Home » Bayi Baru Lahir » 5 hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir

5 hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir

5 hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir – Seringkali bunda melakukan beberapa hal pada bayi baru lahir. Padahal tanpa disadari hal-hal tersebut berbahaya dilakukan.

Bayi adalah karunia terbesar dalam hidup kedua orangtuanya. Sehingga demikian, mereka pantas untuk mendapatkan perlakuan istimewa. Menjaga dan merawat bayi dengan baik adalah bentuk rasa syukur yang utuh terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa. Hadirnya buah hati ditengah-tengah keluarga kecil anda tentu memberikan kebahagiaan yang tak terkira. Apalagi untuk mereka pasangan yang memang sudah lama menantikan momen yang satu ini. Kehadiran si malaikat kecil akan tentu saja membawa kegembiraan yang sulit tergambar oleh kata-kata.

Keberhasilan melalui proses persalinan tentu menjadi hal yang melegakkan. Akhirnya proses menegangkan yang penuh dengan perjuangan ini dapat diraih dengan baik. Dan kini si buah hati dapat hadir dalam pelukan anda. Hangat dan wanginya aroma tubuh si buah hati kini menjadi hal yang begitu anda senangi.

Hanya saja, pada saat menghadapi kegiatan mengurus dan merawat bayi seringkali kita menjadi bingung. Ya, kegiatan mengurus dan merawat bayi memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama untuk anda yang merupakan ibu baru. Kurangnya pengalaman dan ketidakpahaman dalam mengurus si kecil akan mungkin membuat anda sering bingung.

Tak jarang, saat anda belum terlalu paham mengenai suatu hal dan si kecil menangis tak henti-henti. Hal ini akan membuat anda semakin panik dan bingung.

5 hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir

Ya, menjadi orangtua memang menyenangkan. Sayangnya, untuk anda ibu baru yang belum memiliki pengalaman. Kegiatan mengurus anak akan sangat merepotkan dan membuat anda panik. Hanya saja, sebagai orangtua yang memiliki bayi baru lahir anda dituntut untuk tidak melakukan kesalahan sedikit saja. Tubuh bayi baru lahir masih begitu sensitif dan rapuh sehingga ketika terjadi kesalahan sedikit saja maka hal ini akan fatal dampaknya.

Nah, untuk anda yang merasa masih belum percaya diri untuk melakukan kegiatan mengurus anak. Maka mungkin anda akan meminta bantuan orang lain untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Tidak ada salahnya memang, selama hal ini dilakukan dengan baik dan tidak menyakiti si buah hati. Maka kegiatan yang satu ini sah-sah saja.
Hanya saja, tentunya tidak akan selamanya anda terus-terusan meminta bantuan orang lain tatkala bayi anda butuh untuk mandi dan lain sebagainya. Ada kalanya, anda perlu melakukan kegiatan yang satu ini seorang diri agar bisa mandiri.

Nah, selama melakukan kegiatan mengurus bayi baru lahir. Mungkin ada beberapa hal yang sering anda lakukan. Baik disengaja atau tidak, ternyata kegiatan yang satu ini akan berdampak bahaya untuk si kecil.
Nah, agar anda tidak terus-terusan melakukan kesalahan sewaktu mengurus bayi baru lahir anda. Maka beberapa hal dibawah ini sebaiknya tidak lagi dilakukan saat mengurus si kecil.

5 hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir

Ada cukup banyak hal yang mungkin dianggap sepele namun memiliki dampak yang besar untuk si kecil. Beberapa hal ini sebaiknya tidak anda lakukan pada bayi baru lahir. Seperti apa saja 5 hal yang tidak boleh dilakukan pada bayi baru lahir? Simak dibawah ini.

Menghilangkan Kotoran Mata dengan Ludah

Terkadang mungkin pada waktu tertentu anda akan dibuat gemas melihat kotoran paa bagian mata si kecil. Sehingga demikian, saat anda lupa tidak membawa tissu atau kain maka mungkin dengan mudah anda akan menghilangkan kotoran ini dengan ludah anda. Akan tetapi, disadari atau tidak kegiatan yang satu ini akan berbahaya untuk si kecil.

