seperti perlengkapan bayi, nama bayi dan ibu harus belajar serta terbiasa dalam masalah mengurus bayi, baik itu ketika memandikan bayi dan lain sebagainya.

Sebagai orang tua baru tentunya anda harus berhati hati dan telaten ketika memandikan bayi anda. Karena jika tidak, akan membahayakan bayi anda. Oleh karena itu, baik anda maupun suami harus mengetahui beberapa tips memandikan bayi baru lahir dengan baik dan benar.

Waktu Tepat Memandikan Bayi

Beberapa bagian tertentu pada bayi harus dibersihkan setiap hari seperti leher, tangan, wajah dan bokong. Bersihkan bagian-bagian tersebut dengan hati hati menggunakan lap basah. Pilihlah waktu yang tepat saat hendak memandikan bayi. Hindari memandikan bayi saat ia selesai makan atau menyusui. Berikanlah waktu agar perut bayi anda bisa menyesuaikan susu yang masuk. Mandikan bayi ketika anda sedang santai atau tidak sibuk.

Cara Memandikan Bayi

Bayi yang belum lama dilahirkan biasanya akan merasa tidak nyaman ketika hendak dimandikan. Namun, anda jangan merasa khawatir karena keadaan ini adalah normal. Beberapa hal yang harus dikondisikan saat anda akan memandikan bayi.

  1. Sebelum anda membawa bayi anda ke kamar mandi atau tempat mandi anda harus menyiapkan terlebih dahulu segela sesuatunya. Beberapa hal harus anda siapkan seperti handuk, air hangat, waslap, popok, pakaian ganti dan kain khusus untuk menyeka bayi.
  2. Anda harus memastikan jika ruangan tempat mandi bayi tetap dalam suhu hangat, tidak dingin dan tidak panas.
  3. Pilih waktu mandi pada saat bayi anda tidak mengantuk atau dalam keadaan aktif.

Tahapan Dalam Memandikan Bayi

Berikut ini tahapan memandikan bayi sebagai panduan untuk anda.

• Persiapan

  1. Perlengkapan mandi harusanda siapkan sebelum hendak memandikan bayi anda. Namun, sebelum mempersiapkan itu semua anda harus memastikan bahwa bayi anda dalam keadaan dan posisi yang aman.
  2. Siapkan perlengkapan bayi dan simpan perlengkapan bayi tersebut pada tempat yang mudah dijangkau oleh tangan anda. Beberapa perlengkapan bayi yang perlu anda siapkan yaitu, bak mandi bayi, kain waslap atau spons lembut, popok bayi, bola kapas, produk untuk bayi seperti sabun, shampo dan lain sebagainya.
  3. Jika semua perlengkapan sudah siap, anda bisa langsung melepaskan semua aksesoris yang anda pakai dan cuci tangan anda sampai benar-benar bersih.
  4. Tempatkan bayi anda dengan posisi yang nyaman. Lalu buka baju bayi anda. Bersihkan area wajahnya, dimulai dari membersihkan kelopak mata dari arah dalam ke luar dengan menggunakan bola kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Gunakan bola kapas yang berbeda untuk membersihkan bagian mata yang lainnya. Bersihkan seluruh wajah bayi dengan hati hati.
  5. Bak mandi untuk mandi bayi tidak harus anda letakan di kamar mandi. Anda bisa meletakannya di kamar atau rungan lainnya yang terpenting memiliki suhu hangat, aman dan bersih.
  6. Isi bak mandi bayi dengan air setinggi kurang lebih 5 cm. Sebelum anda terbiasa dan mahir dalam memandikan bayi, maka diharapkan untuk tidak mengisi bak mandi dengan penuh. Suhu air untuk mandi bayi yang disarankan yakti sekitar 36 sampai 38 derajat Celcius.

• Memandikan Bayi

  1. Ketika memandikan bayi, anda bisa menggunakan satu lengan untuk menopang bagian kepala dan tubuh bayi. Sedangkan tangan yang lainnya digunakan untuk menyangga tubuh bayi bagian bawah untuk ditempatkan ke air diawali dari kaki.
  2. Ketika tangan anda membersihkan bagian tubuhnya, pastikan tangan yanglainnya dengan kokoh menopang tubuh bayi. Pastikan posisi kepala bayi berada di atas permukaan air.
  3. Basuh bagian kepala bayi terlebih dahulu, setelah itu bagian tubuh, bokong dan alat kelaminnya.
  4. Usap setiap bagian tubuhnya dengan mengguakan waslap yang sudah disiapkan. Untuk menghindari penyebaran kuman anda harus mengganti setiap kain yang digunakan untuk mengusap bagian tubuhnya.
  5. Jika bayi anda perempuan, anda bisa membersihkan alat kelamin di atas alas ganti. Bersihkan bagian tersebut dengan kapas kering. Dari bagian vagina ke anus andabisa membersihkannya dengan menggunakan kapas basah. Jangan lupa untuk membersihkan bagian lipatan paha. Sementara jika bayi anda laki laki, anda bisa membasuh dan membersihkannya secarakeseluruhan.

• Setelah Selesai Mandi

1. Jika proses memandikan bayi sudah selesai, anda bisa mengangkat bayi anda dengan perlahan dan dekatkan ke dada. Lalu letakan bayi anda di atas alas ganti yang sebelumnya sudah dialasi dengan handuk. Keringkan bagian tubuh dengan menggunakan kain secara perlahan.
2. Setelah mandi merupakan waktu yang tepat untuk memberikan pijatan lembut pada bayi dengan produk khusus yang disarankan.
3. Jika sudah, anda bisa memakaikan popok dan perlengkapan lainnya.

Memandikan Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir tidak selamanya harus dimandikan di dalam bak mandi. Anda bisa membersihkan tubuh mungilnya tersebut di atas perlak yang sudah dilapisi dengan handuk. Lalu bersihkan setiap bagian tubuhnya dengan menggunakan handuk hangat. ketika membersihkannya pusatkan pada bagian leher, wajah, dan bokong. Cara ini dianjurkan untuk dilakukan selama tali pusar bayi belum lepas atau puput.

Mandikan bayi dengan hati hati agar bayi tetap merasa nyaman. Berikut kami sertakan video bagaimana cara memandikan bayi yang baik dan benar. Demikian cara memandikan bayi baru lahir, semoga bermanfaat.

[goviral_player]