Home » Makanan Bayi » Aneka Bubur Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

Aneka Bubur Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

Karena sistem pencernaan bayi belum optimal, maka makanan yang diberikan harus memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna. Makanan tepat yang dapat anda jadikan MPASI yaitu bubur. Ketahui aneka bubur sehat untuk bayi 6 bulan.

Saat usia bayi 6 bulan, bayi sudah dapat diperkenalkan pada makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI). Makanan pendamping ASI yang diberikan pada si kecil sebaiknya makanan yang kaya akan nutrisi dan sehat. Sebagai makanan pertamanya, makanan yang diberikan sebaiknya dalam bentuk bubur karena sistem pencernaan bayi masih belum optimal.

Sebelum bayi mendapatkan asupan makanan dalam jumlah yang normal, pemberian ASI masih tetap harus dilakukan, kemudian dapat dikurangi jika jumlah makan bayi sudah normal. Namun, jangan sekaligus malainkan secara bertahap. Ini dilakukan supaya pencernaan bayi dapat melakukan adaptasi dengan baik.

Bubur Sehat Untuk Bayi

Di samping mendapatkan ASI, makanan pendukung disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi. Saat ini sudah banyak makanan instan bayi yang dapat dijadikan pilihan. Namun, mengolah makanan bayi sendiri adalah pilihan yang tepat. Selain mutu dan kehigenisannya terjaga, dengan mengolah makanan sendiri kita mengetahui dengan pasti kandungan nutrisi dari makanan yang akan diberikan pada buah hati.

Bubur adalah salah satu makanan bayi yang direkomendasikan saat bayi berusia 6 bulan. Bubur memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi sehingga sistem pencernaan bayi akan mudah beradaptasi. Beragam jenis bubur dapat menjadi pilihan untuk MPASI si kecil. Agar si kecil tidak merasa bosan, anda dapat memberikan bubur yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Aneka Bubur Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

Bubur Beras

Bubur beras merupakan pilihan bubur pertama untuk MPASI bayi. Bubur beras bisa anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu, 1/4 mangkuk beras dan 1 mangkuk air. Perbandingan air dan beras yaitu 1:4.

Cara membuatnya yaitu, anda dapat mencampurkan beras yang sudah dihaluskan dengan setengah air yang sudah anda siapkan. Didihkan sisa air, jika sudah mendidih anda bisa memasukan larutan beras ke dalamnya. Aduk semua bahan hingga mendidih atau selama kurang lebih 10 menit. Jika bayi menyukainya anda dapat menambahkan ASI atau susu formula.

Bubur Susu

Selain bubur beras, bubur susu adalah pilihan baik sebagai MPASI bayi. Makanan padat pertama ini bisa anda berikan pada si kecil.

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan dalam membuat bubur susu yaitu, 1 sendok makan tepung beras dan 200 ml susu formula.

Cara membuatnya yaitu larutkan tepung beras yang sudah anda siapkan dengan susu formula. Masak larutan tersebut dengan menggunakan api kecil hingga mendidih dan hingga bahan menjadi lebih kental. Apabila masih terdapat tepung yang menggumpal, sebaiknya anda saring terlebih dahulu.

Bubur Susu Kentang

Memberikan makanan yang bervarisi disarankan, selain menghindari bayi bosan juga agar si kecil mengenal banyak rasa yang berbeda. Selain bubur susu, anda dapat memberikan bubur susu kentang pada buah hati.

Bahan untuk membuat bubur susu kentang di antaranya, 50 gram kentang yang sebelumnya sudah anda kupas kulitnya dan dikukus sampai matang, serta dipotong hingga ukurannya kecil. Selain itu, siapkan pula 50 ml susu formula atau ASI.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama-tama masukan kentang yang sudah dikukus tadi ke dalam blender dengan sedikit susu yang sudah disiapkan. Haluskan kentang hingga benar-benar halus. Setelah itu, tambahkan susu yang masih tersisa kemudian anda bisa langsung menghidangkannya. Agar tidak terdapat banyak gumpalan, anda dapat menyaringnya terlebih dahulu sebelum diberikan pada si kecil.

Bubur Sayur

Disarankan untuk mengenalkan sayur terlebih dahulu dibandingkan dengan buah karena buah memiliki rasa manis yang tentunya bayi akan menyukainya, lain halnya dengan sayur yang memiliki rasa hambar. Bubur sayur adalah salah satu bubur sehat yang dapat anda berikan pada buah hati.
Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 50 gram brokoli yang sudah dikukus hingga matang dan dipotong berukuran kecil. Selain brokoli anda juga harus menyiapkan 5 sendok makan susu. Susu yang digunakan bisa susu formula maupun ASI.

Cara membuat bubur sayur yaitu haluskan brokoli yang sudah dikukus dan dipotong dengan tambahan sedikit susu menggunakan blender. Setelah itu, campurkan dengan susu yang masih tersisa.

Agar bayi tidak merasa bosan, anda dapat mengganti sayuran brokoli dengan sayuran yang lainnya seperti wortel, bayam dan lain sebagainya.

Bubur Buah

Vitamin yang terdapat pada buah dibutuhkan oleh bayi. Karena seperti itu, memberikan bubur buah bisa anda lakukan. Buah yang disarankan untuk bubur bayi yaitu pisang ambon yang matang dan manis.
Siapkan sekitar 50 gram buah pisang ambon. Kupas pisang tersebut dan potong-potong. Bahan lainnya yang harus anda siapkan yaitu susu formula.

Cara membuatnya, haluskan pisang yang sudah dipotong dengan campuran sedikit susu menggunakan blender. Selanjutnya sajikan bubur buah ini dengan tambahan susu formula yang tersisa.
Selain pisang, buah lain yang dapat anda olah menjadi bubur untuk si kecil yaitu pepaya atau apel.