Meskipun sumbernya dari air liur yang tertutupi dengan mulut. Akan tetapi tetap saja, kotoran dan kuman akan mungkin bersarang didalamnya. Terlebih lagi pada saat anda kurang mahir dalam menjaga kebersihan mulut anda.
Kadungan kuman dan bakteri inilah yang akan menjadi ancaman besar untuk si kecil. Ketika anda mengoleskan ludah pada mata bayi maka hal ini akan membuat matanya rentan terkena bahaya. Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan yang satu ini. Sebaiknya tunda keinginan anda membersihkan mata bayi sampai anda menemukan tissue atau kain yang bersih.

Tidak Memandikan Bayi yang Sedang Sakit

Seringkali orangtua salah menerapkan hal yang baik pada bayinya. Terutama saat bayi mereka tengah sakit. Seperti misalkan demam, kondisi tubuh yang panas pada bayi membuat orangtua akan merasa khawatir bila memandikan buah hatinya. Hal ini membuat mereka takut bahwa kondisi demam malah akan semakin buruk.

Padahal persepsi tersebut agaknya keliru. Bayi yang tidak dimandikan apalagi selama beberapa hari akan malah membuat kuman semakin berkembang pada tubuhnya. Bisa dibayangkan ketika hal ini terjadi pada buah hati anda.
Untuk itu, maka sebaiknya upayakan untuk tetap membersihkan tubuhnya meski ia sedang demam. Gunakan air hangat ketika memandikan si kecil dan segeralah balut tubuhnya dengan handuk. Selepas itu cepat pakaian baju hangat agar si kecil tidak kedinginan.

Sebaliknya, jangan sesekali memandikan bayi baru lahir yang sedang demam dengan menggunakan air dingin. Cukup usapkan saja lap dengan air hangat pada tubuhnya. Agar kuman dan bakteri bisa dibersihkan dan tubuhnya tetap terhindar dari kotoran.

Membuang ASI Pertama

Kebanyakan orangtua zaman dulu banyak melakukan hal ini. Mereka mempercayai bahwa ASI pertama sudah basi dan tidak memiliki nutirisi. Sehingga demikian, jenis ASI yang seperti ini sebaiknya dibuang saja. Akan tetapi, hal ini jelas keliru dan anda tidak sebaiknya melakukan hal ini.
Justru ASI pertama pada ibu hamil mengandung banyak protein dan kandungan lainnya yang baik untuk si bayi. Kandungan protein, vitamin, mineral dan air adalah sebagian besar nutrisi yang amat dibutuhkan oleh si kecil. Untuk itulah, tidak sebaiknya anda membuang ASI yang pertama. Sebaliknya segera berikan pada si kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Jangan Biarkan Bayi Menangis Terlalu Lama

Banyak orang memiliki persepsi bahwa bayi yang menangis akan baik untuk dirinya. Hal inipun digadang-gadang akan melatih kemampuan mengeluarkan suara untuk mempersiapkan kemampuan berbicaranya.
Akan tetapi hal ini tidaklah boleh dilakukan. Membiarkan bayi menangis terlalu lama akan berpengaruh buruk untuk kesehatannya. Tangisan bayi yang terlalu berlebihan dan lama akan membahayakan paru-parunya. Untuk itu, ketika anda mendengar bayi menangis sebaiknya segera lakukan sesuatu untuk membuat tangisannya mereda.

5. Jangan Biarkan Bayi Anda Lapar

Seringkali ibu yang baru saja memiliki anak akan sedikit kebingungan menghadapi si kecil. Sehingga demikian, mereka akan cenderung menurut saja pada saat ada oranglain memberitahu suatu hal. Termasuk saat dokter menyarankan agar si buah hati diberikan ASI setiap 4 jam sekali.

Akan tetapi, tentunya tidak semua anak memiliki kebutuhan ASI yang sama. Anak anda mungkin membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit ASI dari jumlah tersebut. Untuk itu, jangan pernah biarkan si kecil merasa kelaparan. Berikan ASI saat mereka menginginkannya.

Demikianlah hal yang dapat disampaikan dari 5 hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir. Semoga bermanfaat!