Home » Makanan Bayi » Aneka Resep dan Cara Membuat Puree Buah Untuk Bayi

Aneka Resep dan Cara Membuat Puree Buah Untuk Bayi

Puree merupakan salah satu makanan yang dapat dikenalkan pada masa MPASI bayi. Selain sehat, puree juga mudah dibuat. Ketahui aneka resep puree buah untuk bayi dan cara membuatnya.

Setelah selesai masa ASI eksklusif, saatnya bayi diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Makanan yang diberikan pada bayi harus memenuhi kriteria, selain sehat dan mengandung nutrisi seimbang, makanan pendamping untuk pertama kalinya harus mudah dicerna oleh bayi.

Dalam memberikan makanan pendamping ASI pada buah hati tercinta, ibu harus mengerti dan paham akan segala sesuatunya, mulai dari perihal bahan makanan pendamping ASI yang sebaiknya diberikan pada bayi, cara mengolahnya ataupun tahap pemberiannya.

Puree Buah Untuk Bayi Bayi

Makanan pendamping ASI diberikan pada bayi secara bertahap, baik dari porsi atau tekstur sesuai dengan keterampilan bayi. Nah, salah satu pilihan makanan bayi yang biasanya dijadikan sebagai makanan pendamping ASI yaitu puree.

Puree merupakan makanan yang diolah dengan cara dilembutkan baik dengan menggunakan blender, ditekan-tekan atau lain sebagainya. Untuk memastikan kelembutannya, setelah dihaluskan puree biasanya akan kembali disaring. Puree dibuat dari bahan sayuran atau buah-buahan. Puree bagus dan sering dikenalkan pada awal-awal masa MPASI atau ketika usia bayi 6 bulan ataupun lebih.

Berikut ini beberapa resep dan cara membuat puree buah untuk bayi sebagai MPASI yang dapat anda coba buat di rumah dengan mudah.

Aneka Resep dan Cara Membuat Puree Buah Untuk Bayi

Resep dan Cara Membuat Puree Alpukat

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • 50 gram alpukat
  • 25 ml ASI perah atau susu formula

Cara Membuat Puree Buah Alpukat

  1. Apabila bahan bahan yang diperlukan sudah anda siapkan, maka anda dapat langsung mengolahnya. Langkah pertama kali yang dapat anda lakukan yaitu mencuci buah alpukat yang sudah anda siapkan terlebih dahulu. Kemudian, belah buah alpukat menjadi dua bagian dan buang bijinya. Ambil daging buah alpukat dengan menggunakan sendok. Lalu potong-potong daging buah alpukat tersebut.
  2. Apabila daging buah alpukat sudah siap, ambil atau siapkan blender yang akan digunakan untuk menghaluskan buah alpukat.
  3. Masukan daging buah alpukat yang sudah dipotong-potong. Lalu tambahkan ASI perah atau susu formula.
  4. Blender daging buah alpukat bersama dengan ASI perah atau susu formula hingga benar-benar halus atau sekitar 3-4 menit.
  5. Apabila sudah halus anda dapat menyajikannya pada mangkuk atau gelas si kecil.

Puree buah alpukat ini hanya dapat digunakan untuk 1 kali makan.

Resep dan Cara Membuat Puree Pepaya

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Puree Pepaya

  • 150 gram buah pepaya
  • 75 ml ASI perah/susu formula

Cara Membuat Puree Pepaya

  1. Pertama, kupas buah pepaya yang sudah anda siapkan terlebih dahulu. Pastikan buah pepaya yang anda siapkan sudah matang dan memiliki rasa manis. Jika sudah dikupas, cuci buah pepaya sampai bersih. Kemudian ambil buah pepaya sesuai dengan takaran yang ditentukan, kemudian potong-potong kecil agar mudah diolah.
  2. Siapkan blender atau alat yang akan digunakan untuk menghaluskan. Masukan buah pepaya yang sudah dipotong-potong ke dalam blender.
  3. Tambahkan ASI perah atau susu formula dengan takaran seperti yang sudah ditentukan di atas.
  4. Blender buah pepaya dan ASI perah atau susu formula hingga benar-benar halus atau sekitar 3 menit. Jika sudah halus anda bisa mematikan blender.
  5. Tuangkan puree buah pepaya ke dalam mangkuk atau gelas si kecil.

Puree buah pepaya ini dapat digunakan untuk 2 kali makan.

