Home » Perlengkapan Bayi » Aturan Mencuci Baju Bayi dengan Aman

Aturan Mencuci Baju Bayi dengan Aman

Aturan Mencuci Baju Bayi dengan Aman – Memiliki bayi dirumah tentu menjadi hal yang menyenangkan yang dirasakan oleh orangtua. Akan tetapi tidak jarang orangtua merasa kerepotan saat mengurus si buah hati, termasuk dengan kegiatan mencuci bajunya dengan aman. Berikut ini adalah tips cerdas mengenai aturan mencuci baju bayi dengan aman.

Hadirnya buah hati yang mungil tentu akan mewarnai hari-hari anda. Selain itu, sejak si kecil dibawa pulang ke rumah ada banyak hal yang berubah sejak saat itu. Kini, rumah anda menjadi terasa hangat dengan candaan, tangisan dan si kecil yang sering hilir mudik ke sana kemari. Tentu menjadi anugerah untuk anda memiliki seorang bayi mungil yang lucu dirumah. Hal inilah yang membuat semangat anda semakin besar dan hati anda semakin tenang berada bersamanya.

Memang menyenangkan berada bersama dengan si buah hati. Mencium tubuhnya, merasakan aroma badanya dan lain sebagainya akan menjadi hal yang menyenangkan untuk anda. Akan tetapi, ketika berhadapan dengan kegiatan mengurus bayi seringkali anda dibaut kerepotan dengan hal ini. Apalagi saat anda tidak menggunakan jasa pembantu rumah tangga ataupun penjaga bayi.

Kegiatan rumah tangga dan kewajiban mengurus anak seringkali membuat anda dituntut untuk bekerja dengan keras dirumah. Akan tetapi, apalah mau dikata ketika kewajiban dan tuntutan menjadi ibu dan isteri sudah menjadi kewajiban anda. Maka mau tidak mau anda harus menjalankan dua peran ini secara bersamaan.

Seperti halnya ketika mencuci sejumlah pakaian kotor bayi dirumah dan disulap menjadi dua kali lipat lebih banyak. Meskipun bayi ukurannya mini, akan tetapi ia bisa jadi cukup sering berhanti pakaian. Bahkan ada beberapa bayi yang sehari bisa menghabiskan 10 setel pakaian untuk diganti. Belum lagi cucian kotor lain berupa clodi, alas ompol, selimut dan lain sebagainya akan membuat anda bekerja keras. Ketika dihadapkan dengan hal ini maka anda akan sedikit keteteran dan kerepotan.

Aturan Mencuci Baju Bayi dengan Aman

Tidak sedikit orangtua atau dalam hal ini ibu rumah tangga mengira bahwa mencuci baju bayi dapat dilakukan dengan mudah. Tanpa berpikir panjang, dengan mudah mereka akan mencampur pakaian bayi dengan baju lain dan direndam dalam satu ember yang sama.

Selain itu, sejumlah diterjen yang dimasukkan pun tidak pernah diperhitungkan atau diukur. Takaran seperti biasa seringkali dimasukkan kedalam ember dan digunakan untuk mencuci. Padahal sebenarnya, ketika mencuci baju bayi ada aturan tertentu yang penting untuk diperhatikan.

Pada intinya, kegiatan mencuci baju bayi tidaklah dapat dilakukan dengan sembarang. Hal ini dikarenakan kulit bayi masih begitu sensitif. Jadi memperhatikan perawatan pakaian adalah hal penting yang perlu dilakukan.

Tidak sedikit bayi yang masih begitu muda mengalami ruam pada bagian kulitnya akibat kegiatan mencuci pakaian yang salah. Barulah setelah diketahui sebabnya, orangtua akan merasa bersalah dengan hal ini. Untuk itulah, terapkan aturan penting dalam mencuci atau membersihkan pakaian bayi.

Jangan tumpuk atau menyatukan pakaian bayi dengan cucian lainnya. Selain itu, penggunaan sabun dan diterjen yang akan anda gunakan diperhatikan dengan baik. Jika anda bisa memasukkan sejumlah diterjen kedalam pakaian lain. Maka untuk baju bayi sebaiknya jangan lakukan hal ini sebelum anda memperhatikan tips dibawah ini.
Nah, untuk membantu anda merawat pakaian bayi. Berikut ini adalah aturan mencuci baju bayi dengan aman.

