Home » Perawatan Bayi » Cara Atasi Hidung Bayi Tersumbat Secara Alami

Cara Atasi Hidung Bayi Tersumbat Secara Alami

Hidung tersumbat pada bayi akan menyebabkan si kecil rewel dan sulit tidur karena pernafasannya terganggu. Ini merupakan cara atasi hidung bayi tersumbat dengan mudah dan alami yang bisa anda lakukan di rumah.

Bayi memiliki sistem imun yang masih lemah, sehingga dengan begitu ia rentan terhadap masalah kesehatan. Dimana salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh bayi yaitu pilek atau influenza. Pilek atau influenza merupakan masalah kesehatan yang terbilang ringan, itupun jika terjadi pada orang dewasa. Akan tetapi jika pilek atau influenza dialami oleh bayi, maka keadaan ini akan nampak lebih parah.

Ketika mengalami pilek atau influenza, bayi cenderung mengalami sumbatan pada hidungnya sehingga ia akan kesulitan untuk bernafas. Bahkan keadaan ini akan semakin bertambah parah karena bayi masih belum bisa mengeluarkan lendirnya sendiri. Keadaan seperti ini tentunya akan membuat orang tua panik, terlebih lagi jika tidak mengetahui cara atasi hidung tersumbat pada bayi.

Cara Atasi Hidung Bayi Tersumbat

Terdapat beberapa cara atasi hidung bayi tersumbat. Dimana cara ini bisa dilakukan dengan melakukan perawatan sederhana di rumah. Berikut ini cara umum yang sering dilakukan untuk mengatasi hidung bayi tersumbat.

Cara Atasi Hidung Bayi Tersumbat

Hangatkan Tubuh Bayi

Cara atasi hidung bayi tersumbat yaitu dengan memberikan kehangatan pada si kecil. Keadaan ini akan membuat pernafasan bayi anda menjadi lebih lega dan bayi akan merasa lebih nyaman. Ketika pagi hari, anda bisa memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat dan cara memandikan bayi yang benar. Setelahnya jemur si kecil di bawah sinar matahari pagi dengan panduan menjemur bayi yang tepat. Cara seperti ini akan membuat tubuhnya hangat dan nyaman, serta membantu mengurangi hidungnya yang tersumbat.

Pada saat si kecil tidur, anda bisa mengatur suhu ruangan atau suhu kamar tempat bayi anda tidur. Sebaiknya hindari penggunaan AC, karena suhu rendah AC justru akan memperparah keadaan hidung bayi anda. Sebelum tidur, anda bisa mengoleskan minyak telon pada perutnya, area dada dan punggung si kecil. Jika perlu, anda bisa mengiringinya dengan pijatan lembut.

Penguapan Alami

Penguapan atau inhalasi bisa anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Inhalasi atau penguapan ini bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan alami. Caranya yaitu, berikan uap panas yang sudah ditetesi dengan minyak telon. Cara melakukannya pun mudah, siapkan ember kecil dan letakan ember kecil yang sudah diisi air panas dan ditetesi minyak telon dipojokan kamar. Uap air panas tersebut akan dihirup oleh si kecil dan akan membantu melegakan keadaan hidungnya yang tersumbat.

Selain itu, anda juga bisa menggendong si kecil dan posisikan ia telungkup di atas ke dua tangan anda. Kemudian dekatkan wajah bayi anda di atas ember tersebut, karena dengan seperti itu akan membantu si kecil menghirup uap yang dihasilkan.

Atur Posisi Tidur

Mengatur posisi tidur bayi ketika ia mengalami sumbatan pada hidungnya menjadi salah satu cara atasi hidung bayi tersumbat yang paling sederhana dan mudah. Dengan mengatur posisi tidur bayi maka akan membantu melegakan sistem pernafasannya. Ketika tidur anda bisa memiringkan tubuh bayi anda. Apabila bagian hidung kiri si kecil yang tersumbat, anda bisa memiringkan si kecil ke sebalah kanan. Apabila hidung kanan yang tersumbat, miringkan si kecil ke arah kiri. Akan tetapi anda tetap harus memperhatikan posisi kepalanya. Usahakan posisi kepala lebih tinggi dari posisi badan si kecil.

Pijat Lembut Hidung Bayi

Memijat lembut hidung bayi juga bisa menjadi cara atasi hidung bayi tersumbat yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Pijat hidung bayi anda dengan lembut atau tepatnya di area atas hidung dan alis. Anda bisa mengoleskan sedikit minyak telon. Cara ini akan membantu meringankan dan melegakan hidung si kecil yang tersumbat. Agar lendir yang berada di dalam hidung si kecil keluar, anda bisa menekannya dengan lembut menggunakan cotton bud atau sapu tangan di area lubang hidung bayi. Akan tetapi dalam melakukan hal ini anda harus lebih berhati-hati. Sebaiknya gunakan sapu tangan yang terbuat dari bahan lembut agar tidak menyakiti si kecil, hindari pula memasukan cotton bud terlalu dalam pada hidungnya.

Gunakan Penyedot Ingus

Apabila lendir atau ingus si kecil masih belum keluar atau bahkan semakin menyumbat pernafasannya, anda bisa mengatasinya atau mengeluarkan ingus yang mengganggu pernafasannya tersebut dengan menggunakan alat khusus untuk menyedot ingus. Alat khusus penyedot ingus ini dijual diapotik. Bentuknya berupa botol karet berukuran kecil yang dilengkapi dengan ujung plastik yang berfungsi sebagai penyedot ingus.

Sebelum anda menggunakan alat ini untuk menyedot ingus si kecil, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu bagian ujung plastik yang akan dimasukan ke dalam lubang hidung. Hal yang harus anda ingat yaitu jangan memasukan penyedot ingus tersebut terlalu dalam. Ketika melakukannya anda harus lebih berhati-hati agar iritasi tidak terjadi pada hidung si kecil. Hindari juga menyedot ingus bayi dengan cara oral melalui mulut si kecil. Karena cara ini justru akan membuat bakteri masuk ke dalam hidung bayi anda.

Itulah beberapa cara atasi hidung bayi tersumbat yang bisa anda lakukan. Apabila keadaan hidung yang tersumbat semakin parah atau bahkan si kecil sering menangis karena mengalami kesulitan ketika bernafas, maka segeralah bawa ia pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.