Home » Perawatan Bayi » Cara Melatih Bayi Bicara yang Efektif

Cara Melatih Bayi Bicara yang Efektif

Cara melatih bayi bicara – Melatih bayi bicara sedini mungkin akan membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosialnya.

Seiring bertambahnya usia, perkembangan bayi anda akan semakin terlihat menakjubkan. Ada saatnya bayi anda akan bisa berbicara dan mengucapkan kata-kata sederhana. Mengetahui kemampuan bayi seperti ini tentunya sebagai orang tua anda akan merasa begitu bahagia, terlebih lagi jika ia sudah bisa memanggil anda dengan sebutan “mama”.

Seorang bayi mulai mampu menyebut “mama” ketik usianya 9 bulan. Namun, bayi lain baru bisa melakukan hal yang sama ketika usianya menginjak 2 tahun. Dan memang pada kenyataannya perkembangan bahasa bayi yang satu dengan bayi yang lainnya tidak sama. Meskipun sudah berusia 9 bulan tetapi bayi anda belum bisa berbicara atau menyebut kata “mama”, sebaiknya anda jangan khawatir karena anda bisa melatihnya untuk bisa berbicara.

Cara Melatih Bayi Bicara

Cara Melatih Bayi Bicara

Sering Ajak Bayi Berbicara

Anda bisa mengajak bayi anda berbicara lebih sering. Mengajak bayi bicara sejak dini akan membuat si kecil terangsang untuk berbicara. Ketika bericara, bicaralah dengan menggunakan bahasa dan suara yang lembut. Pasalnya, bayi cenderung lebih menyukai suara lembut dan ia akan merasa nyaman mendengarnya. Selain itu, disarankan untuk berbicara secara perlahan pada si kecil dengan kata kata yang diucapkan jelas. Ketika mengajaknya berbicara jangan lupa untuk melakukan kontak mata dengan si kecil. Gunakan juga kalimat yang sederhana sehingga si kecil mudah paham.

Matikan Televisi dan Radio

Ketika anda sedang bermain atau melatih bayi anda berbicara, sebaiknya matikan radio atau televisi. Pasalnya, radio dan televisi akan membuat konsentrasinya menjadi kacau.

Ajukan Pertanyaan

Mengajukan pertanyaan bisa anda lakukan sebagai cara melatih bayi bicara. Anda bisa mengajukan pertanyaan yang dapat memancing jawaban lebih dari satu suku kata. Meskipun mungkin jawaban yang dilontarkannya tidak jelas, tetapi sebagai orang tua yang bijak anda tetap harus menghargai dan menunggu responnya. Jangan pernah memaksa si kecil untuk merespon jawaban anda, karena itu akan membuatnya tertekan sehingga ia tidak mau lagi diajak berbicara.

Ajak Bayi Anda Bermain

Anda bisa mengajari bayi anda berbicara melalui permainan. Seperti misalkan, bermain ciluk ba dan tebak-tebakan. Selain itu, anda bisa melatihnya melalui kegiatan sehari-hari seperti makan, mandi, jalan-jalan dan lain sebagainya.

Ulangi Apa yang Dikatakan

Ketika bayi anda mengatakan sesuatu, cobalah untuk mengulangi apa yang dikatakannya tersebut. Hal ini dilakukan untuk memperjelas makna dari kata-kata yang diucapkannya. Hindari menyalahkan apa yang mereka katakan. Meskipun apa yang diucapkannya salah, anda bisa mengulanginya dengan kata yang benar.

Hindari Bicara Kasar

Sebaiknya, hindari berbicara kasar atau buruk di depan bayi anda. Apa yang orang tua atau orang-orang di sekitarnya ucapkan akan tersimpan di dalam memori otaknya. Bahkan kemungkinan besar kata-kata buruk tersebut akan ia tiru suatu saat nanti.

Beri Perhatian Saat Bayi Berbicara

Bayi anda mungkin akan mengeluarkan kata-kata yang kurang jelas, bahkan ia akan mengoceh sendiri. Ketika hal itu dilakukan, anda bisa memberikan perhatian kepadanya. Lakukan kontak mata dengannya seolah-olah anda mengerti apa yang diucapkan oleh bayi anda. Hal ini dilakukan untuk membuatnya senang berbicara. Sehingga ia akan suka mengoceh hingga kemampuan bicaranya semakin berkembang. Usahakan untuk memberikan tanggapan pada ocehan si kecil. Hal yang harus selalu anda ingat, tanggapi dengan kata-kata dan bahasa yang sopan serta jelas.

Kenalkan Bayi Pada Dirinya dan Benda yang Ada di Sekitarnya

Anda bisa mengenalkan bayi anda pada dirinya sendirinya. Tunjukan bagian-bagian tubuhnya dengan menyebutkan namanya. Selain itu, anda juga bisa mengenalkan keluarga yang ada di sekitar serta benda-benda yang ada di rumah. Tidak hanya itu, ketika anda sedang melakukan kegaiatan tertentu, anda bisa menceritakannya pada si kecil.

Putarkan Lagu Anak dan Bacakan Buku Cerita

Memutarkan lagu anak-anak sambil mengajaknya bernanyi bisa anda lakukan sebagai cara melatih bayi bicara. Akan lebih baik jika anda bernanyi sambil bertepuk tangan. Selain itu, anda bisa membacakan buku cerita. Pilih buku cerita anak-anak yang memiliki gambar menarik dan berwarna-warni. Karena buku cerita seperti ini akan membuatnya semakin tertarik.

Ulangi Lain Waktu Ketika Ia Tidak Merespon

Ketika anda mengajak si kecil berbicara, anda bisa melihat langsung responnya. Jika responnya positif dan terus memperhatikan anda, maka anda bisa terus melatihnya berbicara. Namun, apabila fokusnya teralihkan oleh hal-hal lain yang ada di sekitarnya, usahakan untuk tidak memaksanya. Anda bisa melatihnya kembali di lain waktu, karena mungkin saja bayi anda sudah mulai merasa bosan.

Intinya, cara melatih bayi bicara yaitu anda harus sering mengajaknya bicara. Semakin banyak stimulasi yang anda berikan maka semakin cepat ia mengembangkan kemampuan bicaranya. Jangan pernah merasa bosan melatihnya berbicara dan tetap sabar meskipun terkadang ia menolak.

Apabila perkembangan bicara si kecil menunjukan keterlambatan padahal sudah waktunya ia bisa berbicara, mungkin si kecil mengalami masalah perkembangan lainnya atau ada gangguan dalam pendengarannya. Untuk mengatasinya, anda bisa segera konsultasi dengan dokter agar si kecil segera mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang lebih lanjut.