Home » Makanan Bayi » Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Makanan pendamping ASI diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Makanan pendamping ASI yang diberikan pada bayi harus mengandung nutrisi dan gizi yang bermanfaat. Beberapa makanan pendamping ASI terbaik untuk bayi bisa anda berikan.

Setelah usia bayi anda menginjak 6 bulan, ia sudah bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Pada usia ke 6 bulan sistem pencernaan bayi sudah semakin siap untuk menerima makanan selain ASI, dimana makanan tersebut teksturnya lebih padat dan keras dibandingkan dengan sebelumnya.
Bayi berusia 6 bulan sudah mulai membutuhkan asupan nutrisi dan gizi dari makanan lainnya selain ASI. Oleh karena itu, penting untuk memberikan makanan pendamping ASI setelah usianya menginjak 6 bulan.

Meskipun saat ini bayi anda sudah siap menerima makanan pendamping ASI, tetapi itu bukan berarti segala jenis makanan bisa diberikan. Sebagai orang tua anda harus memperhatikan jenis makanan pendamping ASI apa yang terbaik untuk bayi anda. Perhatikan setiap jenis makanan yang akan diberikan pada bayi anda, apakah makanan tersebut memenuhi kriteria atau sebaliknya. Makanan sehat dan terbaik untuk si kecil adalah makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang tinggi. Tujuan pemberian makanan tersebut yaitu untuk memenuhi semua kebutuhan gizi dan nutrisinya. Oleh karena itu, prioritaskan untuk memberikan makanan dengan kandungan dan gizi yang baik bagi sang buah hati.

Makanan Pendamping ASI Terbaik

Ketika kali pertama memberikan makanan pendamping ASI pada bayi, setiap orang tua harus memperhatikan beberapa hal. Selain memperhatikan jenis makanan pendamping ASI yang diberikan, para orang tua juga harus mengetahui tahapan dan tips memperkenalkan makanan tersebut. Pemberian makanan pendamping ASI pertama kali harus dilakukan secara bertahap, seperti pemberian makanan dengan tekstur yang cair, kental hingga padat. Hal ini dilakukan agar sistem pencernaan bayi bisa beradaptasi dan tidak kaget ketika menerima makanan pendamping ASI.

Beberapa makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk bayi terbukti cocok diberikan pada bayi untuk menudukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Makanan pendamping ASI terbaik  untuk bayi yaitu makanan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan bayi seperti zat besi, seng, folat dan beragam vitamin dan mineral lainnya. Apa saja makanan pendamping ASI terbaik untuk bayi?

Makanan Pendamping ASI Terbaik Untuk Bayi

Aneka Bubur Sehat

Hanya sedikit ibu yang mengetahui apa saja jenis bubur sehat untuk bayinya. Untuk itu, beberapa jenis bubur di bawah ini bisa menjadi referensi ketika memberikan makaan pendamping ASI terbaik untuk bayi.

Bubur Susu

Bubur susu merupakan makanan pendamping ASi yang banyak disarankan. Makanan ini merupakan makanan yang baik diperkenalkan pada bayi untuk pertama kalinya. Bubur susu memiliki rasa yang lezat sehingga bayi akan menyukainya. Berikan bubur susu pada bayi anda dengan tekstur yang lebih encer agar bayi bisa beradaptasi dengan makanan ini lebih baik.

Bubur Sayur

Bayi perlu mengkonsumsi beberapa jenis sayuran untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi dan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Bubur sayur merupakan makanan pendamping ASI yang baik dan sehat yang disarankann untuk diberikan pada bayi usia 6 bulan.

Bubur Susu Kentang

Bubur susu kentang cocok diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Sangat disarankann untuk memberikan variasi makanan pada bayi. Tujuannya agar bayi anda tidak merasa bosan dengan makanan yang itu itu saja.

Bubur Beras Merah

Bubur beras merah atau tepung beras merah bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi. Anda bisa mengolah makanan ini dengan dimasak menggunakan kaldu atau susu formula.

Makanan Terbaik Untuk Bayi Setelah Bubur

Bubur merupakan makanan pertama yang bisa diberikan pada bayi. Selain bubur, beberapa makanan terbaik lainnya juga bisa diberikan pada bayi, setelah bayi anda mengenal cukup banyak makanan serta usianya sudah lebih dari 6 bulan.

Brokoli

Sudah menjadi rahasia umum bahwa brokoli merupakan salah satu sayuran sehat. Brokoli baik diberikan pada si kecil karena mengingat kandungannya sangat banyak dan bermanfaat.
Brokoli mengandung kalsium, serat dan folat sehingga sangat disarankan untuk diberikan pada bayi. Tidak hanya itu, sulfur yang terkandung dalam brokoli juga dianggap mampu meningkatkan nafsu makannya. Anda bisa memberikan sayur ini dengan cara memotong-motongnya hingga berukuran kecil, kemudian dikukus.

Labu Kuning

Labu kuning selain baik dikonsumsi oleh orang dewasa juga baik diberikan pada si kecil. Labu kuning kaya akan kandungan serat. Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin C pada labu kuning bagitu melimpah. Anda bisa memberikan labu kuning pada bayi anda baik dengan cara direbus atau dipanggang. Agar si kecil lebih tertarik, anda bisa menambahkan bahan makanan lainnya seperti keju rendah garam atau sayuran lainnya seperti misalkan kacang garbanzo.

Blueberries

Buah yang satu ini mengandung anthocyanin. Dimana kandungan anthocyanin ini meiliki manfaat yang baik untuk bayi seperti kesehatan otak, mata dan saluran kemih bayi. Anda bisa memberikan buah ini pada bayi anda dalam bentuk jus.

Kacang Lentil

Kacang lentil sekilas rupanya hampir mirip dengan kacang hijau. Jenis kacang ini cocok diberikan pada si kecil sebagai makanan bayi. Oleh karena itu, makanan ini masuk ke dalam daftar makanan terbaik untuk bayi. Makanan ini mengandung protein dan serat yang tinggi. Anda bisa mengolah makanan ini dengan cara direndam hingga menjadi empuk, direbus lalu dihaluskan dengan menggunakan blender.

Demikian beberapa makanan pendamping ASI terbaik dan makanan lainnya yang bisa diberikan pada si kecil setelah ia beranjak dewasa. Semoga bermanfaat.