Home » Bayi Baru Lahir » Aturan Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Aturan Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Aturan Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir adalah hal penting untuk diperhatikan guna menjaga kesehatan dan keselamatan bayi.

Mendengar kabar sahabat atau kerabat yang baru saja melahirkan tentu akan sangat menggembirakan. Betapa tidak, waktu yang banyak dihabiskan bersama dengan mereka tak jarang membuat ikatan persaudaraan menjadi lebih erat. Untuk itulah, mulai dari kabar kehamilan sampai dengan berita melahirkan tentu menjadi kebahagiaan besar untuk kita semua. Setelah mendengar kabar ini anda pun lantas berinisiatif untuk menjenguk kelahiran sang bayi.

Meskipun anda belum memiliki anak, namun tidak ada salahnya ikut terlibat dalam suka cita momen ini.
Ya, mengunjungi kerabat yang melahirkan memang telah menjadi tradisi yang umum. Selain ikut menyemarakan kebahagiaan yang dirasakan. Tak jarang, hal ini pun membuat kita penasaran ingin melihat seperti apa wajah mungil dari si bayi baru lahir. Untuk itulah, seringkali kita tergesa untuk pergi menjenguk tanpa memperhatikan beberapa hal yang penting. Anda pun akan bersemangat mengajak teman-teman lama untuk menjenguk sahabat anda dan bayinya.

Kebahagiaan melahirkan buah hati memang tidak hanya dirasakan oleh pasangan suami istri saja. Akan tetapi, sahabat, sanak saudara pun akan ikut terhanyut didalamnya. Sayangnya, pada saat melakukan tradisi ini, seringkali kebahagiaan membaut beberapa hal banyak dilewatkan. Padahal beberapa hal tersebut adalah faktor penting yang akan berpengaruh terhadap kesehatan si buah hati.

Aturan Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir masih dalam tahapan menyesuaikan dirinya dengan lingkuangan yang baru. Selain itu, tubuhnya yang mungil membuat sistem imunitasnya belumlah terbentuk dengan kuat. Tidak seperti orang dewasa yang mungkin kebal dari beberapa hal yang dianggap kecil. Anak-anak bayi baru lahir akan sangat rentan terhadap segala hal.

Untuk itulah, bukan tidak boleh menjenguk bayi baru lahir. Akan tetapi, beberapa aturan dan adab perlu diperhatikan. Pasangan suami istri atau orangtua dari si bayi baru lahir bisa jadi merasa segan menerapkan beberapa aturan. Meski demikian, adapula sebagian lain yang dengan jelas melakukan batasan ini. Dengan alasan menjaga terhadap perasaan orang lain. Mereka mungkin akan dengan leluasa membebaskan anda melakukan beberapa hal sewaktu menjenguk bayi mungilnya.

Akan tetapi tentunya, kesadaran haruslah mulai dipupuk dalam diri kita. Demi menjaga keselamatan dan kesehatan si bayi baru lahir, aturan saat menjenguk bayi baru lahir perlu diterapkan. Apa saja aturan yag perlu diperhatikan sewaktu menjenguk bayi baru lahir? Mari kita simak dibawah ini.

Aturan Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Jangan Merokok

Aturan saat menjenguk bayi baru lahir yang pertama yang penting diperhatikan adalah merokok. Kegiatan yang satu ini bukan hanya buruk untuk bayi baru lahir. Namun juga semua orang yang ada diruangan tersebut. Bukan hanya akan terkesan tidak sopan. Hal ini pun akan mungkin berpengaruh terhadap kesehatan oranglain yang juga berada disekitar anda.

Selain itu, pada saat anda mematikan rokok sebelum menjenguk bayi baru lahir juga akan bermasalah. Jadi hendaknya pada saat anda akan menjengkuk bayi baru lahir tunda terlebih dahulu keinginan untuk merokok sampai anda selesai menjenguk. Hal ini dikarenakan residu pada rokok akan dapat menempel pada baju. Sehingga hal ini akan sangat berbahaya sebab bayi belum memiliki sistem imun yang kuat.

Hindari Menggendong Bayi

Satu hal yang paling menggemaskan dan ditunggu-tunggu saat menjenguk bayi baru lahir adalah menggendongnya. Akan tetapi, mulai saat ini sebaiknya hindari melakukan kegiatan ini. Terutama saat si bayi baru lahir terlihat sedang tertidur pulas. Selain akan mengganggu bayi, tentunya tidak semua orangtua senang bayinya digendong.

