Home » Perawatan Bayi » Agar BAB Bayi Lancar dan Teratur, Begini Cara yang Dapat Dilakukan

Agar BAB Bayi Lancar dan Teratur, Begini Cara yang Dapat Dilakukan

Agar BAB Bayi Lancar dan Teratur – BAB bayi tidak lancar dan tidak teratur adalah kondisi yang patut diwaspadai oleh setiap orang tua. Jika keadaan ini menimpa buah hati tercinta, penting mengetahui cara atau solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Merawat bayi untuk segelintir ibu terkadang membingungkan. Ibu selalu mendapati parubahan pada bayinya, salah satunya perubahan yang terjadi yaitu pada pola buang air besar bayi (BAB).

Untuk bayi baru lahir, ia akan buang air besar normalnya sebanyak 4 kali dalam sehari. Dimana keadaan seperti ini akan berlangsung hingga usia bayi 7 hari. Sedangkan untuk anak berusia 2 tahun, dikatakan normal apabila buang air besar sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari. Untuk anak berusia 4 tahun, pola buang air besar sama dengan pola buang air besar orang dewasa, yakni 1 kali dalam sehari.
Sebagai orang tua anda jangan merasa heran melihat perubahan pola buang air besar pada buah hati tercinta. Yang harus anda lakukan yaitu tetap memperhatikan apakah pola buang air  besar bayi sesuai atau justru tidak. Pola buang air besar pada bayi yang teratur menandakan bahwa si kecil memiliki sistem tubuh yang sehat. Penting bagi tubuh untuk mengeluarkan sisa zat atau kotoran dalam tubuh. Teraturnya buang air besar juga menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan sehat dan berfungsi dengan baik.

Agar BAB Bayi Lancar

Dalam beberapa kasus, terkadang bayi tidak buang air besar dengan teratur. Bahkan selama satu hari penuh, buang air besar pada bayi terhambat. Jika keadaan ini menimpa buah hati tercinta, sebaiknya anda jangan langsung merasa panik. Mungkin saja keadaan ini disebabkan karena penyesuaian diri usus besar.

Kebiasaan buang air besar pada bayi dipengaruhi oleh beberapa hal. Hal yang berdampak pada pola buang air besar bayi di antaranya yaitu pola makan dan minum bayi, aktivitas bayi dan kemampuan sistem pencernaan bayi dalam mencerna makanan. Selain itu, buang air besar yang tidak teratur pada bayi terkadang disebabkan karena pertumbuhan bayi yang mengalami percepatan. Dimana keadaan seperti ini akan terlihat ketika bayi berusia 2 sampai 4 bulan.

Akan tetapi, jika bayi tidak kunjung buang air besar dalam beberapa hari, agar BAB bayi lancar dan teratur, anda dapat melakukan beberapa langkah seperti berikut ini.

Cara Agar BAB Bayi Lancar dan Teratur

Gerakan Kaki Bayi Dengan Perlahan

Agar buang air besar bayi kembali lancar, maka anda dapat melakukan beberapa gerakan pada bayi. Baringkan bayi anda di tempat tidurnya, usahakan bayi berada pada posisi yang nyaman. Pegang kedua kaki bayi anda atau tepatnya pergelangan kaki bayi. Selanjutnya, gerakan kaki bayi anda dengan hati hati dan perlahan seolah-olah si kecil sedang mengayuh sepeda. Kegiatan ini dilakukan agar usus besar bayi terangsang sehingga akan membantu membebaskan kotoran atau gas yang mungkin terjebak dengan cepat dan efektif.

Berikan Pijatan Pada Perut

Selain melakukan gerakan kaki, cara lainnya yang dapat anda lakukan agar BAB bayi lancar dan teratur yaitu dengan memberikan pijatan lembut pada perut bayi. Anda dapat melakukan pijatan pada perut bayi dengan perlahan dan lembut menggunakan minyak kelapa yang sebelumnya sudah dihangatkan. Kegiatan ini akan membantu perut bayi menjadi lebih ringan. Sehingga efeknya kotoran dapat dibuang dengan lebih mudah.

ASI

Seperti yang kita ketahui, ASI memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi. Dimana salah satu manfaat ASI yaitu untuk memperlancar buang air besar pada bayi, serta buang air besar bayi menjadi lebih teratur. Oleh karena itu agar BAB bayi lancar dan teratur, penting memberikan asupan ASI pada bayi agar sistem pencernaannya pun dapat berfungsi dengan baik.

Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu membuat tubuh bayi merasa lebih nyaman dan tenang. Agar perut bayi menjadi lebih ringan, anda dapat memandikan atau merendam bayi dalam air hangat. Pastikan suhu air yang digunakan tidak terlalu panas.

Cukupi Kebutuhan Serat

Jika bayi anda sudah berusia lebih dari 6 bulan atau sudah mendapatkan MPASI, penting untuk memenuhi kebutuhan serat pada si kecil. Anda dapat memberikan jus pada si kecil dengan takaran yang sesuai untuk usianya. Ini dilakukan agar sistem pencernaan bayi menjadi lebih mudah dalam melunakan tinja si kecil sehingga buang air besar akan menjadi lancar dan kembali teratur.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Supaya proses pencernaan bayi berjalan lancar, anda harus memastikan jika kebutuhan cairan bayi terpenuhi. Jika bayi anda berusia di bawah 6 bulan, kebutuhan cairannya hanya dapat dipenuhi oleh ASI atau air susu ibu saja. Hindari memberikan air putih atau cairan lainnya selain ASI pada bayi berusia di bawah 6 bulan karena akan berdampak pada kesehatannya.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar BAB bayi lancar dan teratur. Apabila BAB bayi tetap tidak lancar, bahkan sudah berhari-hari dan bayi cenderung rewel karena tidak nyaman, atau diikuti dengan gejala yang lainnya, sebaiknya segera bawa bayi anda ke dokter. Semoga bermanfaat.