Home » Perawatan Bayi » Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Sulit Makan?

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Sulit Makan?

Bayi sulit makan merupakan keadaan yang sering dialami ibu. Jangan biarkan! Agar kebutuhan nutrisi hariannya tercukupi, segera atasi kedaan ini dengan cara mengatasi bayi sulit makan yang tepat.

Setelah menginjak usia 6 bulan, asupan bayi tidak hanya ASI saja, melainkan pada usia itu ia sudah mulai diperkenalkan pada makanan pendamping ASI atau MPASI. Ketika mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI, biasanya ibu sangat antusias. Sebisa mungkin seorang ibu akan menyiapkan makanan terbaik. Makanan tersebut merupakan makanan sehat yang mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang untuk buah hati tercintanya.

Akan tetapi, terkadang beberapa kendala datang ketika memberi makan bayi. Dimana salah satu masalah yang sering dialami dan membuat ibu kesal yaitu bayi sulit makan. Ketika bayi sulit makan, ia cenderung menolak makanan yang diberikan oleh ibunya. Penyebabnya pun bermacam-macam, yang mana salah satunya yaitu karena nafsu makannya menurun atau terdapat kesalahan pada menu makanan yang disiapkan oleh ibunya.

Mengatasi bayi sulit makan

Mengetahui keadaan bayi seperti ini, sebagai seorang ibu anda tentunya akan merasa khawatir dan cemas. Nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya tidak akan terpenuhi.
Keadaan seperti ini tidak hanya dialami oleh satu atau dua orang ibu saja. Banyak ibu yang mengalami keadaan sama ketika memberikan makan buah hatinya. Sehingga dengan begitu, penting untuk mengetahui cara mengatasi bayi sulit makan demi kesehatan dan mengoptimalkan tumbuh kembang dari asupan makanan yang diterimanya. Berikut ini cara mengatasi bayi sulit makan.

Cara Mengatasi Bayi Sulit Makan

Buat Variasi Makanan

Bayi sulit makan mungkin disebabkan karena ia merasa bosan pada menu makanan itu-itu saja yang ia terima. Oleh karena itu, untuk mengatasinya anda bisa membuat menu makanan yang lebih bervariasi untuk si kecil. Buatlah menu yang berbeda tiap harinya, akan tetapi anda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi dan gizi pada makanan tersebut.

Selain makanan yang bervariasi, anda juga bisa menuangkan ide kreatif ketika menyajikan menu makanan untuk si kecil. Cobalah hias atau bentuk makanan tersebut sehingga si kecil merasa senang dan antusias.

Apabila bayi anda tetap sulit makan, selama itu anda bisa memberikan makanan yang selama ini ia sukai.

Kenali Cara Makan yang Disukai Bayi

Setiap anak memiliki cara makan yang berbeda-beda. Sebagai cara untuk mengatasi bayi sulit makan, anda bisa mengenali cara makan yang ia sukai. Cobalah untuk beri si kecil makan dengan cara yang paling disukai seperti misalkan menggendongnya, mengajaknya jalan-jalan, duduk di kursi makan atau lain sebagainya.

Bujuk Bayi Anda dengan Cara Menyenangkan

Apabila ia tetap sulit makan, maka anda bisa membujuknya dengan cara yang menyenangkan. Lantas seperti apa cara membujuk agar mau makan? Berikut ini penjelasannya.

  • Manfaatkan Mainan

Cobalah untuk memanfaatkan mainan bayi anda. Anda bisa memposisikan bayi anda di kursi makan khusus bayi. Kemudian, simpan mainan di atas meja makan tersebut. Pada saat bayi anda sudah bosan pada mainannya, maka anda harus menggantinya dengan mainan yang lain. Biasanya mainan yang lebih mudah menarik perhatian yaitu mainan berbunyi. Ketika si kecil sedang asyik memainkan mainan tersebut dan ia dalam keadaan lengah, maka ia akan lebih mudah membuka mulut ketika sendok ditempelkan pada mulutnya.

  • Tayangkan Film Kartun

Beragam tokoh kartun yang terdapat pada film biasanya sangat menarik perhatian bayi. Anda bisa mencoba menayangkan film tersebut ketika si kecil makan. Ketika ia menikmati film tersebut, ia akan lebih mudah membuka mulutnya ketika sendok didekatkan pada bibirnya.

  • Tepuk Tangan

Bayi akan merasa senang ketika orang-orang di sekitarnya bertepuk tangan untuknya. Cara ini bisa anda lakukan untuk membujuknya agar ia mau makan. Setelah makanan masuk ke dalam mulutnya, anda bisa memberikan tepuk tangan untuk si kecil. Dengan seperti itu ia akan merasa senang dan siap menerima makanan selanjutnya.

  • Gunakan Sendok yang Berbeda

Biasanya si kecil tertarik pada benda-benda dengan warna yang cantik. Untuk membuatnya mudah makan, anda bisa mengganti sendok setiap kali ia makan. Ini dilakukan agar ia tertarik pada sendok makannya yang baru.

  • Makan Bersama

Nafsu makan bayi biasanya akan tergugah ketika melihat orang-orang di sekitarnya makan. Oleh karena itu, anda bisa mengajaknya makan bersama anggota keluarga lainnya. Jika tidak, anda bisa meminta bantuan orang lain untuk makan dihadapannya.

Beri Makan Setelah Mandi

Air hangat yang digunakan untuk mandi membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, juga akan memicu rasa lapar. Meskipun beberapa ibu lebih senang menyuapi anaknya makan sebelum mandi, tetapi tidak ada salahnya jika anda menyuapi si kecil setelah selesai makan. Sehingga ia yang sulit makan akan lebih bernafsu.

Berikan Air Putih

Terkadang beberapa bayi sering menutup mulutnya setelah diberi suapan. Jika seperti ini, anda bisa menawarkannya minum dengan air putih sedikit saja, kemudian berikan kembali suapan makanan berikutnya.

Suapi dengan Menggunakan Tangan

Menyuapi menggunakan tangan biasanya akan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan sendok. Oleh karena itu, anda bisa mencoba menyuapi si kecil dengan tangan, akan tetapi disesuaikan dengan menu makanan yang akan anda berikan. Perhatikan pula kebersihan tangan anda sebelum menyuapinya.

Tetap Sabar

Terkadang ibu merasa gemas dan kesal ketika anaknya sulit makan. Namun, meskipun begitu jangan memaksanya apalagi sampai ia menolak dengan menangis. Sabarlah dan coba beri makan ia pada selang waktu berikutnya.