Resep Puree Buah Pir dan Pisang

Bahan Bahan Puree Buah Pir dan Pisang

  • 50 gram buah pir
  • 50 ml ASI perah/Susu formula
  • 50 gram pisang sunpride

Cara Membuat Puree Buah Pir dan Pisang

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu mengupas kulit buah pir yang sudah disiapkan. Kemudian cuci daging buah pir sampai benar-benar bersih. Jika sudah anda dapat memotong-motongnya.
  2. Setelah itu, kukus buah pir yang sudah dipotong-potong sampai matang dan lunak atau selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah lunak anda dapat langsung mengangkat dan menyisihkannya.
  3. Selanjutnya siapkan blender atau alat penghalus yang lainnya. Masukan buah pir yang sudah dikukus bersama dengan ASI yang sudah diperah atau susu formula. Blender bahan-bahan sampai halus. Kemudian matikan blender jika sudah halus, angkat dan tuangkan ke dalam gelas atau mangkuk si kecil.
  4. Siapkan wadah, kupas pisang yang sudah dihaluskan dan kerok pisang hingga halus.
  5. Campurkan buah pisang yang sudah dikerok ke dalam wadah berisi buah pir yang sudah dihaluskan. Lalu anda dapat menyajikannya.

Puree buah pir dan pisang ini dapat disajikan untuk 2 kali makan.

Resep Puree Buah Pir dan Apel

Bahan Bahan Puree Buah Pir dan Apel

  • 1 buah pir
  • 1 buah apel

Cara Membuat Puree Buah Pir dan Apel

  1. Pertama, kupas buah pir dan buah apel yang sudah anda siapkan. Kemudian potong-potong.
    Siapkan panci, kemudian masukan buah pir dan buah apel ke dalam panci.
  2. Tambahkan air secukupnya, lalu masak menggunakan suhu rendah hingga buah apel dan buah pir lunak. Jika sudah lunak anda dapat mengangkatnya.
  3. Siapkan blender, masukan buah pir dan buah apel ke dalam blender. Tambahkan air matang atau
  4. ASI perah/susu formula secukupnya ke dalam blender. Haluskan bahan hingga benar-benar halus.
    Apabila sudah halus anda dapat langsung menyajikannya.
  5. Selain direbus, anda dapat mengukus buah pir dan buah apel sebelum diblender.

Mengapa Bayi Menolak Puree?

Ketika mengenalkan makanan pendamping ASI atau puree kepada buah hati tercinta, ibu seringkali mendapatkan penolakan. Namun, ketika si kecil menolak anda jangan terlalu terburu-buru menganggap itu adalah penolakan. Pasalnya anak masih dalam tahapan belajar makan. Hal tersebut dapat terjadi dengan refleks karena si kecil belum terampil mengunyah dan menelan makanan yang diberikan.
Anda dapat kembali mencoba untuk memberikan makanan tersebut. Apabila bayi anda masih menolak, anda dapat menunda memberikan makanan yang sama selama beberapa hari. Anda dapat mengenalkan jenis makanan yang lainnya. Intinya anda jangan merasa putus asa.

Apakah Boleh Menambahkan Gula/Garam/Madu ke Dalam Puree?

Penambahan garam, gula atau madu ke dalam puree tidak diperlukan. Pasalnya penambahan garam akan semakin menambah kerja ginjal bayi yang akan meningkatkan risiko bayi mengalami tekanan darah tinggi ketika usianya dewasa nanti. Sedangkan untuk gula, bayi sudah mendapatkan rasa manis alami dari buah sehingga tidak perlu ditambahkan gula. Penambahan gula akan menyebabkan kerusakan gigi pada bayi. Sedangkan untuk madu sebaiknya hindari hingga bayi berusia 1 tahun karena madu akan memicu penyakit botulisme atau keracunan makanan serius.

Apakah ASI Dapat Ditambahkan ke Dalam Puree?

ASI bisa ditambahkan ke dalam puree. Tambahan ASI akan semakin memperkaya nutrisi dari puree yang anda buat. Rasa ASI pun sudah sangat dikenal oleh bayi sehingga bayi akan lebih mudah menerimanya. Anda dapat menambahkan ASI yang sudah diperah ke dalam puree. Hindari menambahkan ASI perah pada puree yang sudah dibekukan sebelumnya. ASI perah yang sudah dibekukan kemudian dilelehkan kembali, tidak boleh dibekukan lagi untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri serta untuk kebaikan gizinya.