Home » Bayi Baru Lahir » Cara Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir

Cara Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir

Cara Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir – Bayi baru lahir mungkin masih banyak menghabiskan sebagian besar waktunya tertidur. Akan tetapi, guna mempersiapkan kemampuan berbicaranya, sebaiknya ajak mereka untuk mulai berbicara. Berikut adalah cara yang bisa anda aplikasikan.

Menjadi orang tua tentu merupakan hal yang sangat menarik dan cukup banyak diharapkan oleh hampir setiap orang. Betapa tidak, kehidupan berumah tangga bersama dengan pasangan, tentu kurang lengkap rasanya bila kehadiran si buah hati belum kunjung tiba. Untuk itulah, menjadi orangtua bisa mungkin menjadi kebahagiaan besar yang dirasakan bersama dengan pasangan.

Akhirnya masa-masa menegangkan dari proses persalinan sudah bisa dilalui dengan baik. Untuk pertama kalinya anda akan dapat merasakan bayi mungil anda dalam pelukan. Rasa lelah dan perjuangan yang dialami dimeja persalinan akhirnya terbayar sudah saat anda mengetahui bayi anda lahir dengan selamat dan dalam keadaan yang sempurna. Saat inilah, nafas yang lega dan perasaan bahagia akan mungkin menyelimuti anda bersama dengan pasangan.

Nah, selepas melahirkan dan setelah beberapa hari menghabiskan waktu bersama dengan si kecil dirumah. Ibu akan dihadapkan pada banyak kegiatan mengurus dan membesarkan bayi baru lahir. Tentunya bukan hal mudah untuk anda mendidik dan membesarkan si buah hati. Apalagi jika anda adalah seorang ibu baru yang belum terlalu memiliki pengalaman. Akan tetapi, jangan merasa khawatir sebab perlahan namun pasti anda akan belajar bagaimana mengurus dan mendidik si kecil.

Cara Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir

Jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan orang lain saat anda merasa belum terlalu percaya diri dalam mengurus bayi baru lahir anda. Mintalah bantuan ibu atau kakak anda yang sudah memiliki anak. Sambil meminta bantuan anda pun bisa perlahan berlajar sehingga pada akhirnya anda akan dapat melakukan kegiatan tersebut dengan lebih mandiri.

Ya, melibatkan oranglain dalam kegiatan mengurus bayi baru lahir memang tidak ada salahnya. Selama hal ini dijadikan media untuk anda bisa belajar lebih banyak maka hal ini sah-sah saja dilakukan. Selain itu, kegiatan mengurus bayi baru lahir tentunya tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Hal ini dikarenakan tubuh bayi baru lahir masihlah begitu rapuh sehingga kesalahan sedikit saja yang dilakukan akan mungkin membahayakan keselamatannya.

Diperlukan kehati-hatian dan ketelitian dalam hal menangani bayi baru lahir. Sehingga demikian, bila anda merasa khawatir dan merasa belum menguasai kegiatan yang satu ini. Maka tak perlu sungkan untuk meminta bantuan orang lain yang bisa anda percaya.

Nah, selain disibukkan dengan kegiatan mengurus anak. Orangtua dari bayi baru lahir juga penting sekali untuk senantiasa mempu menjalin komunikasi yang baik dengan bayinya. Hal ini merupakan satu dari sekian banyak tanggung jawab penting yang perlu dilakukaan oleh orangtua guna mengasah kecerdasan si kecil. Selain itu, komunikasi yang terjadi dengan baik bersama dengan si buah hati akan menjadi bakal untuk mempersiapkan kemampuan bicaranya dengan baik.

Sayangnya, tidak sedikit orangtua yang meremehkan memberikan stimulasi yang satu ini. Banyak diantara mereka menganggap bahwa bayi baru lahir masihlah terlalu dini untuk mengerti banyak hal. Selain itu, hari-harinya lebih banyak dihabiskan untuk tertidur sehingga rasanya tidak perlu melalukan hal ini.

