Home » Makanan Bayi » Bahan Makanan Untuk MPASI Bayi yang Disarankan

Bahan Makanan Untuk MPASI Bayi yang Disarankan

Memilih bahan makanan untuk MPASI bayi harus dilakukan dengan teliti. Pilihlah bahan makanan yang sehat. Terdapat beberapa bahan makanan yang disarankan untuk MPASI bayi.

MPASI atau makanan pendamping ASI mulai dikenalkan pada bayi saat usia bayi 6 bulan. Sebelum mengenal MPASI, satu satunya makanan bayi hanyalah ASI. ASI memiliki banyak manfaat, di dalam ASI terkandung nutrisi dan gizi komplit yang dibutuhkan oleh bayi.

Pemberian MPASI pertama kali dilakukan dengan pengenalan terlebih dahulu, karena bayi belum terbiasa dengan makanan selain ASI. Bayi membutuhkan adaptasi untuk mengenal makanan yang ia rasa baru di lidahnya.

Bahan Makanan Untuk MPASI

Pengenalan makanan pendamping ASI atau MPASI itu sendiri harus dilakukan dengan teliti dan cermat oleh orang tua. Makanan yang diberikan bukanlah makanan padat seperti yang dikonsumsi oleh orang dewasa. Dimana MPASI untuk bayi harus memiliki tekstur yang sesuai dengan bayi dan mudah dicerna.

Pemilihan MPASI harus ibu perhatikan, tidak semua bahan makanan dapat dijadikan sebagai MPASI bayi. Beberapa bahan makanan disarankan untuk dikenalkan lebih awal pada bayi. Alasannya, bahan makanan tersebut mudah dicerna, memiliki rasa yang enak, tidak menyebabkan alergi dan cocok menjadi bahan MPASI bayi yang sehat.

Berikut ini bahan makanan untuk MPASI yang sehat dan disarankan.

Bahan Makanan Untuk MPASI Bayi

Sumber Karbohidrat atau Serealia

Bahan makanan untuk MPASI bayi yang bersumber dari serealia dan disarankan untuk diperkenalkan pertama kali pada bayi saat usia bayi 6 bulan yaitu beras putih, tepung maizena dan beras merah. Bahan makanan untuk MPASI bayi ini tidak akan menyebabkan alergi pada bayi. Selain itu, bahan makanan yang menjadi sumber karbohidrat untuk bayi ini memiliki kelebihan. Dimana bahan makanan ini mengandung asam amino yang tinggi dan bermanfaat dalam pembentukan jaringan tubuh bayi. Karena seperti itu, bahan makanan ini menjadi pilihan yang tepat dalam pembuatan MPASI untuk bayi.
Selain itu, pilihan bahan makanan untuk MPASI bayi yang lainnya yaitu havermut. Havermut selain menjadi sumber karbohidrat juga kaya akan serat. Kandungan serat pada bahan makanan ini dapat mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi. Untuk gandum, bahan makanan ini dapat diberikan pada bayi saat usianya 7 bulan.

Sumber Protein Nabati

Bahan makanan untuk MPASI bayi sebagai sumber protein nabati yang disarankan yakni kacang-kacangan. Pasalnya, bahan makanan ini tinggi akan protein dan serat. Selain itu, kacang-kacangan dapat membuat MPASI menjadi lebih manis dan gurih.

Untuk perkenalan MPASI pada usia 6 bulan, kacang-kacangan yang bisa diberikan yaitu kacang hijau yang diolah dengan cara dihaluskan terlebih dahulu, dibuat tepung atau bubur kacang hijau. Serat yang terkandung dalam kacang hijau sedikit, sehingga akan mudah dicerna oleh pencernaan bayi. Selain itu, kacang hijau juga tidak akan menyebabkan perut bayi menjadi kembung.

Sumber protein nabati lainnya yang disarankan yaitu kacang kedelai. Dimana pemberian makanan berbahan dasar kedelai ini bisa diberikan saat usia bayi 7 bulan. Asam amino yang terdapat pada kedelai lebih baik dibandingkan dengan sumber protein yang lainnya. Konsumsi kacang kedelai untuk MPASI disarankan dalam bentuk tahu atau tempe.

Sumber Protein Hewani

Untuk bahan makanan sumber protein hewani yang disarankan di antaranya yaitu daging ayam, daging sapi dan ikan.

Daging ayam bisa dikenalkan pada bayi saat usianya 7 bulan, dengan syarat harus dihaluskan bersama dengan MPASI. Daging ayam memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit.

Daging sapi juga dikenalkan pada bayi melalui MPASI ketika usia bayi 7 bulan, itupun hanya dalam bentuk kaldu. Daging sapi mengandung tinggi zat besi yang mudah dicerna oleh tubuh.

MPASI yang dicampur dengan ikan untuk pertama kalinya diperkenalkan pada bayi saat usianya 9 bulan. Ini dilakukan guna menghindari terjadinya reaksi alergi pada bayi. Ikan tinggi akan asam lemak omega 3, dimana kandungan ini baik untuk pembentukan otak bayi. Salah satu ikan yang dipilih yaitu ikan salmon.

Sumber Mineral dan Vitamin

Bahan makanan untuk MPASI bayi sebagai sumber mineral dan vitamin yaitu buah-buahan.

Sayuran

Sayuran yang disarankan dikenalkan pada bayi saat usianya 6 bulan yaitu wortel karena sayuran ini mudah dicerna, serta kaya akan vitamin A yang baik untuk mata bayi dan sebagai antioksidan.
Bayam disarankan diberikan pada bayi saat usia bayi 7 bulan. Bayam kaya akan zat besi dan serat yang terkandung di dalamnya mudah dicerna.

Saat usia bayi 9 bulan, sayuran yang bisa diberikan pada bayi sebagai finger food yaitu brokoli. Cara mengolah brokoli untuk bayi yaitu direbus hingga lunak. Brokoli adalah bahan makanan yang kaya akan serat, asam folat dan kalsium.

Sayuran lainnya yang dapat dikenalkan pada bayi yaitu bayam hijau, bayam merah, zukini dan lain sebagainya.

Buah-Buahan

Buah-buahan yang disarankan untuk dikenalkan lebih awal pada bayi yaitu pisang, pepaya dan alpukat. Semua buah tersebut mudah dicerna oleh pencernaan bayi saat usianya 6 bulan.

Buah-buahan yang lainnya yang disarankan untuk MPASI bayi adalah jeruk. Untuk MPASI bayi usia 6 bulan jeruk yang diberikan yaitu jeruk baby yang sudah diperas dan diambil sarinya, serta rasanya harus manis.