Aturan Mencuci Baju Bayi dengan Aman

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan para orangtua pada saat mencuci baju bayi. Hal ini tentu dilakukan untuk mencegah alergi pada kulit bayi. Bayi yang mengalami alergi akibat pemakaian kain yang dicuci dengan metode yang salah akan membuat si kecil kepayahan menahan ruam yang timbul. Nah, dibawah ini adalah beberapa aturan mencuci baju bayi dengan aman.

Perhatikan Pemakaian Deterjen

Sebagian bayi membutuhkan jenis deterjen yang khusus terhadap pakaian yang mereka kenakan. Terutama untuk bayi yang memiliki kulit yang sensitif. Kulit bayi umumnya akan lebih rentan terhadap gangguan kulit, seperti misalkan alergi, eksim dan lain sebagainya.

Akan tetapi, untuk bayi yang tidak memiliki keluhan diatas maka anda akan dapat menggunakan deterjen biasa pada saat mencuci pakaian si kecil.

Selain itu, untuk mencuci baju bayi sebaiknya gunakan deterjen cair dibandingkan dengan yang bubuk. Hal ini dikarenakan deterjen dengan bentuk yang bubuk akan jauh lebih mudah dibilas dari pakaian. Sehingga tidak ada sisa yang tertinggal pada baju si kecil. Dengan begini maka resiko penyebab iritasi kulit pada bayi akan dapat dihindarkan dengan baik.

Perhatikan Suhu Air

Baju bayi dapat dicuci dengan air yang bersuhu hangat hingga panas antara 30-40 derajat celcius. Akan tetapi, jika hal ini tidak memungkinkan anda tetap dapat menggunakan air dengan suhu yang normal. Dan sebaiknya pisahkan baju bayi dengan baju atau kain yang lainnya.

Cermati Bahan Baju Bayi

Hal lain yang juga penting diperhatikan dalam aturan mencuci baju bayi dengan aman adalah bahan baju si kecil. Mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci akan tentu mempermudah pekerjaan anda. Akan tetapi, sebaiknya perhatikan karena tidak semua jenis baju dapat dibersihkan dengan menggunakan mesih cuci. Untuk itu, sebaiknya sebelum membeli baju anda memperhatikan tindakan perawatan yang diperlukan.

Segera Merendam Baju

Baju bayi umumnya tidak terlepas dari noda. Baik itu noda dari air susu, muntahan ataupun buang air. Untuk itu, cara terbaik dalam membersihkan baju bayi agar mudah bersih adalah dengan segera mencucinya. Segera rendam baju si kecil pada saat kotor.

Atau bila tidak memungkinkan, and cukup merendamnya dalam air deterjen dan setelah ada waktu segera cuci dengan bersih. Selain itu, bila anda masih kesusahan membersihkan noda pada baju bayi anda bisa menggunakan penghilang noda yang aman untuk bayi.

Pisahkan Popok Kain

Pada saat mencuci baju bayi sebaiknya hindari menggunakan deterjen dengan bahan kimia yang keras, terutama pada popok kain. Untuk mencuci popok kain sebaiknya gunakan deterjen khusus yang memang aman untuk bayi. Selain itu, penggunaan air panas akan dapat membantu untuk membunuh kuman dan bakteri yang tersisa pada popok kain.

Sebaiknya, bilas popok kain sebanyak dua kali untuk memastikan sabun benar-bena hilang. Bila perlu pada saat mencuci jenis popok ini pisahkan dari bahan-bahan lainnya. Selain menjaga keamanan, memisahkan popok dengan cucian lainnya juga dapat difungsikan untuk menghindari muntahan dari kain lain.

Itulah dia beberapa aturan mencuci baju bayi dengan aman. Memperhatikan dengan baik cara mencuci pakaian bayi adalah hal yang penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dengan kulit bayi. Pakaian aman yang digunakan oleh si kecil akan membuatnya merasa nyaman dan tenang.
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan yang lainnya!