Akan tetapi, kegiatan yang satu ini tentu saja keliru. Bagaimana pun mengajak bayi berbicara adalah hal yang perlu untuk dilakukan. Nah, agar anda mengetahui bagaimana cara yang baik untuk mengajak bayi berbicara maka simak beberapa hal dibawah ini.

Cara Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir

Mungkin akan sulit rasanya mengajak bayi baru lahir untuk berkomunikasi. Apalagi mengingat usianya yang masih begitu kecil membuat mereka akan sulit memahami segala hal yang kita sampaikan. Akan tetapi, tetap saja kegiatan yang satu ini penting dilakukan bersama buah hati anda guna mengasah kecerdasannya dengan baik. Berikut ini adalah cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir yang dapat dilakukan dengan sederhana.

Tersenyum Padanya dengan Penuh Perhatian

Hal pertama dari mengetahui cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir adalah dengan tersenyum padanya. Bayi memang masih belum dapat mengerti bayak hal. Akan tetapi, ia akan dapat menangkap emosi yang sedang anda rasakan meskipun mereka tak mengerti apa yang anda katakan. Untuk itulah, pada saat anda berusaha menjalin komunikasi dengan mereka. Maka cobalah untuk memberikan senyuman dengan penuh perhatian.

Anda bisa menunjukan senyuman anda saat mereka sedang terjaga, seperti bermain, menyusui atau saat memandikannya. Tak perlu khawatir, sebab pada saat ini bayi anda akan berusaha meresponnya. Bila anda beruntung si kecil akan kembali menyunggingkan bibirkan dan memberikan anda gerakan senyum kecil.

Untuk itu, berikanlah bayi baru lahir anda sebuah senyuman yang penuh dengan perhatian. Dengan begini buah hati anda pun akan dapat memberikan respon yang positif pada apa yang anda lakukan.

Mengajak Si Kecil Berbicara

Cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir selanjutnya adalah dengan mengajak si kecil mengobrol. Mungkin akan terasa canggung untuk anda pada saat mengajak mereka mengorol namun tak diberikan respon. Akan tetapi, tidak ada salahnya melakukan hal ini.

Anda bisa membayangkan seolah bayi anda sudah anak-anak. Dan ajak mereka mengobrol seperti mereka sudah mengerti apa yang anda sampaikan. Dengan mempraktikan hal ini si bayi baru lahir akan dapat lebih cepat dalam mengingat dan mampu merasakan apa yang anda katakan.

Selain itu, kegiatan yang satu inipun akan dapat dilakukan agar si kecil lebih mudah mengenali suara anda ibunya. Jadi demikian. jangan sungkan untuk mulai mengajak buah cinta anda mengobrol tentang banyak hal.

Sering-Seringlah Berbicara Pada Bayi Anda

Meskipun si buah hati belum dapat melihat dengan jelas pada usia ini. Akan tetapi, sebuah penelitian membuktikan bahwa indera pendengaran si kecil sudah mulai bekerja dengan peralahan. Mereka sangat mencintai suara anda sebagai orangtuanya, terutama suara ibunya. Untuk itu, sering-seringlah mengajak ngobrol buah hati anda dan mengajak mereka berbicara. Bahkan, anda juga sudah mulai dapat memperkenalkan si kecil pada beberapa kosakata sederhana.

Tidak ada salahnya mulai mengatakan “ma-ma”, atau “pa-pa” pada buah hati anda. Ia memang belum mengerti banyak apa yang anda sampaikan. Namun sebuah penelitian menunjukan bahwa bayi yang sering diajak berkomunikasi sejak mereka dini menunjukan peningkatan kecerdasan dibandingkan mereka yang tidak.

Jadi demikian meskipun seringkali kita menganggap si kecil belum mengerti banyak hal. Akan tetapi, tetap saja mengajak si kecil berkomunikasi meski saat ia baru lahir adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Demikianlah yang dapat disampaikan dari cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir. Semoga hal ini bermanfaat dan dapat anda praktikan dirumah dengan mudah. Yang terpenting adalah jadikan hal ini kebiasaan agar anda tak merasakan hal ini sebagai beban.