Apa Saja Makanan yang Mempengaruhi ASI?

Posted on

Menghindari atau mengurangi makanan yang mempengaruhi ASI perlu ibu lakukan guna menjaga agar proses menyusui bayi tetap berjalan dengan lancar.

Terkadang ibu bertanya akan rasa ASI yang diproduksi dengan keterkaitan makanan yang dikonsumsinya. Dan memang berdasarkan para ahli, rasa dari ASI yang dihasilkan oleh sang ibu dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya. Namun, meskipun begitu para ahli menyarankan untuk tidak terlalu merasa khawatir karena ASI yang dihasilkan tidak akan sama persis dengan rasa makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dimana rasa ASI hanya samar-samar dan mampu bertahan dalam waktu 8 jam.

Hal penting yang harus diingat oleh ibu menyusui yaitu ibu harus mengkonsumsi makanan yang beragam atau berbeda untuk menjaga agar kualitas dari ASI yang diproduksinya tetap baik, serta bayi mampu mengenal berbagai macam rasa dari sejak dini sebelum akhirnya ia dikenalkan pada makanan pendamping ASI atau MPASI. Berdasarkan penelitian, bahwa nafsu makan dari bayi dipengaruhi oleh rasa dari makanan yang sebelumnya sudah ia kenal dari ASI atau air susu ibunya. Oleh karena itu, ini merupakan waktu yang tepat bagi anda untuk mengenalkan makanan sehat pada si kecil seperti sayuran dan buah-buahan. Sehingga disarankan bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi buah dan sayur dengan cukup. Karena selain mengenalkan rasa dan membiasakan si kecil, juga untuk memenuhi nutrisi tubuh si kecil dari buah dan sayur melalui ASI.

Makanan yang Mempengaruhi ASI

Ibu menyusui disarankan untuk lebih selektif dalam memilih makanan untuk buah hati tercintanya. Sebaiknya pilihlah makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi, serta hindari makanan yang justru akan menyebabkan gangguan kesehatan.  Berikut ini beberapa makanan yang mempengaruhi ASI.

Makanan yang Mempengaruhi ASI

Makanan Pedas

Berdasarkan fakta, bahwa ASI atau air susu ibu dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumi oleh ibu. Makanan bercita rasa pedas atau makanan yang mengandung santan memang akan mempengaruhi ASI tetapi tidak akan menimbulkan resiko pada bayi secara langsung. Makanan bercita rasa pedas itu sendiri hanya akan berpengaruh pada ibu yang mengkonsumsinya. Dimana makanan pedas tersebut akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan ibu sehingga dengan begitu akan mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan. Gangguan pencernaan yang bisa terjadi yaitu diare. Dimana gangguan pencernaan yang satu ini akan menyebabkan ibu menyusui mengalami dehidrasi.

Kafein dan Kopi

Umumnya ibu menyusui sering menghindari kopi karena takut akan mempengaruhi kualitas ASI untuk buah hati tercintanya. Dan memang pada kenyataannya kandungan kafein yang terdapat di dalam ASI berpengaruh pada ASI. Akan tetapi, tidak sedikit ibu menyusui yang tetap mengkonsumsi kopi. Yang perlu diketahui yaitu bahwa kafein tidak hanya terkandung di dalam kopi, juga terdapat pada teh, cokelat atau makanan dan minuman yang lainnya. Sebenarnya tidak ada larangan yang berhubungan dengan konsumsi teh, kopi dan cokelat. Ibu menyusui tetap bisa minum secangkir kopi, yang terpenting jumlah takaran yang dikonsumsi tepat. Konsumsi harian akan menyebabkan kafein menjadi terakumulasi di dalam sistem pencernaan bayi. Sehingga hal ini akan mengakibatkan bayi susah tidur atau mengalami iritasi ringan pada sistem pencernaan bayi, akibatnya bayi cenderung rewel.

Minuman Dingin

Minuman dingin ternyata memiliki pengaruh pada ASI. Berdasarkan fakta, payudara ibu selalu dalam keadaan yang hangat. Konsumsi air dingin sebaiknya dibatasi pada ibu menyusui. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga kesehatan ibu, supaya ibu menyusui tidak mengalami alergi terhadap keadaan dingin yang akan membuat ibu mengalami asma atau batuk. Dimana keadaan seperti inilah yang akan mempengaruhi proses menyusui.

Pemanis Buatan

Menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan perlu dilakukan oleh ibu menyusui. Meskipun makanan ini tidak berpengaruh pada rasa ASI, tetapi tidak baik untuk kesehatan. Alangkah lebih baik anda mengkonsumsi makanan sehat seperti buah buahan atau sayuran. Makanan ini selain sehat dan bermanfaat utuk kesehatan, juga sekaligus bisa dikenalkan pada si kecil agar nanti ia terbiasa.

Ikan Laut

Beberapa ikan laut mengandung merkuri, dimana salah satu ikan laut yang rentan tercemar merkuri yaitu ikan tuna. Merkuri merupakan kandungan logam yang dapat mempengaruhi ASI. Dimana kandungan ini bisa masuk ke dalam ASI langsung dan beredar dalam darah. Bagi ibu hamil dan ibu menyusui sangat disarankan untuk menghindari ikan laut yang tinggi akan kandungan merkurinya.

Beberapa ikan yang tinggi akan kandungan merkuri dan harus dihindari oleh ibu hamil atau menyusui di antaranya yaitu, ikan hiu, sarden dan ikan swordfish.

Sebaiknya ibu menyusui lebih selektif dalam memilih makanan atau bahan makanan yang akan dikonsumsi dibandingkan dengan waktu biasanya. Sebaiknya pilihlah makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi untuk dikonsumsi sehari-hari. Hindari makanan dengan kandungan kadar gula tinggi. Ibu menyusui mungkin dianjurkan untuk minum obat pada keadaan tertentu. Ketika meminum obat disarankan untuk lebih berhati-hati karena obat sensitif terhadap produksi ASI. Untuk konsumsi obat itu sendiri, sebaiknya anda konsultasi dengan dokter. Hal ini dilakukan untuk kesehatan buah hati tercinta. Demikian beberapa makanan yang mempengaruhi ASI.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *