Home » Makanan Bayi » Apa Saja Makanan Penambah Berat Badan Bayi?

Apa Saja Makanan Penambah Berat Badan Bayi?

Makanan Penambah Berat Badan Bayi – Cara untuk menaikan berat badan bayi diantaranya yaitu dengan memperhatikan asupan makanannya. Beberapa makanan diyakini dapat membantu menaikan berat badan bayi.

Menyaksikan buah hati sehat dan tidak ada keluhan atau gangguan satu pun membuat orang tua merasa tenang dalam merawat buah hatinya. Bayi bisa dikatakan sehat apabila berat badannya berada pada level normal. Bayi yang memiliki berat badan kurang dari level normal terkadang membuat orang tua merasa khawatir, oleh karena itu setiap orang tua berusaha dan berlomba-lomba untuk menaikan berat badan bayinya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menaikan berat badan bayi yaitu dengan memperhatikan asupan makanannya. Pemilihan makanan yang tepat, bernutrisi dan bergizi menjadi langkah tepat yang bisa anda lakukan.

Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Asupan makanan yang dikonsumsi oleh bayi akan ikut menentukan berat badan atau bobot tubuh si kecil. Jika pemberian makanan dilakukan asal-asalan maka pengaruh buruknya pada sistem pencernaan si kecil. Berat badan tidak mengalami kenaikan tetapi justru ia mendapatkan gangguan atau masalah sistem pencernaan. Oleh karena itu, diharapkan orang tua untuk selalu selektif dan hati hati dalam memilih makanan yang tepat sebagai usaha untuk menaikan berat badan bayi.

Beberapa daftar makanan tertentu dapat membantu menaikan berat badan bayi. Lantas apa saja makanan penambah berat badan bayi? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung penjelasan di bawah ini.

Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Agar berat badan bayi naik sesuai yang anda inginkan, maka anda harus memberikan makanan sehat dan bergizi secara teratur. Anda bisa mencoba untuk memperkenalkan makanan baru setiap minggunya. Akan tetapi, perlu anda ingat pemberian makanan padat atau makanan pendamping ASI boleh dilakukan ketika anak anda sudah menginjak usia 6 bulan. Pasalnya, pemberian makanan padat yang terlalu dini justru akan menimbulkan masalah kesehatan untuk bayi anda.

ASI

Satu-satunya cara yang bisa anda lakukan untuk menaikan berat badan bayi berusia di bawah 6 bulan yaitu dengan meningkatkan asupan ASI yang berkualitas pada si kecil. ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi sebelum ia mendapatkan makanan pendamping ASI. Di dalam ASI terkandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Agar ASI yang diproduksi oleh ibu berkualitas, maka ibu harus mengkonsumsi asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan bergizi. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk memperbaiki pola makan dan asupan makanannya. Hindari keadaan yang akan membuat ibu stres, karena stres akan mempengaruhi produksi ASI.

Pemberian ASI itu sendiri harus dilakukan hingga bayi merasa kenyang. Dimana salah satu tanda bayi sudah kenyang yaitu ia tertidur sendiri ketika menyusu.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan makanan sehat dan kaya akan nutrisi. Dimana beberapa jenis sayuran dan buah mengandung sejumlah kalori per porsi dalam jumlah yang lebih besar, serta asupan nutrisi yang seimbang, sehingga dengan begitu pemberian buah dan sayur akan membantu bayi dalam menaikan berat badannya.

Salah satu jenis buah sehat yang dapat membantu menaikan berat badan bayi yaitu buah alpukat. Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh cukup tinggi dan sehat, serta jumlah kalori yang cukup dan tepat.

Selain alpukat sebenarnya masih banyak buah lain yang dapat membantu bayi dalam menaikan berat badannya. Buah tersebut mengandung nutrisi dan gizi yang tidak kalah penting, dimana buah yang dimaksud di antaranya yaitu buah pir dan pisang. Kedua jenis buah tersebut mengandung kalori yang baik untuk bayi.

Selain buah, sayuran pun dapat membantu meningkatkan berat badan bayi. Anda bisa menyajikan sayuran sebagai makanan untuk bayi dengan menghidangkannya bersama satu sendok teh mentega dan minyak zaitun pada saat anda memasaknya. Ini dilakukan untuk menambah kandungan lemak.

Gandum

Makanan yang terbuat dari campuran biji-bijian dan gandum memiliki jumlah kalori yang baik, serta menjadi makanan sehat yang baik untuk diberikan pada bayi. Salah satu pusat kesehatan bayi menyarankan bahwa menggabungkan bahan makanan dengan biji-bijian dapat meningkatkan jumlah kalori setiap harinya untuk bayi. Oleh karena itu, anda bisa membuat dan menyajikan makanan untuk si kecil seperti pancake yang terbuat dari bahan utama tepung gandum yang dicampur dengan kacang-kacangan.

Ubi Manis

Ubi manis memiliki cita rasa yang enak dan manis. Di samping itu ubi manis juga bisa dijadikan sebagai makanan penambah berat badan untuk bayi. Pemberian ubi manis ini dilakukan pada bayi dengan usia di atas 6 bulan. Ubi manis memiliki kandungan lemak dengan kadar yang rendah, magnesium, serat, Vitamin A, kalium, Vitamin C dan Vitamin B6 dalam kadar yang tinggi. Selain itu kalori yang terkandung pada ubi manis pun padat dan banyak.

Kebiasaan Makan

Kebiasaan makan bayi merupakan kunci penting dalam menaikan berat badan bayi. Biasanya bayi yang menginjak usia balita akan mengalami sulit makan, sehingga banyak sekali orang tua yang mengeluh akan keadaan tersebut. Penting bagi setiap orang tua untuk membiasakan kebiasaan makan yang baik sejak dini.

Pada saat usia bayi anda 8 bulan, anda bisa memberikan bubur saring yang terbuat dari nasi, sayur dan daging dibandingkan dengan bubur susu. Ini dilakukan agar anak anda terbiasa mengkonsumsi makanan dewasa pada saat usianya menginjak lebih besar.

Dalam pemberian makanan pada bayi anda harus memperhatikan faktor alergi. Beberapa bayi memiliki faktor alergi terhadap bahan makanan tertentu.

Panduan Berat Badan Bayi

Memiliki bayi sehat adalah harapan orang tua. Selain masalah berat badan bayi yang terlalu kurus, beberapa bayi umumnya memiliki masalah berat badan yang berlebihan atau terlalu gemuk/obesitas. Oleh karena itu, masalah kegemukan pada bayi sebaiknya diatasi sejak dini karena hal tersebut justru akan menambah masalah ketika si kecil beranjak dewasa nanti karena ia akan rentan terhadap masalah penyakit. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui berat badan bayi yang ideal seperti berikut ini.

Berat badan bayi biasanya akan turun beberapa gram dibandingkan saat ia lahir. Menghadapi masalah seperti ini anda jangan merasa khawatir karena ini merupakan keadaan yang normal.

  • Hingga usia bayi 3 bulan, berat badannya naik 175-210 gram per minggu.
  • Pada saat usia bayi 5 bulan berat badan seharusnya naik 2x berat badan ketika ia lahir.
  • Pada usia 1 tahun berat badan bayi seharusnya 3x berat badan ketika ia dilahirkan.
  • Usia 2,5 tahun, berat badan seharusnya 4x berat badan ketika ia lahir.

Dengan demikian, makanan penambah berat badan bayi seperti yang sudah disebutkan di atas bisa membantu anda dalam meningkatkan berat badan si kecil. Agar bayi anda mendapatkan cukup nutrisi, maka anda bisa mengkombinasikan makanan penambah berat badan bayi dalam setiap harinya.