7 Cemilan Sehat Untuk Bayi

Posted on

Cemilan diberikan di antara selang waktu pemberian makanan utama. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, anda bisa memberikan cemilan sehat untuk bayi yang memiliki banyak manfaat.

Melihat pertumbuhan dan perkembangan bayi merupakan momen yang begitu membahagiakan untuk setiap orang tua. Pertumbuhan anak yang didukung dengan keadaan yang sehat menjadi harapan setiap orang tua. Semakin usia anak bertambah, maka pertumbuhan dan perkembangan yang diperlihatkan semakin menakjubkan dan membuat bangga. Oleh karena itu, guna menunjang tumbuh kembangnya harus didukung oleh makanan yang tepat. Makanan yang sehat, bergizi dan kaya akan nutrisi sangat direkomendasikan diberikan pada anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Dalam masa pertumbuhan, makanan menjadi salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh anak. Guna mengoptimalkan pertumbuhannya pakar kesehatan dan gizi menyarankan untk memberikan asupan makanan yang bergizi pada anak. Pemberian makanan bergizi juga dapat menghindari resiko si kecil gagal tumbuh.

Cemilan sehat untuk bayi

Bayi sudah bisa mendapatkan makanan ketika usianya menginjak 6 bulan. Makanan yang diberikan merupakan makanan pendamping ASI. Pemberian makanan pada si kecil dilakukan secara bertahap sesuai dengan usianya. Dimana setelah ia terbiasa dan mampu beradaptasi dengan makanan yang diberikan oleh orang tuanya, maka pemberian makanan pun bisa dilakukan lebih bervariasi lagi. Namun, tetap harus memperhatikan usia, kemampuan si kecil dan makanan yang diberikan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, pemberian makanan di antara waktu makan besar bisa dilakukan. Dimana makanan ini berupa cemilan sehat. Pemberian cemilan sehat untuk si kecil harus diperhatikan, baik dari jenis maupun kandungan nutrisi dari makanan yang diberikan.
Pemberian makanan bergizi memiliki dampak yang luar biasa untuk kesehatan anak. Bahkan makanan bergizi bisa dikatakan sebagai penunjang dalam tumbuh kembangnya. Apabila si kecil kekurangan asupan nutrisi dalam masa tumbuh kembangnya, kemungkinan besar ia dapat mengalami resiko dalam jangka waktu panjang.

Karena seperti itu, pemberian makanan sehat menjadi salah sau faktor penting yang harus diperhatikan untuk mendukung dalam masa pertumbuhan si kecil. Beberapa cemilan sehat bisa anda berikan untuk si kecil di selang waktu pemberian makanan utama. Berikut ini beberapa jenis cemilan sehat yang bisa anda berikan untuk si kecil.

Cemilan Sehat Untuk Bayi

Buah Alpukat

Seperti yang kita ketahui, buah-buahan merupakan makanan sehat. Hampir semua buah-buahan bisa diberikan pada bayi, meskipun begitu ada beberapa jenis buah yang harus dihindari. Salah satu buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai cemilan sehat untuk bayi yaitu buah alpukat. Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi seperti misalkan, vitamin, omega-3 dan mineral. Dimana kandungan yang terdapat pada buah alpukat tersebut dapat bermanfaat dalam mendukung kecerdasan anak, serta untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Selain itu, buah alpukat mengandung serat. Dimana serat yang terdapat pada buah alpukat tersebut dapat membantu dalam memperlancar proses pencernaan. Serta kandungan vitamin E yang ada di dalamnya dapat menjaga kesehatan kulit anak.

Oat

Oat merupakan makanan yang kaya akan serat. Dimana oat bisa dijadikan sebagai cemilan sehat untuk si kecil. Oat kaya akan nutrisi yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan nutrisi di dalam oat mampu mencegah si kecil dari penyakit berbahaya sejak usia dini. Tidak hanya itu, manfaat oat untuk tumbuh kembang si kecil sungguh luar biasa.

Buah Berry

Buah-buahan yang masuk ke dalam kelompok buah berry seperti halnya blueberi, stroberi,raspberi, cranberi dan lain sebagainya mengandung antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel. Konsumsi buah-buahan ini akan membuat si kecil terhindar dari penyakit yang membahayakan dalam masa tumbuh kembangnya.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Dimana manfaat dari asam lemak omega 3 ini yaitu untuk menunjang kecerdasan anak, mempertajam konsentrasi dan mengoptimalkan perkembangan otak.

Wortel

Wortel merupakan sayuran yang kaya akan beta-karoten. Kandungan beta-karoten berubah menjadi vitamin A ketika dalam tubuh, dimana kandungan ini memiliki peran dalam pertumbuhan bayi, serta mampu menjaga kesehatan mata si kecil. Anda bisa memberikan wortel sebagai cemilan sehat dengan memasaknya. Memasak wortel akan mengeluarkan rasa manis alami. Selain itu, sayuran ini menarik karena memiliki warna yang cerah.

Bayam

Bayam mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam fenolik dan zat besi. Dimana kandungan yang terdapat pada bayam memiliki manfaat dalam mendukung tumbuh kembang si kecil serta menghindarkannya dari infeksi penyakit.

Olahan Susu

Keju dan yoghurt merupakan produk olahan susu yang bisa dijadikan cemilan sehat untuk anak anda dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Yoghurt kaya akan kandungan nutrisi seperti kalsium, vitamin dan beberapa nutrisi penting lainnya. Selain itu, konsumsi yoghurt dapat membantu dalam memperlancar dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Demikian beberapa cemilan sehat untuk bayi yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Mengolah cemilan sehat sendiri di rumah menjadi pilihan terbaik dibandingkan dengan membeli cemilan dari luar yang belum tentu baik kandungannya. Dengan membuat cemilan sehat sendiri di rumah, anda bisa mengontrol komposisi bahan dan kehigenisan dari makanan tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *