Home » Perawatan Bayi » Cara Ajari Bayi Tersenyum

Cara Ajari Bayi Tersenyum

Mengajari bayi tersenyum bisa anda lakukan sejak dini. Stimulasi melalui permainan bisa anda lakukan sebagai cara ajari bayi tersenyum.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal dipicu karena stimulasi tepat yang dilakukan sesuai dengan usia bayi. Memberikan stimulasi pada bayi sesuai dengan usia mampu menunjang tumbuh kembang bayi secara maksimal, selain itu juga mampu mendeteksi kelainan yang mungkin akan terjadi pada bayi sejak dini. Dalam memberikan stimulasi pada bayi, anda bisa menstimulasinya dengan cara yang menyenangkan agar si kecil senang terhadap stimulasi yang anda berikan. Pemberian stimulasi sejak dini mampu membuat tumbuh kembang bayi anda menjadi lebih baik dan maksimal. Oleh karena itu, penting menemukan stimulasi yang tepat sesuai dengan usia bayi.

Perkembangan antara bayi yang satu dengan bayi yang lainnya tidak sama, begitu pula dengan bayi anda. Anda jangan merasa khawatir karena keadaan ini merupakan keadaan wajar yang terpenting tumbuh kembang yang diperlihatkan oleh bayi anda tidak mengalami keterlambatan sesuai dengan waktu normal.

Cara Ajari Bayi Tersenyum

Cara stimulasi bayi bisa anda lakukan sesuai dengan tumbuh kembang bayi anda, dimana salah satunya yaitu menstimulasi ia sebagai langkah untuk mengajarinya tersenyum. Cara ajari bayi tersenyum dilakukan dengan stimulasi sesuai dengan usianya.

Ketika si kecil sudah mulai bisa tersenyum, bahagia yang tidak terkira tentunya akan anda rasakan. Senyumnya yang manis dan menggemaskan akan membuat anda semakin jatuh cinta pada buah hati anda. Oleh karena itu, penting mengajari bayi tersenyum sejak dini.

Umumnya bayi mampu merekam apa yang ia lihat di sekitar atau di lingkungannya, sehingga dengan begitu bayi akan berupaya untuk menirukan yang dilakukan di sekelilingnya. Interaksi bayi akan dimulai ketika ia meniru apa yang dilihat dari orang-orang yang berada di sekitarnya, salah satunya yaitu tersenyum. Bayi baru lahir bisa menunjukan senyuman yang begitu manis. Akan tetapi, senyuman yang ditunjukannya adalah senyuman refleks.

Senyum refleks yang terjadi pada bayi baru lahir itu sendiri merupakan senyuman yang terjadi karena gerakannya mendominasi gerak si kecil. Gerakan refleks merupakan gerakan yang spesifik dan otomatis yang berasal dari rangsangan luar. Dalam perkembangan selanjutnya, gerakan refleks ini akan membantu bayi. Senyuman yang terjadi karena gerakan refleks ini akan muncul hingga usia bayi 2 bulan. Senyuman refleks pun akan terjadi ketika bayi sedang tidur. Untuk senyuman pada tahap selanjutnya yaitu senyuman sosial. Senyuman sosial merupakan senyuman sebagai cara bayi berkomunikasi dengan lingkungan di sekitarnya. Anda bisa mengajari bayi untuk tersenyum dan tertawa. Beberapa stimulasi permainan bisa membantu bayi belajar tertawa. Berikut ini strategi khusus ajari bayi tersenyum dengan permainan.

Cara Ajari Bayi Tersenyum

Permainan Cilukba

Mainan bayi pertama yang bisa anda lakukan untuk mengajari bayi tersenyum yaitu permainan cilukba. Permainan cilukba itu sendiri bukanlah sebuah permainan baru. Dari dulu hingga sekarang permainan ini sering dimainkan untuk menghibur bayi. Ketika melakukan permainan ini anda bisa membuka tutup wajah dengan menggunakan kain atau selimut bayi. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan tangan untuk menutup wajah anda. Permainan ini akan merangsang bayi untuk tersenyum.

Naik Turun

Ajak bayi anda untuk melakukan permainan naik turun. Caranya yaitu, gendong bayi anda dan ayunkan ia ke kiri dan ke samping. Ingat, ketika melakukannya disarankan untuk berhati-hati dan jangan terlalu keras. Cukup ayunkan dengan lembut dan pelan-pelan saja. Selain itu, anda bisa menyelingi gerakan ini dengan berjongkok dan berdiri kembali. Agar permainan ini lebih menyenangkan dan membuat si kecil gembira, anda bisa mengiringinya dengan menggunakan lagu anak-anak yang disukainya.

Suara Aneh

Ketika mendengar suara aneh biasanya perhatian si kecil langsung teralihkan. Cobalah untuk mengeluarkan suara aneh sebagai cara ajari bayi tersenyum. Suara aneh ini bisa melalui cerita atau nyanyian. Agar si kecil lebih gembira anda bisa mengiringinya dengan ekspresi yang lucu dan ceria. Lakukan permainan ini sehingga si kecil merasa senang dan bahagia. Dengan permainan ini bayi anda akan mengenal suara sehingga akan membuatnya mudah tersenyum.

Bermain Boneka

Boneka merupakan salah satu mainan bayi yang bisa anda manfaatkan sebagai cara ajari bayi tersenyum. Boneka umumnya dimainkan oleh bayi perempuan. Anda bisa memainkan boneka bersama si kecil. Ambil boneka dan mainkan dihadapannya. Anda bisa membuat boneka tersebut seolah-olah sedang berbicara dengan bayi anda. Jika anda merasa kesulitan, anda bisa mengiringinya dengan cerita yang menarik. Selain itu, anda bisa menggerakan boneka dengan gerakan lucu yang membuat bayi anda bahagia sehingga tersenyum. Selain itu, anda sesekali bisa menggoda bayi anda dengan cara menggelitik atau menggigitnya menggunakan boneka yang anda mainkan.

Dengan demikian, permainan-permainan tersebut akan lebih menarik dimainkan bersama si kecil. Selain itu permainan tersebut juga bermanfaat sebagai stimulasi untuk membuatnya tersenyum Senyuman yang dipancarkan oleh bayi anda akan membuat anda lebih bahagia. Kelelahan yang anda rasakan akan terhapus sudah oleh senyumannya yang manis dan anda akan semakin bersemangat untuk merawat bayi dan memberikan semua yang terbaik untuknya.