Untuk itulah, bila tidak ditawari untuk menggendong sebaiknya hindari melakukan kebiasaan ini. Sangat tidak disarankan untuk mencium bayi. Alasannya adalah demi kesehatan si bayi. Membahas kembali mengenai sistem imunnya, bayi baru lahir akan rentan terhadap penyakit. Terutama bakteri atau kuman yang terbawa dari orang dewasa.

Memegang-Megang Bayi

Hampir dipastikan para tamu yang menjenguk bayi baru lahir berkeinginan untuk memegang tubuh si kecil. Semisal dalam hal ini adalah bagian pipi bayi baru lahir yang tampak menggemaskan. Akan tetapi, sekali lagi dengan alasan kebersihan maka perhatikan kebiasaan yang satu ini. Jangan sampai tangan yang kotor digunakan untuk menyentuh bagian tubuh bayi. Kotoran dan kuman yang mungkin terdapat dalam tangan anda akan mungkin mengenai tubuh bayi.

Hal ini akan semakin parah dialami oleh si kecil. Apalagi sistem kekebalan tubuhnya belumlah terbentuk dengan baik. Masuknya kuman dan bakteri akan mungkin membuat penyakit semakin mudah menyerang.
Untuk itu, bila anda hendak menggendong atau memegang si kecil. Tidak ada salahnya permisi ke kamar kecil dan cuci tangan terlebih dahulu. Dengan demikian, si orangtua bayi pun akan lebih senang melihat hal ini.

Jangan Kenakan Parfum Berlebihan

Biasanya saat hendak berpergian kita akan cenderung menggunakan wewangian pada tubuh. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar oranglain senang mencium wangi tubuh kita. Hanya saja, hal ini tidak berlaku pada saat anda hendak menjenguk bayi baru lahir. Indera penciuman pada bayi baru lahir memang belum begitu kuat. Akan tetapi, dokter tidak menganjurkan untuk tak mengenakan parfum dengan bau yang berlebihan pada saat berada didekat bayi. Sebab hal ini akan dapat memicu timbulnya alergi pada bayi.

Untuk itu, hindarkan menggunakan wewangian yang berlebihan yang akan berdampak tidak baik pada si kecil. Selain itu, wangi dari pewangi pakaian yang terlalu menyengatpun akan menjadi masalah untuk bayi baru lahir. Jadi sebaiknya, atasi masalah ini dengan meminta menggunakan baju yang aman yang biasanya disediakan oleh pihak rumah sakit.

Perhatikan Pemilihan Hadiah

Pada saat menjenguk bayi baru lahir sebagian besar orang akan membawa hadiah untuk diberikan pada si bayi. Hal ini umumnya menjadi tradisi pada sebagian besar orang. Akan tetapi, sebaiknya perhatikan pemilihan hadiah. Pada saat menjenguk bayi baru lahir sebaiknya berikan hadiah untuk ibu yang baru melahirkan saja. Memberikan hadiah berbentuk mainan bayi untuk bayi baru lahir biasanya tidak begitu bermanfaat.

Jangan Kunjungi Bayi Jika Anda Sakit

Umumnya kegiatan menjenguk bayi seringkali dilakukan dengan bertemankan orang lain. Baik itu, sahabat anda sendiri atau dengan teman-teman lain yang hendak menjenguk bayi baru lahir. Hal inilah yang seringkali membuat anda nanggung jika tidak pergi bersama-sama. Akibatnya sebagian orang akan memaksakan diri untuk pergi meski mereka sedang sakit.

Namun kembali kepada sistem imunitas tubuh bayi baru lahir yang belum kuat. Hal ini akan dapat membuat penyakit yang anda alami tertular pada bayi. Jadi demikian, kunjungi bayi baru lahir saat tubuh anda sedang prima.

Demikianlah beberapa aturan saat menjenguk bayi baru lahir. Peraturan dan diterapkan sewaktu menjenguk bayi baru lahir akan dapat menjaga kesehatan dan keselamatan si bayi dengan lebih baik. Dengan begini kebahagiaan memiliki bayi baru lahir akan pula dapat dirasakan dengan seutuhnya tanpa membuat bayi berada dalam ancaman penyakit.

Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menumbuhkan kesadaran untuk kita semua sewaktu menjenguk bayi baru lahir.